PNP Restrukturisasi Jabatan Wakil Direktur & Kabag dan Kasubag

PNP Restrukturisasi Jabatan Wakil Direktur & Kabag dan Kasubag

 

PNP News. Untuk semakin meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam mencapai visi penyelenggaraan pendidikan vokasi yang terkemuka di Kawasan Asia Tenggara dan menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 58 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja, Politeknik Negeri Padang kembali melantik Wakil Direktur 1, 2, dan 3, ditambah Wakil Direktur 4, sesuai dengan pertimbangan Senat.

 

Dalam Pelantikan Wakil Direktur yang berlangsung Senin, 13 Maret 2023 di Aula Gedung C kampus tersebut, Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri menyatakan, Permendikbudristek Nomor 58 Tahun 2022 tersebut menyatakan, Organisasi PNP terdiri dari Senat, Pemimpin Satuan Pengawas Internal dan Dewan Penyantun. Unsur Pemimpin Politeknik Negeri Padang terdiri dari Direktur sebagai Pemimpin PNP dibantu oleh 4 orang Wakil Direktur dan unsur organisasi di bawah pemimpin. Unsur organisasi di bawah pemimpin terdiri dari Pelaksana Akademik, Pelaksana Administrasi, Penjaminan Mutu dan Penunjang Akademik.

 

 

Pelaksana Akademik terdiri dari Jurusan dan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pelaksana Administrasi yang terdiri dari Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, dan Bagian Keuangan dan Umum, Subbagian Akademik dan Subbagian Umum.

Dijelaskan, Penjaminan Mutu dilaksanakan oleh Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran, Penunjang Akademik dilaksanakan oleh Unit Penunjang Akademik (UPA) yang terdiri dari UPA Perpustakaan, UPA Teknologi Informasi dan Komunikasi, UPA Bahasa, UPA Perawatan dan Perbaikan, UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan dan UPA Layanan Uji Kompetensi. Keberadaan UPA ini di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur dan dalam pelaksanaan tugas dikoordinasikan oleh Wakil Direktur yang relevan.

Wakil Direktur 1 Bidang Akademik akan mengkoordinasikan UPA Perpustakaan, UPA Bahasa, dan UPA Layanan Uji Kompetensi. Wakil Direktur 2 Bidang Keuangan dan Umum akan mengkoordinasikan UPA Perawatan dan Perbaikan. Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan akan mengkoordinasikan UPA Layanan Karier dan Kewirausahaan. Sementara Wakil Direktur 4 Bidang Kerjasama akan mengkoordinasikan UPA Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Proses restrukturisasi ini masih berlangsung Jumat, 10 Maret 2023 berupa Wawancara Akhir terhadap 13 orang peserta Seleksi Calon Kepala Bagian dan Subbagian di lingkungan PNP.

 

 

Insyaallah kita akan segera ajukan ke Menteri untuk dipilih dan dilantik. Kami juga sedang melakukan seleksi pengisian jabatan pada Unit Penunjang Akademik (UPA), Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran. Diharapkan akhir bulan ini proses penyesuaian kelembagaan sesuai OTK baru sehingga civitas akademika memiliki semangat kerja yang lebih sinergis, kolaboratif dan produktif, jelas Direktur.

 

BLU Tidak Mengurangi Kesejahteraan Pegawai

Surfa Yondri lebih lanjut menyatakan, sesuai arah pengembangan pengelolaan pendidikan tinggi yang ditetapkan Kemdikbudristek, setiap perguruan tinggi diharapkan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) bahkan menjadi PTN Berbadan Hukum. Sehubungan dengan itu, PNP telah mengajukan permohonan menjadi BLU pada 2022 namun masih ada revisi, terutama yang berkaitan dengan Unit Bisnis yang akan menjadi income generating .

“Kami menghimbau dan mengajak segenap Pimpinan Politeknik Negeri Padang untuk mengajukan kembali Proposal BLU ini dan tidak perlu khawatir akan segala sesuatunya karena tujuan BLU ini adalah untuk peningkatan pengelolaan PTN yang lebih produktif tanpa mengurangi kesejahteraan pegawai”, terangnya.

 

 

Dengan BLU, Politeknik Negeri Padang dituntut untuk meningkatkan pengelolaan aset yang lebih efektif dan efisien sehingga mampu menghasilkan produk dan jasa yang dapat dimanfaatkan oleh dunia industri. Oleh karena itu dengan adanya Wakil Direktur 4 Bidang Kerjasama Periode 2023-2027, Ihsan Lumasa Rimra, diharapkan kualitas dan kuantitas kerjasama dapat lebih meningkat, terangnya.

Wakil Direktur Bidang Kerjasama ini diharapkan pro aktif menjemput peluang kerjasama ke stakeholder dalam dan luar negeri untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan pemerintah dan tertuang dalam Perjanjian Kinerja Direktur dengan Mendikbudristek. Sebagai lembaga pendidikan vokasioal, link and match dengan dunia industri merupakan suatu keharusan untuk kita jalankan terutama dengan konsep Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, pembelajaran berbasis Project Based Learning (PBL), adanya kesempatan mahasiswa belajar di luar kampus, magang mahasiswa dan dosen di luar negeri.

Di sisi lain, Wakil Direktur Bidang Akademik yang dijabat Revalin Herdianto akan mengkoordinasikan UPA Perpustakaan, UPA Bahasa, UPA Layanan Uji Kompetensi.
Wakil Direktur bidang Keuangan dan Umum yang dijabat Sarmiadi akan mengkoordinasikan UPA Perawatan dan Perbaikan.
Wakil Direktur bidang Kemahasiswaan yang dijabat Nasrullah akan mengkoordinasikan UPA Layanan Karier dan Kewirausahaan sementara Wakil Direktur bidang Kerjasama akan mengkoordinasikan UPA Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis
Fotografer: Naswiradianto