Tiga Belas Tahun Kerjasama PNP-PT Trakindo: “Pernikahan” yang Langgeng!

Tiga Belas Tahun Kerjasama PNP-PT Trakindo: “Pernikahan” yang Langgeng!

 

PNP News. Tiga belas tahun kerjasama Politeknik Negeri Padang dengan PT Trakindo berhasil mencatatkan kelanggengan link and match atau plug and play perguruan tinggi vokasi dengan dunia industri, jauh sebelum dicanangkannya “pernikahan” perguruan tinggi vokasi dengan dunia industri oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Hal itu diungkapkan Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama PNP dengan PT. Trakindo Utama, disaksikan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, di Rumah Dinas Walikota Padang, Jln. A. Yani nomor 11 Padang, Selasa, 18 Agustus 2020.

Di samping telah banyak menghasilkan lulusan dan sebagian diserap langsung oleh dealer resmi Indonesia untuk alat berat, mesin, genset, fork lift dan suku cadang Cat dari Caterpillar ini juga menorehkan sejarah di bidang akademik yang meliputi perancangan program desain kurikulum, pelaksanaan proses belajar mengajar ( sharing), dan pemagangan ( on the job training). Dalam pemagangan, mahasiswa PNP dibantu oleh PT Trakindo untuk memilih objek magang di seluruh cabang Trakindo di Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam pembelajaran, dosen-dosen PNP di-training di PT Trakindo, begitu juga dalam uji kompetensi yang dilaksanakan bersama PT Trakindo. Kerjasama ini semakin lama semakin berkembang sampai Politeknik memiliki alat berat sendiri yang dibeli dengan menggunakan APBN, di samping bantuan dari PT Trakindo.

Meskipun standar kompetensi yang diterapkan Politeknik Negeri Padang adalah standar alat berat dengan spesifikasi yang dikeluarkan oleh PT Trakindo, namun cepatnya laju pembangunan lanjutan infrastruktur di Indonesia menuntut PNP mengembangkan program studi ini dari 1 kelas (24 orang mahasiswa) menjadi 2 kelas. Tambahan 1 kelas reguler pada 2018 itu sampai 2020 masih bertahan karena memang diminati dan dibutuhkan.

 

 

 

 

 

Penandatanganan kontrak kerjasama perpanjangan PNP-PT Trakindo oleh Direktur PNP Surfa Yondri dan Branch Manager PT Trakindo, Mardianto, disaksikan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah

 

 

Beasiswa Trakindo Untuk 12 Orang Mahasiswa Terpilih

Dalam sambutannya, Branch Manager PT Trakindo Utama, Mardianto menyatakan pada 2020 ini PT Trakindo menyerahkan beasiswa untuk 12 orang mahasiswa pilihan. Diharapkan beasiswa tersebut bisa mereka terima berkelanjutan sesuai dengan bertahan dan meningkatnya prestasi akademik mereka, sehingga memantapkan PT Trakindo menanggung biaya kuliah sedari awal masuk sampai lulus, bahkan hingga penempatan kerja nantinya di cabang PT Trakindo yang ada di Indonesia.

 

Branch Manager PT Trakindo, Mardianto

 

Perpanjangan kerjasama PNP-PT Trakindo yang juga ditandai dengan selesainya seleksi mahasiswa baru Program Studi Teknik Alat Berat, Tahun Akademik 2020/2021, dimaksudkan agar ke depan ada pemikiran untuk melanjutkan pengembangan kompetensi dan peningkatan sumberdaya manusia selanjutnya.

 

Walikota Padang Apresiasi Hubungan PNP-PT Trakindo

Dalam sambutannya, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyatakan apresiasinya terhadap sinergisnya hubungan PNP-PT Trakindo dan relatif baiknya akreditasi setiap program studi yang dimiliki Politeknik Negeri Padang.

 

 

Menurut Walikota yang mengklaim wilayahnya cukup terkendali dan cukup steril dari Covid-19 ini, langkah yang diambil kedua belah pihak sudah benar dan ideal. Sambil mengilas balik kunjungan kerjanya ke salah satu Lembaga Pelatihan di Australia, Mahyeldi menyatakan, pertanyaan yang sering diajukan oleh lembaga pelatihan kepada user di sana adalah: kompetensi apa yang diharapkan user? Berdasarkan kompetensi tersebutlah mereka menyiapkan kurikulumnya.

Bagi warga kota, dalam situasi pandemik yang berdampak pada banyaknya pengangguran terdidik, melirik perguruan tinggi vokasi yang lulusannya terjamin bisa langsung kerja dan menciptakan lapangan kerja adalah salah satu solusi. Di sisi lain, kuatnya kerjasama perguruan tinggi vokasi dengan industri menjadi bukti, daya tarik, dan menguntungkan bagi putra putri Sumatera Barat, khususnya Kota Padang yang akan memanfaatkannya dan bagi pengembangan lembaga perguruan tinggi vokasi itu sendiri, jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Seleksi Mandiri PNP-LL-Dikti Wilayah X di PNP dan Politeknik Caltex

Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan rencana penyeleksian mahasiswa baru seleksi mandiri kelas kerjasama Politeknik Negeri Padang dengan LL-Dikti Wilayah X yang mengikutsertakan 15 perguruan tinggi swasta.

Pendaftarannya online pada laman https://pmb.pnp.ac.id yang sebelumnya tanggal 20 Juli-19 Agustus 2020 diperpanjang sampai dengan 3 September 2020. Ujian dilaksanakan pada 5-8 September 2020 yang lokasinya di Politeknik Negeri Padang dan Politeknik Caltex, Riau, dengan sistem ujian berbasis komputer.

Hadir juga dalam penandatanganan perpanjangan kerjasama PNP-PT Trakindo itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Bapenda, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Bagian Kerjasama Pemko Padang, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Sekretaris Senat, Wakil Direktur, Komisi Senat, Ketua Jurusan Teknik Mesin PNP dan perangkatnya, Kepala UPT Kerjasama PNP, Kepala UPT Humas, dan lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan Tim Prodi Teknik Berat di Pekanbaru semalam (Rabu, 19 Agustus 2020). Dalam gambar, staf pengajar Program Studi  Teknik Alat Berat, Jurusan Mesin PNP yang menjalani  magang untuk mendapatkan kompetensi keahlian di bidang masing-masing di PT. Trakindo Utama, Cabang Pekanbaru, selama 1 bulan (sudah 3 minggu berjalan), Rino Sukma, Dian Wahyu, dan Darman Dapersal Dinar. Esok menyusul Hanif dan Adrianto.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

d®amlis

Fotografer: Naswiradianto