Tingkatkan Motivasi Produksi Tugas Akhir Kolaborasi PNP Gelar Diskusi Lintas Prodi

Tingkatkan Motivasi Produksi Tugas Akhir Kolaborasi PNP Gelar Diskusi Lintas Prodi

 

PNP News. Untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM,) Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar diskusi ilmiah “Automasi Dunia Industri dan Cara Menyikapinya”.

 

Sekretaris Unit Pelaksana Teknis Kerjasama, PNP, Daddy Budiman, S.T., M.Eng., melaporkan, acara diskusi lintas jurusan yang berlangsung Senin, 21 Oktober 2019 tersebut menghadirkan 5 orang narasumber, masing-masing: Ervan Asri, S.Kom., M.Kom., dari Jurusan Teknologi Informasi, Hanif, S.T., M.T. dari Jurusan Teknik Mesin, Firdaus, S.T., M.T. dari Jurusan Teknik Elektro, Menhendry, Dipl. Ing. HTL, M.Eng. dari Jurusan Teknik Mesin, dan Roni Kurniawan Putra, S.ST, dari UPT Perawatan dan Perbaikan.

 

 

“Wacana awal adalah kolaborasi antarprodi untuk menunjang keikutsertaan mahasiswa dalam program PKM Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti). Untuk itu, mesin dan mekanisme yang dibuat mahasiswa Teknik Mesin akan dikontrol oleh mahasiswa Teknik Elektro dan dibuatkan menu IOT-nya oleh mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi, dibimbing oleh dosen sesuai bidang”, terang Daddy. IOT adalah singkatan dari Internet of Things, sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

“Kita berharap dalam PKM Dikti tahun depan mahasiswa PNP bisa lulus lebih banyak. Minat mahasiswa terpancing, dan berniat memikirkan bersama ide ide yang akan dicoba direalisasikan”, demikian Menhendry. Hal itu diapresiasi oleh Tri Artono, S.T., M.Kom., Sekretaris Senat dan Rivanol Chadry, S.T., M.T., Kepala UPT Perawatan Perbaikan dan didukung oleh Kepala UPT Kerjasama, Alhapen R. Chandra, S.E., M.T., M.Com dari UPT Kerjasama.

 

 

Selanjutnya hal itu berkembang dengan direalisasikannya wacana Tugas Akhir Kolaborasi antarprodi. “Semoga dengan semangat kolaborasi ini semakin mempererat silaturahim, dan memajukan keilmuan di PNP yang punya motto “Your Bridge to The Future, Aamiin”, demikian diungkap Daddy optimis.

 

 

Tahun 2019 Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah melaksanakan evaluasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan Skema Penulisan Artikel Ilmiah (AI), Gagasan Tertulis (GT) dan Gagasan Futurustik Konstruktif (GFK).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

 

 

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa pada 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki 5 sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

Penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa di awal tahun ajaran karena tenggat waktu pengumpulan proposal ke Dikti biasanya ditetapkan pada semester ganjil, demikian Daddy.

 

d®amlis