PNP Gelar FGD & Computing Innovation Awards 2022, PNP

PNP Gelar FGD & Computing Innovation Awards 2022, PNP

 

PNP News. Dalam rangka mencarikan solusi atas belum begitu dimanfaatkannya radio & TV streaming dan meningkatkan kompetensi lulusan Jurusan Bahasa Inggris dan Jurusan Administrasi Niaga sebagai jurnalis media berbahasa Inggris dan communicator in creative industry serta menyongsong Politeknik Negeri Padang Menjadi Badan Layanan Umum (BLU), UPT Humas menggelar “Focus Group Discussion and Digital and Computing Innovation Awards 2022, PNP” di salah satu hotel bintang, 1 Desember 2022.

 

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Naswiradianto, yang didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis Hubungan Masyarakat (UPT Humas) PNP, Fitri Adona, acara tersebut adalah anugerah kedua yang digagas UPT Humas setelah sukses menggelar“2021 Leadership Award”.

 

 

Seperti halnya “2021 Leadership Award” yang disertai dengan pemilihan Communicative Employee of The Year, “Digital and Computing Innovation Awards 2022, PNP” juga akan disertai dengan “Web Design Contests 2022” dan “Group Reportage Competition”. Penyelenggaraan FGD dan Award ini dimaksudkan untuk memotivasi karyawan dan mahasiswa agar bekerja lebih baik lagi dan mendorong karyawan untuk memiliki perilaku dan sikap yang lebih positif dalam bekerja yang dapat meningkatkan produktivitas.

Dikatakan Fitri Adona, radio & TV streaming dibangun dan difasilitasi oleh UPT Komputer Politeknik Negeri Padang. Belasan tahun lalu, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro pernah merakit radio tapi karena mereka sudah menyelesaikan perkuliahan, pengelolaannya tidak berlanjut. Saat akan lebih dikembangkan oleh generasi berikutnya, mereka terkendala oleh izin frekuensi oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat.

 

 

Communicator in creative industry yang dimaksud meliputi content writer, copy writer, dan content editor. Di sisi lain, keterkaitan Politeknik Negeri Padang Menjadi Badan Layanan Umum (BLU) beralasankan, perguruan tinggi vokasi ini potensial mendirikan bisnis broadcasting (TV dan Radio Streaming) sehingga potensial juga memiliki pendapatan dari jasa layanan dan hibah tidak terikat atau pendapatan dari hasil kerjasama dengan pihak lain dan/atau hasil usaha lainnya yang berhubungan dengan broadcasting, imbuh Naswiradianto.

Secara umum kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan Humas Politeknik Negeri Padang, pengelola web design di setiap jurusan dan mahasiswa Politeknik Negeri Padang terhadap UU ITE dan UU Penyiaran dan memberi pengetahuan mahasiswa Politeknik Negeri Padang yang berminat untuk bekerja di media online dan media elektronik (radio dan televisi). Penerima manfaat keluaran (ouput) kegiatan Focus Group Discussion ini adalah Humas Politeknik Negeri Padang, Innovator Digital and Computing Politeknik Negeri Padang, pejabat struktural Politeknik Negeri Padang, pengelola web design di setiap jurusan dan UPT Politeknik Negeri Padang, mahasiswa Politeknik Negeri Padang, dan wartawan mitra Politeknik Negeri Padang, dan Politeknik Negeri Padang secara melembaga.

 

 

Agar pelaksanaan kegiatan Focus Group Discussion ini dapat berjalan dengan baik, maka Focus Group Discussion diadakan dengan mengundang narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Sumatera Barat (PWI Cabang Sumbar) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Barat (KPID Sumbar) dengan peserta sekitar 100 orang. Kegiatan dilaksanakan di salah satu hotel bintang 4 di Padang pada Desember 2022 dengan topik “Media Online dan Undang-undang ITE” dan “Jurnalistik Televisi dan UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Dari PWI Cabang Sumbar narasumbernya direncanakan mantan ketuanya, Dr. Ir. Basril Basyar, M.M. dan dari KPID Sumbar, Ketuanya, Dasrul, S.S., M.Hum.

Focus Group Discussion Digital And Computing Innovation 2022 rencana dihadiri oleh Humas Politeknik Negeri Padang, Innovator Digital and Computing Politeknik Negeri Padang, pejabat struktural Politeknik Negeri Padang, pengelola web design di setiap jurusan dan UPT Politeknik Negeri Padang, mahasiswa Politeknik Negeri Padang, dan wartawan mitra Politeknik Negeri Padang.

Ditambahkan, Ciri inovasi, di antaranya adalah: 1) baru, 2) terencana, 3) khas, dan 4) bertujuan jelas. Sebagai sesuatu yang dikembangkan dan dibuat baru, inovasi mempunyai manfaat dan tujuan. Manfaat inovasi adalah: 1) memberikan solusi untuk memecahkan masalah, 2) meningkatkan produktivitas seseorang, 3) meningkatkan ketangguhan, dan 4) dapat menghasilkan sesuatu yang unik. Tujuan inovasi tersebut adalah: 1) meningkatkan kualitas, 2) melebarkan jaringan, 3) menciptakan pasar baru, dan 4) menjadi pengganti produk sebelumnya.

Adapun bentuk inovasi adalah: 1) inovasi teknologi, 2) inovasi transportasi, 3) inovasi pendidikan, 4) inovasi pelayanan publik, 5) inovasi kesehatan, 6) inovasi crowdfunding (bergerak di bidang sosial), 7) inovasi pemerintahan, dan 8) inovasi kewirausahaan.

Penjelasan teknis tentang “Web Design Contests 2022, pemenang kompetisi Web Design Antarjurusan dipilih berdasarkan 4 indikator webdesign terbaik: responsiv, simpel dan mudah digunakan, speed loading cepat, konten menarik dan relevan.

Khusus untuk lomba reportase, tema dianjurkan berhubungan dengan nama daerah yang ada di Sumbar atau keunggulan sarana dan prasarana yang ada di PNP; dibuat dalam bentuk rekaman video berdurasi 90 detik atau 1.5 menit; boleh menggunakan narasumber, narator, sound effect, atau musik asal tidak melanggar UU ITE; wajib menampakkan wajah reporter; dan maksimal repoter 2 orang.

Reporter terbaik dari kalangan mahasiswa dipilih berdasarkan 8 indikator yang mencerminkan (keterampilan menulis dan berbicara yang terasah, paham cara mewawancarai orang, rajin membaca, selalu belajar hal-hal baru, paham etika jurnalistik, empati, menjalin hubungan dengan reporter, penulis, editor, dan tidak manja).

Direncanakan, Dharma Wanita Politeknik Negeri Padang juga akan ambil bagian memeriahkan “Digital and Computing Innovation Awards 2022, PNP” dengan Fashion Show Baju Kurung Basiba dan Pakaian Adat serta Vokal Grup Lagu-lagu Nusantara.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis