Sebagian Wisudawan PNP ke-56 Serahkan Karya Inovatif Tugas Akhir kepada Masyarakat

Sebagian Wisudawan PNP ke-56 Serahkan Karya Inovatif Tugas Akhir kepada Masyarakat


Alumni Sediakan Rumah Singgah di Jabodetabek

Bupati Padang Pariaman Sediakan Lahan Kampus Dua Tarok City

 

PNP News. Sebelum menjalani wisuda, sebagian wisudawan Politeknik Negeri Padang (PNP) menyumbangkan produk tugas akhir mereka yang aplikatif dan solutif untuk mengatasi masalah perekonomian masyarakat. Karya tersebut mendapat apresiasi tinggi dari berbagai pihak, bahkan sedikt polesan lagi, karya tersebut menuju tahapan komersialisasi.

 

 

Hal itu diungkapkan Direktur PNP, Surfa Yondri, S.T., S.S.T., M.Kom., dalam Wisuda ke-56 yang beriringan dengan pelaksanaan Dies Natalis ke-32 di Aula Pekan Kreatifitas Mahasiswa PNP, Sabtu, 19 Oktober 2019.

Beberapa hari yang lalu karya tugas akhir atau produk mahasiswa itu sudah diserahkan kepada perwakilan masyarakat Sumatera Barat oleh Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Bahasa Inggris. “Kami berharap Program Studi lainnya termotivasi pula untuk menciptakan karya inovatif yang dibutuhkan masyarakat”, demikian Surfa Yondri.

 

Wisudawan Hari Ini 1.281 Orang, Total Lulusan 19.019 Orang

Wisuda ke-56 Politeknik Negeri Padang yang diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (19-20 Oktober 2019) diikuti oleh 1.281 orang wisudawan yang terdiri 190 orang lulusan Program Sarjana Terapan (Diploma 4), 845 orang lulusan Diploma 3, dan 246 orang lulusan Diploma 2. Dengan demikian jumlah lulusan Politeknik Negeri Padang saat ini mencapai 19.019 orang. Berdasarkan tracer study PNP, alumni tersebut tersebar di berbagai instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta nasional dan internasional.

 

Peserta Wisuda PNP yang ke-56

 

Politeknik Negeri Padang Siap Go Internasional

Pada tahun 2019 ini, Politeknik Negeri Padang telah mendapatkan apresiasi yang sangat banyak dari stakeholder, di antaranya, peringkat 8 Besar Perguruan Tinggi Vokasi terbaik di Indonesia, Peringkat 6 Besar Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik di Bidang Kemahasiswaan, Pengelola Keuangan Terbaik, Pengelolan Informasi Publik yang Baik, rinci Direktur Surfa Yondri.

 

 

 

 

Namun tantangan ke depan yang sangat besar mengharuskan Politeknik Negeri Padang terus berbenah diri. Pengembangan tata kelola yang memenuhi standar, peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga pendidik, peningkatan infrastruktur pendidikan dan layanan pendidikan yang berbasis sistem informasi, peningkatan kerjasama dengan dunia industri menjadi prioritas pengembangan yang sedang dan akan terus kita laksanakan, imbuhnya.

“Kita juga mendorong dosen Politeknik Negeri Padang untuk memiliki sertifikat keahlian yang dihasilkan oleh asosiasi profesi, agar mendapat pengakuan dari dunia industri, terangnya.

 

 

 

Untuk mencapai visi misi Politeknik Negeri Padang yang berwawasan internasional, Politeknik Negeri Padang telah menjalin berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Pada tahun 2019, 5 orang mahasiswa mengikuti Summer Camp Yuntech University Taiwan, dan 12 orang mahasiswa Politeknik Negeri Padang saat ini sedang mengikuti kegiatan Industry Academia Collaboration Indonesia – Taiwan Batch 2, di Taiwan.

“Pada hari ini juga bersama kita hadir 2 orang Mahasiswa Politeknik Balik Pulau Malaysia dalam Program Students Internship Exchange SEAMEO SEATVET Batch 4 Tahun 2019, yang akan mengikuti pendidikan selama 1 bulan di kampus yang kita cintai ini. SEAMEO adalah organisasi yang anggotanya 11 Kementrian Pendidikan di Asia Tenggara.

“Data yang kami peroleh menunjukkan hampir semua jurusan telah mengirim mahasiswa ke berbagai Program Luar Negeri, ini berarti Mahasiswa Politeknik Negeri Padang telah siap Go Internasional!” tutup Direktur Surfa Yondri.

 

Alumni Sediakan Rumah Singgah di Jabodetabek

Informasi yang didapatkan Direktur, alumni telah menyiapkan rumah singgah di Jabodetabek bagi para lulusan yang belum mendapatkan pekerjaan. Rumah itu sebagai tempat singgah awal jika mereka tidak memiliki keluarga ataupun sanak famili di kawasan rantau tersebut. Direktur berharap program alumni ini terus berlanjut dalam rangka memberikan dukungan kepada yunior, terutama alumni yang baru diwisuda. Jika yunior ini nanti sukses, mereka juga diharapkan sudi melanjutkan program serupa.

 

Direktur PNP Surfa Yondri menyerahkan secara simbolis 1281 orang wisudawan kepada Ketua Alumni PNP, Irzawadi, S.T., M.M., dan Alumni PNP sudah siap menampung mereka yang berniat merantau ke Jawa dengan menyediakan rumah singgah di Jabodetabek jelang mereka mendapat kerja.

 

Kampus Dua Tarok City

Secara khusus, Direktur PNP juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, M.M. beserta Muspida Kabupaten Padang Pariaman atas kesediaan mereka memberikan hibah tanah seluas 43 Ha di kawasan Tarok City, Kabupaten Padang Pariaman.

Tanah tersebut rencananya akan dijadikan Kampus Dua setelah Kampus Limau Manis. Diharapkan proses pembangunannya segera dimulai.

 

Disaksikan Pimpinan Rapat Sidang Terbuka, yang diwakili Sekretaris Senat, Tri Artono, dan didampingi Direktur PNP, Surfa Yondri dan Ketua Jurusan Bahasa Inggris, Martini, wisudawan Ainul Asri, A.Md. menyerahkan produk tugas akhirnya berupa buklet Kabupaten Pariaman kepada Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni.

 

Sebagai penutup Direktur yang juga alumnus PNP itu menyampaikan pesan moral agar wisudawan selalu menjaga kehormatan diri, keluarga, kehormatan bangsa, agama, dan kehormatan almamater. Mereka juga diamanatkan untuk selalu hornat kepada guru dan dosen, serta orangtua. “Kesuksesan ada pada ridho orangtua”, demikian Surfa Yondri mengakhiri.

 

Daftar Lulusan Terbaik Wisudawan PNP ke-56 Hari Pertama.

 

Lulusan Terbaik Wisuda PNP ke-56 Hari Kedua

 

Wisuda ke-56 itu dihadiri oleh Senat PNP, Wakil Direktur I, II, III, Walikota Pariaman, H. Genius Umar, S.Sos., M.Si., (pada wisuda hari pertama) dan Bupati Padang Pariaman, Drs Ali Mukhni pada wisuda hari kedua), Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kota & Kabupaten Se-Sumatera Barat atau yang mewakili, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Anggota Dewan Penyantun, Pengelola Rintisan Akademi Komunitas Negeri Binaan, Kepala Bagian dan Subbagian di lingkungan, Kepala UPT, Koordinator Program Studi, tenaga pendidik dan yenaga kependidikan, Ketua Dharma Wanita, mitra kerja, Ketua Umum DPP Ikatan Alumni, media massa, dan orangtua wisudawan, serta alumnus PNP, Direktur PT Mitra Beton Mandiri, dan PT. Tiga Laskar Beton.

 

d®amlis

 

 

Pedagang dari kanpung ikut memeriahkan Wisuda ke-56 PNP.

 

 

 

Tembang “Ayah” oleh Noval Gian diikuti oleh semua wisudawan

 

 

Miftah Aulianti yang sering mengikuti lomba nyanyi tingkat Sumbar menghibur hadirin dengan tembang “Kasiah Mande.

 

 

 

 

Tim operator Wisuda PNP ke-56

 

Surya Vera Diana, S.H., dkk. Tim Penyerahan Buku Kenangan Wisuda