Alihkan Provider, PNP Kebut 3 Target Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jaringan

Alihkan Provider, PNP Kebut 3 Target Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jaringan

 

PNP News. Sehubungan dengan peralihan provider internet, Politeknik Negeri Padang (PNP) pada Desember 2022 hingga Minggu, 12 Februari 2023 berusaha mengejar 3 target percepatan pemasangan yang mencakup tersedianya layanan internet, akses Wifi, dan fitur secara realtime untuk memantau kondisi koneksi PNP.

 

Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Unit Pelaksana Teknis Komputer, Hendrick merangkap Koordinator Lapangan proyek tersebut, Minggu malam, 19 Februari 2023. Ia merinci, target pekerjaan PT Telkom di PNP mencakup tersedianya layanan internet IP Transit Global 1000 Mbps dan IP Transit Domestik 1000 Mbps di Kampus Utama Politeknik Negeri Padang; dan IDRen 100 Mbps, Broadband Internet 200 Mbps di masing-masing kampus Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Padang (Lintau Buo Tanah Datar, Lubuak Malako Solok Selatan, Pelalawan Riau).

 

Hendrick, Koordinator Lapangan Alih Provider

 

Target lainnya menurut alumnus S-3 National Kaohsiung University of Science and Technology (2020) yang didampingi Staf UPT Komputer, Liyen Zerwen adalah tersedianya akses Wifi bagi End User melalui perangkat Akses Point (Managed Service) dengan rincian, 85 unit di Kampus Utama PNP, 5 unit di PSDKU Lintau, dan 5 unit di PSDKU Solok Selatan, 5 Unit di PSDKU Pelalawan. Bersamaan dengan itu juga diupayakan tersedianya Fitur 43 SSL Internet Monitoring bandwidth secara realtime untuk memantau kondisi koneksi PNP.

 

 

 

 

Keterangan Gambar: Kegiatan pengawasan dan pemasangan Wifi.

 

Keterlambatan Proses

Diakui Hendrick, pengerjaan tersebut mengalami keterlambatan karena PT Telkom melakukan 100% pembangunan di area Politeknik Negeri Padang. Dijelaskan, proses pembangunan yang sudah dilakukan di lokasi Politeknik Negeri Padang mencakup pembangunan 1 Unit Optical Liner Termination (OLT). Sementara di kampus PNP PSDKU Lubuak Malako Solok dilakukan pembangunan 1 Unit ODP dan 10 Tiang Telkom. Adapun di PSDKU yang lain pekerjaan berjalan lancar karena hanya melalui proses peralihan saja.

 

 

 

 

 

Access Point WIFI-ID PNP Mencapai 75 %

Progress pekerjaan di Area Kampus Politeknik Negeri Padang pada 31 Januari 2022-19 Februari 2023 adalah migrasi dan konfigurasi layanan IP Transit dari ISP lama ke Telkom dan layanan IP Transit. Delivery bandwidth dari Telkom dinilai sudah sesuai dengan kontrak, yaitu IP TransitGlobal 1000 Mbps dan IP Transit Domestik 1000 Mbps, namun terdapat kendala saat delivery bandwitdth dari L2S ke Router Mikrotik PNP. Router PNP memiliki keterbatasan untuk delivery bandwidth tersebut. Telkom akan mengganti L2S yang lama menjadi L3S 10GB (Router Mikrotik milik Telkom). Selain itu juga dilakukan Instalasi, Konfigurasi dan Komparasi Layanan Broadband di 3 Kampus PNP PSDKU.

 

 

 

Hendrick juga mengklaim pemasangan Access Point WIFI-ID PNP sudah mencapai 75 %. Di samping itu juga diupayakan Internet Monitoring Traffic 43 SSL @20 MBPS, komparasi layanan lama dengan yang baru, instalasi layanan untuk SSL baru, perubahan nama pelanggan dan ganti segmen ke segmen enterprise.

 

Keterangan Gambar: Instalasi, Konfigurasi dan Komparasi Layanan Broadband di 3 Kampus PNP PSDKU.

 

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis