SAMBUTAN DIREKTUR POLITEKNIK NEGERI PADANG PADA WISUDA ke 53 POLITEKNIK NEGERI PADANG 7 April 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

– Yang Terhormat, Ketua dan Anggota Senat Politeknik Negeri Padang
– Yang Kami hormati, Wakil Direktur I, II, III dan seluruh unsur pimpinan
– Yang Kami Hormati, Direktur Politeknik Negeri Padang Periode Sebelumnya beserta istri
– Yang Kami Hormati, Ketua Senat Politeknik Negeri Padang Periode Sebelumnya
– Yang Kami hormati, Ketua dan Sekretaris Jurusan di lingkungan Politeknik Negeri Padang
– Yang Kami hormati, Kepala Bagian dan Subbagian di lingkungan Politeknik Negeri Padang
– Yang Kami hormati, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Politeknik Negeri Padang
– Yang Kami Hormati, Mitra Kerja Politeknik Negeri Padang,
– Yang Kami hormati, Ketua Ikatan Alumni Politeknik Negeri Padang
– Yang Kami hormati, Rekan – rekan Media Massa
– Teristimewa Yang Kami banggakan, Wisudawan/ti beserta Keluarga

Hadirin yang berbahagia,
Pertama dan terutama sekali marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas berkah rahmad dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam ruangan yang berbahagia ini dalam rangka wisuda 53 Politeknik Negeri Padang.

Selanjutnya salawat beriring salam kita kirimkan buat arwah junjungan alam Nabi Muhammad SAW, panutan kita sepanjang zaman, yang telah membawa dunia dari zaman jahiliyah menuju zaman yang berilmu pengetahuan seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia,
Alhamdulillah, pada hari ini kita baru saja mewisuda sebanyak 193 orang lulusan yang terdiri dari 98 orang lulusan Program Diploma III dan 95 orang lulusan Program Diloma IV. Dengan wisuda hari ini jumlah lulusan PNP sampai saat ini adalah 16 374 orang yang saat ini telah tersebar di berbagai instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta nasional dan internasional.

Kepada wisudawan/wati, atas nama Pimpinan dan civitas akademika Politeknik Negeri Padang, kami mengucapkan selamat atas kesuksesan Saudara dan berdoa semoga ilmu dan keterampilan yang telah Saudara terima dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. Kami berpesan teruslah tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Saudara untuk mengimbangi perkembangan kemajuan yang ada di dunia industri maupun persaingan global. Jagalah Selalu nama baik almamater dan bangunlah komunikasi yang baik dengan almamater.

Kepada orang tua wisudawan, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan putra putrinya dan terima kasih telah mempercayakan Politeknik Negeri Padang sebagai tempat pendidikan putra putrinya. Kami menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat hal – hal yang kurang berkenan selama proses pendidikan di Politeknik Negeri Padang dan kami juga terbuka menerima masukan masukan membangun dari orang tua mahasiswa demi perbaikan proses pendidikan yang ada di kampus yang kita cintai ini.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada unsur Pimpinan Politeknik, Pimpinan Jurusan/program studi, beserta seluruh staf pengajar, administrasi dan tekhnisi atas penyelenggaraan pendidikan sehingga para wisudawan/wati ini dapat menyelesaikan studi sesuai waktunya.

Hadirin yang berbahagia,

Prosesi wisuda yang kita laksanakan hari ini adalah salah satu kegiatan akademik yang menandai selesainya pendidikan seorang mahasiswa di suatu lembaga pendidikan dan awal untuk memasuki dunia kerja yang penuh persaingan. Ketika wisudawan berada di dunia kerja, itulah sebenarnya tantangan yang harus dihadapi. Kami menyadari bahwa perubahan lingkungan teknologi, ekonomi, politik telah merubah paradigma dalam pengelolaan organisasi dan penyelsaian pekerjaan. Kita berada dalam industri yang dsebut Revolusi Industri 4.0 dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.

Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi. Era yang diwarnai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence), era super komputer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi, dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial yang akan mengakibatkan dampak terhadap ekonomi, industri, pemerintahan dan politik.

Untuk itu kami berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan kompetensi terutama untuk memenuhi kompetensi abad 21 dan Revolusi Industri 4.0 yakni SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, innovatif, menguasai IT, menguasai Bahasa Internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, kritis dan punya kemampuan high order thinking.

Di tengah tantangan dan persaingan yang cukup ketat seiring dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kami berharap wisudawan agar terus membangun optimisme, kepercayaaan diri yang tinggi untuk membuktikan bahwa Alumni Politeknik Negeri Padang mampu berkiprah di dunia industri baik nasional maupun internasional. Kami yakin dengan proses pendidikan yang telah dilalui di Politeknik Negeri Padang telah memberikan bekal yang cukup bagi Saudara untuk memasuki dunia kerja. Teruslah kembangkan potensi yang Saudara miliki.

Hadirin yang berbahagia
Seiring dengan perkembangan lingkungan, Politeknik Negeri Padang bertekad untuk terus meningkatkan layanan akademik yang kita berikan kepada stakeholder. Kita menyadari Revolusi Industri 4.0 juga akan mempengaruhi proses pendidikan yang kita lakukan karena semuanya nanti akan tergantung kepada penggunaan internet dan teknologi.
Kami ingin menyampaikan arahan Bapak Menristekdikti pada Rakernas Kemristekdikti 2018 yang lalu, dimana Beliau mengharapkan agar setiap stakeholder Kemristekdikti terutama Perguruan Tinggi menyiapkan langkah – langkah strategis yang perlu dipersiapkan dalam mengantisipasi perubahan dunia yang kini telah dikuasai perangkat digital. Langkah – langkah stategis perlu dirumuskan dalam berbagai aspek mulai dari kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang hingga inovasi.
Untuk itu kami mengajak seluruh unsur Pimpinan Politeknik Negeri Padang untuk segera merancang kebijakan – kebijakan yang mengarah kepada peningkatan proses pendidikan yang mampu menjawab perubahan dunia.
Hadirin yang berbahagia,
Sejalan dengan komitmen yang telah kita sepakati pada tanggal 16 – 18 Februari 2018 yang lalu, Menuju Politeknik Negeri Padang Ter Akreditasi A, Politeknik Negeri Padang telah melakukan berbagai program peningkatan kualitas pendidikan,penelitian/pengabdian masyarakat dan kerjasama dengan stakeholder.
Pada bidang pendidikan PNP telah melaksanakan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang diimplimentasikan melalui Standar Mutu Pendidikan Politeknik Negeri Padang yang telah sisahkan pada Bulan Februari 2018. Standar mutu ini akan menjadi rujukan bagi civitas akademika dalam menjalankan kegiatan akademik. Termasuk dalam standar ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan kemahasiswaan. Saat ini banyak program – program yang diluncurkan oleh Kemristekdikti untuk meningkatkan sumber daya manusia baik dalam pendidikan bergelar maupun non gelar seperti Retooling Vokasi. Kami mengajak para dosen dan mahasiswa untuk mengikuti program ini. Karena output dari program ini adalah sertifkasi. Dengan dosen dan mahasiswa yang tersertifikasi maka akan terjadi peningkatan proses pendidikan yang sesuai dengan kemajuan dan diakui dunia industri.
Peningkatan kualitas dosen juga kita arahkan untuk peningkatan kualifikasi dosen melalui program pendikan di luar negeri. Untuk itu Politeknik Negeri Padang pada tanggal 12 Maret 2018 yang lalu telah mendatangani MoU dengan Ming Chi University of Technology Taiwan.
Untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan penelitia/pengabdian masyarakat, Politeknik Negeri Padang berkomitmen untuk memfasilitasi dosen guna melakukan penelitian/pengabdian masyarakat baik dan wajib melibatkan mahasiswa. Hasil penelitian/pengabdian masyarakat wajib diterbitkan dalam bentuk Publikasi dalam Jurnal Bereputasi, baik Nasional maupun Internasional. Sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada, Politeknik Negeri Padang akan memberikan insentif bagi Dosen yang mampu menulis di Jurnal Internasional Bereputasi.

Dalam hal peningkatan kurikulum dan proses pendidikan yang relevan dengan dunia industri, beberapa waktu yang lalu Pimpinan Politeknik Negeri Padang telah melakukan Silaturahmi dan Temu Alumni dengan Alumni yang ada di Pekanbaru dan Jabodetabek. Melalui pertemuan itu kita mendapat masukan yang berarti dari para alumni terutama yang mengingatkan agar Politeknik Negeri Padang tetap istiqamah dengan model pendidkan vokasi seperti yang diterapkan di awal awal Politeknik berdiri. Para Alumni juga menyepakati untuk berbagi dengan mahasiswa melalui kuliah umum alumni yang akan dilaksanakan secara rutin nantinya. Kita berharap kegiatan ini akan semakin mendekatkan pendidikan dengan dunia industri sekaligus membangun jaringan antara almamater dengan alumni.
Hadirin yang berbahagia,
Selain peningkatan pelayanan akademik, Politeknik Negeri Padang juga bertekad meningkatkan pelayanan non akademik kepada semua stakeholder. Kita telah menetapkan standar layanan untuk setiap unit/jurusan/prodi, membuat pos pengaduan serta mendirikan Unit Layanan Terpadu untuk memberikan berbagai pelayanan kepada stakeholder. Sebagai Badan Publik, sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008, Politeknik Negeri Padang sebagai badan publik wajib menyampaikan informasi secara berkala kepada masyarakat, Alhamdulillah ini telah kita lakukan dan pada tahun 2017 Kita mendapat penghargaan sebagai Peringkat III Keterbukaan Informasi Publik untuk Kategori Perguruan Tinggi dari Komisi Informasi Sumatera Barat.
Dalam rangka membangun image yang bagus di kalangan stakeholder, Humas Politeknik Negeri Padang juga aktif dalam melaksanakan penyampaian berbagai informasi Politeknik Negeri Padang sehingga Kita berhasil mendapatkan Peringkat 2 Kategori Media Sosial dala Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di Medan.
Serta dibidang keuangan, Politeknik Negeri Padang juga mendapatkan pengharaan sebagai “Satuan Kerja Berprestasi, dengan Predikat “Kooperatif”’ dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negera Kota Padang
Kita berharap prestasi ini dapat ditingkatkan di masa mendatang sehingga Politeknik Negeri Padang semakin diakui oleh masyarakat.
Hadirin yang berbahagia,
Sebagai lembaga pendidikan vokasional, keberadaan Politeknik Negeri Padang tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu kami mengajak kita semua untuk terus meningkatkan kerjasama dengan dunia industri baik dalam hal kurikulum, sarana prasarana maupun penyaluran alumni. Pada tanggal 31 Maret 2018, Kita telah menandatangani MoU dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat dalam rangka pengembangan dan penyiapan calon calon wirausahawan muda di Politeknik Negeri Padang. Suatu kebanggaan bagi kita bahwa Ketua DPD HIPMI Sumbar adalah Alumni Politeknik Negeri Padang. Dengan kerjasama yang kita lakukan kita berharap keberadaan Politeknik Negeri Padang akan semakin dikenal dan dirasakan oleh masyarakat melalui karya nyata, aplikasi teknologi terapan dalam memberikan solusi kepada masyarakat.
Kepada semua Mitra Politeknik Negeri baik baik Instansi Pemerintah, BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta, Asosiasi Profesi dan Media Massa kami ucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerjasamanya dalam pelaksanaan pendidikan di Politeknik Negeri Padang, kami berharap kemitraan ini dapat terus dilanjutkan.
Marilah Kita meningkatkan kontribusi dan kerja cerdas demi memajukan Politeknik Negeri yang kita cintai ini……
Kepada panitia dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan acara wisuda ini kami ucapkan terima kasih dan kepada para hadirin kami mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan acara ini terdapat sesuatu yang kurang pada tempatnya.

Sekali lagi kami ucapkan Selamat kepada wisudawan/wati dan keluarga.
Wabillahi taufiq walhidayah,

Assalamualikum warahmatullahi Wabarakatu
Direktur,

SURFA YONDRI

 

 

 

 

 

Foto bersama lulusan terbaik dengan Direktur, Wakil Direktur, Ketua dan Sekretaris Senat