Politeknik Negeri Padang (PNP) Serahkan Bantuan Alat Penarik Perahu Nelayan

Politeknik Negeri Padang (PNP) Serahkan Bantuan Alat Penarik Perahu Nelayan

 

Penyerahan mesin penarik perahu nelayan ini dilaksanakan di Pantai Panjang, Ketapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman Jum’at, 22 Maret 2024, yang dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Dr. Ir. Surfa Yondri, S.T., S.ST, M.Kom, Direktur Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, Irwan, S.H, M.Mar.E, serta Wakil Direktur IV Bidang Kerja sama PNP Ir. Ihsan, S.ST, M.Sc, DECN, Wakil Direktur I Bidang Akademik Poltekpel Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E,  dan Kepala LP3M dari masing-masing perguruan tinggi, turut hadir Wali Nagari Ketapiang Bapak Alwis Jaya dan staff serta Kelompok Nelayan Mutiara Laut yang diketuai oleh Bapak Sukirman.

Alat penarik perahu nelayan yang diserahkan adalah hasil kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara PNP dan Poltekpel Sumatera Barat, pada tahun 2023 PNP telah memfasilitasi staf pengajar untuk melakukan penelitian dan pengabdian kolaborasi, salah satunya berkolaborasi dengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat yang berada di Kabupaten Padang Pariaman. Salah satu judul pengabdian  kolaborasi yang diangkat  adalah Pembuatan Mesin Penarik Perahu Nelayan bagi kelompok nelayan mutiara laut di Nagari Ketapiang, Kabupaten Padang Pariaman. Pengabdian ini berawal dari kondisi masyarakat yang berada di lingkungan kampus Poltekpel yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan, dan salah satu keluhan nelayan adalah kesulitan mereka dalam menarik perahu ke tepi pantai setelah melaut. “Untuk menarik perahu ini, kami membutuhkan 10-15 orang, apalagi kami pulangnya di pagi hari, mesti membangunkan tetangga untuk membantu,” ujar Bapak Sukirman, Ketua Kelompok Nelayan Mutiara Laut. Beranjak dari kondisi tersebut, maka tim pengabdian kolaborasi bersepakat untuk mencarikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Tim dari PNP diketuai oleh Nota Effiandi sedangkan tim dari Poltekpel langsung diketuai oleh Direktur Poltekpel, Bapak Irwan. Masing-masing melibatkan 3 orang dosen dan 4 orang mahasiswa untuk membantu kegiatan pengabdian.

 

 

Dalam sambutannya, Direktur PNP, Bapak Surfa Yondri mengatakan sangat puas dengan capaian dari kegiatan pengabdian kolaborasi, “inilah model pengabdian vokasi yang sesungguhnya, ini adalah praktik baik yang mesti terus dikembangkan, bahwa kita mampu memberikan solusi nyata atas kondisi dimasyarakat dengan melahirkan produk tepat guna. Produk tepat guna ini akan spesifik karena menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Saya berharap apa yang telah dibuat ini dapat ditiru dan dikembangkan oleh banyak pihak, agar semakin banyak masyarakat yang dibantu.” Di akhir sambutannya, beliau mengajak segenap anggota kelompok nelayan untuk menjaga dan memelihara alat tersebut dengan baik, digunakan sebaik mungkin untuk keperluan anggota kelompok, jika ada kendala, jangan segan untuk bertanya dan berdiskusi dengan tim pelaksana pengabdian. Hal ini, juga disampaikan oleh ketua tim, Nota Effiandi, “Nanti kami mungkin setiap 3 atau 6 bulan akan berkunjung ke sini untuk melihat kondisi mesin ini, tentu yang namanya mesin akan mengalami permasalahan-permasalahan yang akan menjadi masukan perbaikan bagi kami ke depannya.”

Sementara itu, Direktur Poltekpel, Bapak Irwan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti kehadiran Poltekpel di tengah-tengah masyarakat di sekitar kampus, “sebelumnya kami di sini juga telah melakukan pelatihan untuk masyarakat, kami berharap sinergi antara kelompok nelayan dan Nagari Ketapiang pada umumnya bisa terus dilanjutkan.” Hal yang sama juga disampaikan beliau bahwa kolaborasi dengan Politeknik Negeri Padang menjadi pemicu bagi Poltekpel untuk saling berbagi dan bersinergi untuk dapat saling memberi manfaat.

Wali Nagari Ketapiang Bapak Alwis Jaya mewakili masyarakat Ketapiang menyampaikan terima kasih atas kehadiran 2 kampus sekaligus di Nagari Ketapiang, “tidak saja sekedar datang, namun juga menyerahkan alat yang sangat dibutuhkan oleh warga kami, saya baru kali ini melihat alat seperti ini,’ ujar Beliau. “Tentu ini akan sangat menunjang aktivitas melaut dari para nelayan, mari sama-sama kita jaga mesin ini,” lanjut Beliau.

 

 

Dalam kesempatan itu, juga hadir Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Poltekpel, Bapak Naf’an, beliau menyampaikan terima kasih banyak atas kerja sama yang telah terjalin baik dengan  PNP, “kami belajar banyak dalam kegiatan ini” ujar Beliau. Di samping itu, Dr. Yuhefizar, S.Kom, M.Kom Kepala P3M PNP, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua tim yang terlibat, sehingga alat yang dibuat telah dapat diserahkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Setelah penyampaian kata sambutan dilanjutkan dengan serah terima alat secara simbolis kepada Ketua Kelompok Nelayan Mutiara Laut yang dilanjutkan dengan foto bersama. (Y2)

 

Tim Humas PNP 2024