Direktur PNP Surfa Yondri Himbau Wisudawan Wirausaha Buka Peluang Kerja Bagi Sesama Wisudawan

Direktur PNP Surfa Yondri Himbau Wisudawan Wirausaha Buka Peluang Kerja Bagi Sesama Wisudawan

PNP News. Sebagian wisudawan Wisuda ke-60 Politeknik Negeri Padang telah diterima bekerja sejak September 2021. Selain itu, wisudawan yang melanjutkan program wirausaha semasa masih mahasiswa diimbau untuk sementara merekrut teman mereka sesama wisudawan agar usaha yang mereka rintis kian berkembang dan kuat.

Hal itu diamanatkan Direktur PNP Surfa Yondri dalam Wisuda ke-60, Gelombang 3, yang berlangsung khidmat di Aula Pekan Kreatifitas Mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PKM-PNP), Senin, 25 Oktober 2021.

Dalam acara yang sama kemaren, kepada Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanajaya, ia melaporkan kondisi terkini PNP. Saat ini perguruan tinggi vokasi ini memiliki 7 Jurusan, 19 Program Diploma 3, 11 Program Sarjana Terapan/D-4 dan 1 Program Magister Terapan dengan jumlah mahasiswa aktif 4.550 orang, Staf Pengajar 297 orang, dengan kualifikasi S-3 atau Doktor 33 orang, dan tenaga kependidikan 179 orang. Ditambahkan, pada 2020 ini PNP juga membuka 6 Program Diploma 3 pada Program Studi Diluar Kampus Utama Politeknik Negeri Padang di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pelalawan Riau.

Wisuda ke-60 Politeknik Negeri Padang diikuti oleh 1.055 orang wisudawan Program Diploma 3 dan Sarjana Terapan/Diploma 4 yang diselenggarakan secara hybrid (online dan offline) pada Sabtu-Senin, 23-25 Oktober 2021. Wisuda offline yang dilaksanakan tersebut mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kota Padang, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dijelaskan, pengalaman bekerjasama dengan PT. Trakindo, PT. PLN (Persero), PT. Kurnia Abadi Padang dan beberapa perusahaan lainnya memberikan bestpractice bagaimana melibatkan industri dalam kegiatan pendidikan di Politeknik Negeri Padang sehingga kami mendorong setiap program studi memiliki fokus kerjasama dengan industri yang relevan yang diwujudkan dalam bentuk kuliah praktisi, magang bersertifikat dan teaching factory di laboratorium dan bengkel, ungkapnya.

Ia juga menyinggung perolehan Hibah Pembiayaan Matching Fund pada Jurusan Teknologi Informasi dan Competitive Fund pada Program Studi Sarjana Terapan/ D-4 Teknik Rekayasa Perangkat Lunak dan Upgrade Program Studi D-3 Usaha Perjalanan Wisata menjadi Program Sarjana Terapan/D-4.

Sebagai wujud implementasi kerjasama dengan IDUKA pada tahun ini kita juga mendapatkan Hibah Pembukaan Program Studi D-2 Fast Track pada Program Studi Teknik Listrik yang bekerjasama dengan beberapa industri yang ada di Kota Padang, imbuhnya.

Didukung oleh alumni kami terus melakukan upaya pendekatan kepada industri di Pekanbaru, Batam, Jakarta, dan kota besar lainnya agar perusahaan mau terlibat dalam kegiatan pendidikan dan menerima alumni di tengah krisis saat ini. Alhamdulillah, pendekatan ini direspon dengan baik oleh alumni yang memiliki perusahaan di kota besar tersebut, pungkasnya.

Tercatat wisudawan yang diterima melanjutkan studi ke Kun Shan University adalah Berlina Febrianti dari D-3 Teknik Komputer, Khairul Rahman dari D-3 Teknik Telekomunikasi, Suci Cantika D-3 dari Teknik Telekomunikasi, Nonis Wara dari D-3 Teknik Telekomunikasi, dan Nur Afifah Hasan dari D-3 Teknik Telekomunikasi.

Khusus di Cheng Shiu University of Science And Technologi tercatat tunggal, Abdurrahman dari D-3 Teknik Listrik, demikian Ihsan Lumasa Rimra, S.S.T., M.Sc., D.E.C.N.,  Sekretaris UPT Kerjasama bidang Hubungan Internasional dan Alumni.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis

Fotografer/Kameramen: Naswiradianto