PNP Buka Pelatihan Memasuki Dunia Kerja Bagi 500 Orang Alumni

PNP Buka Pelatihan Memasuki Dunia Kerja Bagi 500 Orang Alumni

PNP News. Animo alumni Politeknik Negeri Padang untuk mengikuti workshop pembekalan memasuki dunia kerja tahun ini meningkat tajam. Dari 187 nama alumni yang diusulkan ke perusahaan mitra yang mengelola workshop yang hadir mencapai 500 orang. Jumlah ini cukup signifikan dalam rangka mempersiapkan alumni memasuki dunia kerja.

 

Dalam pembekalan gratis yang dilaksanakan sehari penuh di Aula Gedung Pekan Kreatifitas Mahasiswa tersebut, peserta dominan tercatat dari wisudawan ke-60 yang prosesi wisudanya baru diselenggarakan sepekan lalu.

“Awalnya memang kami diberi data alumni sekitar 180 orang, namun ternyata pada hari H jumlahnya melebihi ekspektasi kami, meningkat menjadi 500 orang. Ini berarti acara ini sangat diapresiasi oleh alumni Politeknik Negeri Padang. Hal ini juga berarti para alumni PNP sangat antusias dan animo mereka mengikuti pembekalan tersebut luar biasa”.

 

 

Dalam sambutannya, Dian Nurkholis, Branch Manager PT Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS) Padang mengakui, perusahaan di bidang HR Solution Provider ini awalnya berkoordinasi dengan pimpinan Politeknik Negeri Padang untuk mengadakan kegiatan workshop alumni ini. Tujuannya adalah sebagai persiapan psikotes bagi alumni dan mengamati aspek sikap serta grooming ‘pelatihan dan persiapan’ ketika memasuki dunia kerja.

PT Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS) berdiri pada tahun 1999 dan memiliki komitmen serta dedikasi yang tinggi sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengadaan Sumber Daya Manusia untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur 3, Junaldi, S.T., M.T. menekankan, Politeknik Negeri Padang berkomitmen untuk terus menurunkan masa tunggu alumni diserap oleh industri dan dunia kerja. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan menggelar kegiatan pelatihan dan pembekalan memasuki dunia kerja yang dilaksanakan setiap tahun.

 

 

Dalam pelatihan kali ini, peserta menerima pembekalan materi, seperti bagaimana cara membuat CV, membuat resume, dan mengirim email dengan benar. Pada awal sesi pembekalan, peserta menjalani simulasi ujian psikotes secara online.

Hendro Saptopramono, S.S., M.Ed. TESOL selaku Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan, dalam kegiatan tersebut Bagian Kemahasiswaan Politeknik Negeri Padang memiliki komitmen untuk memberikan tidak hanya pendidikan yang baik bagi mahasiswa tapi juga berusaha mengisi masa tunggu lulusan sebelum mendapatkan pekerjaan dengan pengetahuan yang relevan. Salah satu kendala yang dihadapi oleh alumni PNP adalah kurangnya informasi tentang bagaimana memasuki dunia kerja, tekan Hendro.

 

 

Oleh karena itu, PNP sengaja mengundang PT PKSS untuk berkontribusi dalam mempersiapkan lulusan untuk meraih peluang kerja di bidang masing-masing. “Sebelumnya mereka hanya berkutat dalam kegiatan kampus dan seputar dunia akademis, dengan adanya pembekalan tersebut, alumni mulai mengenal hal-hal yang mereka butuhkan saat melamar kerja atau saat menjalani wawancara kerja, bahkan mereka sudah bisa memahami karakter diri sendiri karena ada tes psikologi yang mereka jalani saat pelatihan kali ini, tekan Hendro.

Lebih lanjut dikatakan, workshop tersebut dibagi ke dalam beberapa sesi. Pertama, sesi Psychotest yang dilaksanakan secara online melalui link atau website yang sudah disediakan sehingga peserta bebas menggunakan laptop ataupun smartphone. Cara ini juga diharapkan mempermudah proses ujian pada saat pandemi.

 

 

Sesi kedua workshop tersebut membahas pembekalan materi, seperti persiapan surat lamaran kerja, cara membuat CV yang baik, kemudian tips dan trik interview dengan perusahaan.

Pada sesi ketiga, grooming, pihaknya bekerjasama dengan brand kosmetik ternama, yaitu Wardah. “Perusahaan kosmetik tersebut kami gandeng untuk mengisi materi juga. Kita berharap alumni PNP juga bisa memperoleh pengetahuan untuk beauty dan handsome kelas. Kita akan demonstrasikan bagaimana cara mereka berpenampilan, karena saat ini kebutuhan di dunia kerja bukan hanya skill tapi penampilan juga sangat penting”, jelas Dian.

Tidak ada biaya yang dibebankan kepada peserta, sesuai dengan koordinasi dengan pimpinan Politeknik Negeri Padang. Kami PT PKSS diminta untuk melangsungkan acara ini agar alumni tinggal datang, mengikuti, dan mendapatkan materi yang nanti bisa diaplikasikan, pungkasnya.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis

Fotografer: Naswiradianto