Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kembali Digelar Politeknik Negeri Padang untuk Semester Genap 2023/2024

Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kembali Digelar Politeknik Negeri Padang untuk Semester Genap 2023/2024

 

Di pertengahan semester genap 2023-2024 ini, Politeknik Negeri Padang kembali menggelar Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan yang merupakan ajang bagi mahasiswa PNP untuk mengekspresikan kreatifitas, minat dan bakat ini diselenggarakan pada Senin, 29 April hingga Jumat 3 Mei 2024 yang akan datang dan dikelola oleh Badan Eksekutif Mahasiswa PNP berkoordinasi dengan organisasi mahasiswa (ormawa) lainnya yang ada di PNP. Bertindak selaku ketua pelaksana Sdr. Aditya Ardana Darilva dari program studi D3 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, dengan pembina adalah Hendro Saptopramono, S.S.,M.Ed.INTESOL.

Selaku pembina, Hendro berharap mahasiswa PNP dapat memanfaatkan kesempatan di tiap semester ini sebagai ajang untuk meningkatkan softskill dan jejaring, karena PKM bukanlah libur ekstra bagi mahasiswa. Selain itu, Hendro juga menghimbau Pembina ormawa untuk turut meningkatkan perannya dalam mendampingi dan membina mahasiswa di ormawa untuk mengembangkan ide-ide kreatif kegiatan yang dapat dilakukan.

Pada pembukaan kegiatan tersebut, Direktur PNP, Dr. Ir. Surfa Yondri, S.T.,S.ST.,M.Kom dalam arahannya mendorong mahasiswa PNP untuk menunjukkan hasil pemikiran dan pendidikan, serta peradaban dan kemajuan teknologi sebagai bentuk kontribusi dalam pembangunan bangsa. Direktur juga mengharapkan adanya inovasi dalam penyelenggaraan PKM di setiap semesternya, salah satunya, beliau menyarankan agar mahasiswa melalui BEM dan ormawa yang ada, dapat mengusulkan perubahan nama kegiatan ini karena adanya kesamaan nama dengan program dari Kementerian.

 

Dalam pembukaan PKM tersebut turut pula memberikan sambutan Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Barat, Barlius, M.M. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya kepada seluruh mahasiswa PNP untuk dapat mengimplementasikan profil Pelajar Pancasila dan menjadi mahasiswa yang memiliki karakter serta mampu berkontribusi kepada masyarakat. Untuk dapat berkontribusi kepada Masyarakat tersebut tentunya mahasiswa perlu memiliki wawasan yang luas, dan keterampilan berkomunikasi yang baik. Selain wawasan yang luas dan keterampilan berkomunikasi, mahasiswa harus dapat menyelesaikan pendidikannya, produktif dan menjadi ahli di bidang yang dipelajarinya setelah lulus nanti.

Selain Kadisdik Prov. Sumbar, dalam pembukaan PKM semester genap yang mengusung tema Sinergi Kreatifitas dan Profesi Membangun Karir Melalui Inovasi dihadiri pula oleh Presiden Mahasiswa beserta jajaran dari beberapa perguruan tinggi lainnya, yaitu, UNAND, UNP, UMMY Solok, Universitas Fort De Kock, Universitas ADZKIA, UPI YPTK, dan Politeknik LP3i.

ms.u