UTBK-SBMPN-PNP Gelombang 1 Dimulai, Pendaftaran Gelombang 2 Tutup 30 Juni 2022

UTBK-SBMPN-PNP Gelombang 1 Dimulai, Pendaftaran Gelombang 2 Tutup 30 Juni 2022

 

PNP News. Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri Padang (UTBK SBMPN PNP) Gelombang Pertama berlangsung 25-26 Juni 2022 dan pendaftaran Gelombang Kedua ditutup 30 Juni 2022 dengan pelaksanaan ujian yang akan diberitahu kemudian.

 

Dalam keterangan persnya, Wakil Direktur 1 Revalin Herdianto merinci, dari total 1140 peserta ujian Gelombang Pertama tersebut 810 orang mengambil bidang Rekayasa dan 330 lainnya memilih Tata Niaga.

Pendaftaran SBMPN 2022 di 42 politeknik negeri masih buka hingga akhir Juni 2022. Jadwal pendaftaran SBMPN 2022 di politeknik-politeknik negeri itu telah dimulai sejak April 2022 lalu. Namun, terdapat perbedaan tanggal dalam jadwal penutupan pendaftaran di sebagian politeknik negeri. PNP melaksanakan ujian Gelombang 2 pada 2 Juli 2022, evaluasi bersamanya pada 6-7 Juli 2022, dan pengumuman resminya pada 9 Juni 2022.

 

 

SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri) adalah salah satu jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang digelar bersama oleh kampus-kampus politeknik negeri. Lewat SBMPN 2022, peserta bisa memilih beragam jurusan D3 yang dibuka politeknik-politeknik negeri tersebut.

Politeknik Negeri Padang memiliki 7 jurusan untuk Program D3, yakni Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Administrasi Niaga, Jurusan Akuntansi, Jurusan Teknologi Informasi, dan Jurusan Bahasa Inggris.

Selain SBMPN, kampus-kampus politeknik negeri di Indonesia juga menggelar seleksi bersama di SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri). Sebagai jalur undangan, SNMPN digelar lebih dulu daripada SBMPN.

Skema pendaftaran SBMPN 2022 dibuka secara online via situs resmi milik masing-masing kampus politeknik negeri penyelenggara seleksi ini. Politeknik Negeri Padang membuka pendaftaran di https://pmb.pnp.ac.id. Sistem seleksi SBMPN menggunakan tes tulis dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). Di beberapa politeknik juga diberlakukan skema tes lanjutan, seperti tes kesehatan dan lainnya.

Selain itu, jalur SBMPN juga masih menerima calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang mengikuti program KIP-Kuliah. Dengan demikian, calon mahasiswa yang berniat kuliah di jurusan vokasi, tetapi tidak lulus SNMPN, SNMPTN, dan SBMPTN 2022, masih berkesempatan mengikuti SBMPN 2022.

Jika selama ini berlaku Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebagai salah satu seleksi penerimaan di perguruan tinggi negeri secara nasional, khususnya di universitas dan institut, maka SBMPN adalah salah satu seleksi penerimaan di perguruan tinggi negeri berbasis politeknik.

Sama halnya dengan seleksi SBMPTN, dalam seleksi SBMPN ujiannya juga dilakukan secara serempak / serentak di seluruh politeknik negeri di Indonesia. Melalui seleksi SBMPN ini, calon mahasiswa diseleksi berdasarkan kemampuan akademik berdasarkan tes tulis, dan tes kekhususan bagi pemilih program studi tertentu.

Soal ujiannya terbagi menjadi dua bidang, yaitu Bidang Rekayasa dan Tata Niaga. Bidang Soal Rekayasa, diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi teknik seperti Sipil, Elektro, IT, Mesin, dan lain-lain.

Bidang Soal Tata Niaga diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memilih program studi non teknik seperti Administrasi Niaga, Bahasa Inggris, dan Akuntansi. Walaupun pelaksanaannya dilakukan secara serempak di seluruh politeknik negeri di Indonesia, namun pendaftaran SBMPN harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa baru ke masing-masing website politeknik negeri yang diinginkan.

Untuk mengetahui informasi lebih detail tentang waktu pelaksanaan dan tata cara pendaftarannya, calon peserta dapat mengunjungi website resmi masing-masing politeknik yang diinginkan. Khusus Politeknik Negeri Padang alamatnya: https://www.pnp.ac.id

 

Administrasi Bisnis Pilihan Favorit

Fungsional Arsiparis Ahli Madya, Budi Warsito, S.Sos. menambahkan, UTBK SBMPN Gelombang 1 tersebut diikuti oleh 1474 pelamar dengan rincian 220 memilih Teknik Mesin, 211 Teknik Sipil, 122 Teknik Listrik, 75 Teknik Elektronika, 82 Teknik Telekomunikasi, 237 Administrasi Bisnis, 155 Akuntansi, 117 Teknik Komputer, 124 Manajemen Informatika, 101 Teknik Alat Berat, 30 Bahasa Inggris.

 

 

Sama halnya dengan SBMPN Gelombang 1, D3 Administrasi Bisnis unggul sebagai program studi terbanyak peminatnya pada SNMPN sebelumnya. Tercatat peminat D3 Administrasi Bisnis 1319 orang, Teknik Sipil 1124 orang, Akuntansi 971 orang, Manajemen Informatika 548 orang, Teknik Komputer 515 orang, Teknik Mesin 484 orang, Teknik Telekomunikasi 375 orang, Teknik Listrik 371 orang, Teknik Elektronika 316 orang, Bahasa Inggris 221 orang, dan Teknik Alat Berat 119 orang.

Belum bisa dipastikan total jumlah pelamar SBMPN atau jumlah peminat untuk seluruh program studi yang ada di Politeknik Negeri Padang pada 2022 karena masih ada pembukaan pendaftaran dan seleksi berikutnya. Ia juga menyampaikan, dalam SNMPN sebelumnya PNP membuka kesempatan bagi 119 orang peminat Program Studi Teknik Alat Berat, pada 18 Juni 2022 PNP juga menyelenggarakan UTBK Kelas Kerjasama PT Trakindo Utama yang diikuti oleh 180 orang peserta.

 

Keterangan Gambar: Suasana Jumpa Pers bersama Wakil Direktur 1 Revalin Herdianto dan Ketua Jurusan Teknologi Informasi, Ronal Hadi.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis