PNP Masuk Klaster Utama Kinerja Penelitian & Pengabdian Masyarakat 2023

PNP Masuk Klaster Utama Kinerja Penelitian & Pengabdian Masyarakat 2023

 

PNP News. Berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT 06.01/2023 tanggal 28 Februari 2022 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Negeri Padang (PNP) bersama 32 politeknik lainnya menempati Klaster Utama dari 3 klaster Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi, yakni Klaster Mandiri, Utama, Madya, dan Pratama.

 

Menurut Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, M. Faiz Syuaib, klasterisasi perguruan tinggi 2023 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode 2019-2021. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi. Data kinerja tersebut meliputi penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

 

 

Keterangan Gambar: Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, M. Faiz Syuaib (Dok. Kemendikbudristek).

 

Di sisi lain, Kepala Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom. menyatakan, pemerolehan Klaster Utama itu adalah hasil dari upaya para dosen untuk selalu meng- update data Science and Technology Index (Sinta), portal ilmiah atau laman daring yang telah dikelola oleh Kemendikbudristek dan daftar jurnal nasional yang terakreditasi. Semua penilaian diambil dari data tersebut, terangnya.

Ia juga menghimbau para dosen untuk selalu melakukan update akun Sinta masing-masing karena data Sinta meningkat jika mereka terus melakukan penelitian dan pengabdian, sehingga menghasilkan luaran yang dapat di- update ke Sinta, terangnya panjang lebar sambil mengakhiri dengan ucapan terima kasih atas kerja sama yang baik tersebut.

 

 

Klasterisasi perguruan tinggi sebagai metode dalam mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi, diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi perguruan tinggi melalui kolaborasi antarperguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, imbuhnya.

 

 

 

 

 

Ketigapuluh dua politeknik yang menempati Klaster Utama tersebut adalah Politeknik Caltex, Politeknik Harapan Bersama, Politeknik Kampar, Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Negeri Ambon, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Media Kreatif, Politeknik Negeri Nusa Utara, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Politeknik Piksi Ganesha Indonesia, dan Politeknik YKPN.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis