UPW PNP Berani Upgrade D-3 ke D-4 di Tengah Keengganan Perguruan Tinggi Lainnya

UPW PNP Berani Upgrade D-3 ke D-4 di Tengah Keengganan Perguruan Tinggi Lainnya

 

PNP News. Pengelola Program Studi Usaha perjalanan Wisata, Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Padang adalah satu-satunya pengelola prodi yang berani melakukan upgrading di tengah keengganan pengelola perguruan tinggi di Provinsi Sumatera Barat. Peningkatan program tersebut dinilai sebagai suatu keharusan untuk menghasilkan peningkatan output yang lebih baik.

 

Hal itu diungkapkan Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Dr. Primadona, S.E., M.Si. dalam Workshop Penyusunan Kurikulum Program Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata Bersama Dudika, di Truntum Hotel, 8 November 2021.

 

 

Upgrading tersebut menurut Prima, mengacu pada permintaan Diksi karena D-4 atau Sarjana Terapan saat ini sudah menjadi tujuan utama D-3 Jurusan Administrasi Niaga. Oleh karenanya revisi kurikulum sudah menjadi suatu keniscayaan, terangnya. Langkah utama yang dilakukan pihaknya adalah memperbaiki kurikulum agar sesuai dengan permintaan industri. Diakui, selama ini dalam penyusunan kurikulum mereka selalu meminta masukan dari dunia usaha dan dunia industri agar alumni mereka terserap sesuai kebutuhan industri.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata, Ketua GIPI dan Asita Sumbar sepakat, saat ini perguruan tinggi mesti melakukan inovasi-inovasi dalam menciptakan sumber daya manusia karena apa yang ada di lapangan tidak selalu seperti yang diperkirakan. Oleh karenanya, peranan Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (Dudika) sangat besar, seperti bagaimana mahasiswa sarjana terapan vokasi ini mampu memenuhi ketimpangan yang selama ini menjadi persoalan dalam pengembangan bidang pariwisata, khususnya di Sumatera Barat.

 

 

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial, S.E., Ak., M.M., Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan, suatu demand di pasar memang menginginkan sarjana terapan karena ternyata permintaan di pasar memang selama ini menginginkan sarjana terapan walaupun keberadaan diploma tidak dihilangkan.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, S.S.T., M.Kom. mengungkapkan sangat mendukung kegiatan jurusan tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Jurusan dan semua pimpinan yang ada di Jurusan Administrasi Niaga terhadap keberanian mereka melakukan terobosan. Diharapkan ke depan terjadi lagi inovasi-inovasi yang luar biasa dari Prodi Usaha Perjalanan Wisata tersebut.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Gabungan Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar, Joni Mardianto, S.S., M.Par., Ikhlas, mewakili Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Sumbar, Ian Hanafiah, Koordinator Program Studi D-4 Destinasi Pariwisata, Alfatah Haries, S.S.T.Par., M.Par. dan Koordinator Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Endang Afriyeni, S.E., M.Si.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis