Great Leader, Great Employer

Jerit tangis memecah kesenyapan  malam di kedinginan Lawang Adveture Park, sebuah destinasi wisata pegunungan berketinggian 1280 mdpl dengan suhu 25 derajat celsius, kemaren malam (11/11/18).

Tangisan yang terdengar malam itu, hanyalah satu dari sekian tangis dan isakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berusaha untuk jujur pada diri sendiri,  pada sesi pelatihan motivasi bersama Motivator  Muhammad Zuhrizul, SE.

 

Sebelumnya, menurut pengusaha yang mengawali usaha dengan modal Rp. 500 Ribu, hasil beasiswa Dikti ini, salah satu tujuan karyawan yang baik dalam bekerja adalah untuk mendapat dan menjadi yang terbaik. Mereka mengerahkan seluruh tenaga, waktu, dan pikiran supaya bisa fokus pada tugas-tugas kantor. Hingga akhirnya mereka menuai kesuksesan dari kerja keras yang dilakukan. Namun begitu, sukses dalam bekerja tidak hanya diukur dari materi, tapi juga dari penghargaan, jelas pengusaha muda pemilik Biro Perjalanan Wisata PT Ikarsa Pesona  Nusantara ini yang sekarang beromset milyaran rupiah per tahun.

 

Motivator yang juga pengelola Lawang Park Adventure ini menekankan, bahwa untuk menjadi  tim kerja yang baik, pribadi dalam tim kerja harus melengkapi diri dengan kebiasaan enjoy with job, menjadi personal master, mampu menjadi emotional master, dan great leader atau great employer.

Untuk menjadi karyawan terbaik, seseorang dituntut untuk memiliki sifat pantang menyerah, termasuk untuk tugas terberat sekalipun; terbuka pada hal-hal tang baru yang membuat dirinya disenangi banyak orang dan atasan; mau menerima masukan yang sifatnya membangun, terutama dari atasan; bekerja sesuai target kerja, tidak semata-mata untuk kesuksesan diri sendiri; memandang pekerjaan sebagai aspek positif karena dengan bekerja seseorang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengembangkan diri ke arah yang lebih baik; dan teliti dan cermat saat bekerja karena harus dipastikan tugas tersebut terhindar dari kesalahan-kesalahan kecil yang berakibat fatal agar instansi tempat mereka bekerja tidak dinilai kurang kredibel.

 

 

Great Leader Pencetak Banyak Calon Pemimpin

Di sisi lain, pemimpin terbaik adalah pemimpin yang bisa mengayomi anggotanya, bisa ditiru jalan pikirannya, bisa diikuti nilai-nilai spiritualnya. Karena itu, seorang pemimpin harus menjadi Great Leader, bukan sekedar Good Leader, papar Zul.

Syarat-syaratnya antara lain mereka bisa menjadi pioner, inovator, dan berpikiran kuat, memiliki kualitas yang sangat brilian,  selalu membangun team work yang kuat, suka memotivasi tim, dihormati oleh bawahan, dan selalu menunjukkan keteladanan bagi siapapun, bahkan salah satu karakteristik lainnya adalah keras hati, die hard, dan persistensi serta mampu menyebarkan kedamaian di kalangan karyawan dan bawahan.

Selain itu, pemimpin masa kini adalah pemimpin yang sudah mempersiapkan pemimpin masa depan, terang Zul. Jangan pernah berpikir Anda adalah sosok pemimpin yang tak tergantikan. Jabatan itu sifatnya sementara saja. Tugas Anda sebagai pemimpin adalah mengidentifikasi calon pemimpin potensial, memberi pemahaman lebih terhadap tim, membangun koneksi penting agar bermunculan banyak kandidat pemimpin, tidak membunuh kesempatan mereka untuk berkembang, pungkas Zul.

d®amlis

Photo : Teddy W