Rekrutmen Serempak SNMPN & SNMPTN 2021: PNP Bersaing Dengan Sesama Politeknik dan Universitas

Rekrutmen Serempak SNMPN & SNMPTN 2021: PNP Bersaing Dengan Sesama Politeknik dan Universitas

 

PNP News. Politeknik Negeri Padang menggelar Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) bersama 44 politeknik negeri se-Indonesia untuk program Diploma 3 (D-3) pada 11 Januari-19 Maret 2021 dan menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bersama perguruan tinggi negeri se-Indonesia untuk program Sarjana Terapan (D-4) pada 15-24 Februari 2021.

 

Hal itu mengemuka dalam Sosialisasi SNMPN dan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022, di Aula Gedung C PNP, Senin, 25 Januari 2021.

Direktur PNP, Surfa Yondri merinci 7 jurusan yang ada di PNP, yakni Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, Elektro, Akuntansi, Administrasi Niaga, Teknologi Informasi, dan Bahasa Inggris.

Program studi yang ada pun sangat variatif, 12 Prodi Diploma 3 (D-3), 10 Prodi Sarjana Terapan (D-4/ S-1 Terapan), dan 1 Prodi Magister Terapan, Sistem Informasi Akuntansi. Selain itu PNP juga memiliki 2 prodi Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang izinnya sudah keluar tahun ini, yakni Prodi Sistem Informasi dan Teknologi Sipil di Kampus Tanah Datar. Total prodi yang ada di PNP 2021 mencapai 25 prodi. Tahun ini pihaknya juga tengah menunggu izin operasional PSDKU untuk Kabupaten Solok Selatan, Sumbar dan Pelalawan, Riau, provinsi tetangga.

 

Keterangan gambar: Direktur PNP, Surfa Yondri: “Peserta SNMPN & SNMPTN harus hati-hati memilih perguruan tinggi dan prodi karena sangat menentukan prestasi dan karier peserta di masa depan! Pilih yang sesuai dengan kecenderungan bakat, kemampuan,  dan keinginan.”

 

Jika untuk prodi D-3, PNP melakukan konsorsium (penyelenggaraan bersama) dengan 44 politeknik negeri yang ada di Indonesia dalam SNMPN dan SBMPN, khusus untuk program sarjana terapan, penerimaannya tergabung dalam Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi  (LTMPT) yang diselenggarakan serentak melalui SNMPTN dan SBMPTN. Di samping menerima mahasiswa undangan, PNP juga menerapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Yondri juga menambahkan, nanti akan ada Seleksi Mandiri untuk Program  D-3 dan D-4 atau Sarjana Terapan.

 

Tujuh Jalur Seleksi di PNP

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto mengatakan, pendaftaran calon mahasiswa SNMPN dilakukan secara online melalui website https://snmpn.politeknik.or.id dan pengumuman hasil kelulusan pada 6 April 2021.

Secara umum PNP merencanakan 7 jalur seleksi mahasiswa baru. Dari 7 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut, PNP akan merekrut sekitar 1700 mahasiswa. Untuk Tahun Akademik 2021/2022 rekrutmen mahasiswa baru 30 persen berasal dari seleksi SNMPN dan 30 persen dari SNMPTN. Sisanya berasal dari penerimaan jalur SBMPN, SBMPTN, Kelas Kerjasama dengan PT Trakindo Utama, MSU International Progression Program, dan seleksi mandiri,” terangnya.

Untuk jalur SNMPTN, pendaftarannya dibuka pada 15-24 Februari 2021. Penerimaan pada jalur SNMPTN ini juga dilakukan secara online melalui website https://portal.limpt.ac.id dan penerimaannya dilaksakan bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia.

“Untuk jalur SNMPTN ini, calon mahasiswa tidak hanya bisa memilih program studi di politeknik, tapi juga bisa memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri dan Institut yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dalam acara virtual yang dihadiri oleh sekitar 300 orang kepala sekolah SMA/SMK/MA di Sumatera Barat dan sekitarnya itu, Revalin juga menjelaskan 7  jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya di PNP. Selain SNMPN dan SNMPTN, jalur lainnya adalah Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) yang digelar bersama 44 Politeknik Negeri se-Indonesia. Pendaftaran SBMPN ini digelar online pada 10 Mei-10 Juni 2021.

Kemudian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarannya dibuka pada 12 Maret – 1 April 2021.

Ujian Masuk Politeknik Kelas Kerjasama dengan PT Trakindo Utama pendaftarannya dibuka pada 8 April-31 Mei 2021.

Selanjutnya, penerimaan mahasiswa baru Management & Sciense University (MSU) Malaysia yang dibuka pada 19 Mei-15 Juli 2021. Program MSU ini khusus untuk Program Studi Manajemen Informatika. Uniknya, lulusan program ini langsung menyandang gelar master. Pelaksanaan kuliahnya, 3 tahun di PNP dan 2 tahun di MSU Malaysia, imbuhnya.

Terakhir, kata Revalin, Seleksi Mandiri Program D-3 dan D-4 yang  dibuka pada 15 Juni-28 Juli 2021 dan pendaftarannya juga dilaksanakan secara online di website https://pmb.pnc.ac.id.

 

Beragam Beasiswa dan Bidik Misi yang Melejit

Surfa Yondri juga mengungkapkan tentang besarnya peluang beasiswa di PNP. “Lima puluh persen mahasiswa berkemungkinan mendapatkan beasiswa yang ditawarkan. PNP mungkin satu-satunya perguruan tinggi dengan uang kuliah rendah sekaligus tingkat peluang mendapat beasiswa yang tinggi.

Di antara beasiswa yang ditawarkan adalah Bidik Misi/KIP-K, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Lazis PNP, Afirmasi Adik, dan beasiswa dari instansi swasta, BUMN,  Pemda, dan  KJMU/Pemprov DKI.

Jumlah penerima beasiswa Bidik Misi/KIP-K di PNP menurutnya, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, bahkan pada 2020, kuota Bidik Misi PNP mencapai 853 penerima. Total penerima program Bidik Misi mencapai sekitar 2900 orang mahasiswa,” terangnya.

Khusus program Bidik Misi, PNP mendapat penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Terbaik I Pengelola Bidik Misi tahun 2018.

Biaya kuliah Politeknik Negeri Padang PNP besarannya tergantung pada jalur masuk mahasiswa baru. Jalur masuk pendaftaran akan menentukan kelompok UKT serta pengenaan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Hanya jalur mandiri yang diharuskan membayar biaya SPI, sedangkan jalur lainnya tanpa dibebani uang pangkal. Kisaran biaya kuliah di PNP adalah Rp.250.000-Rp. 6.000.000.

PNP yang memiliki kampus dengan konsep green campus, gedung PKM, lobi utama, laboratorium, parkir khusus disabilitas dan juga taman kampus ini juga menyabet peringkat ketiga Satker Beprestasi (2019).  PNP juga menempati peringkat 8 Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik Indonesia (2019) dan peraih Juara Harapan 2 Pengelola Aset Terbaik pada (2018).

Perguruan tinggi bervisi “menjadi Institusi Pendidikan Vokasi terbaik di Asia Tenggara pada 2025” ini tercatat memiliki  297 orang dosen dengan rincian, sebanyak 26 orang lulusan S3 dan 271 orang lulusan S2. Jumlah mahasiswa PNP mencapai 4.355 orang. Mereka tersebar di 7 jurusan yang terdiri dari 21 program studi D-3 dan D-4.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis

Fotografer: Naswiradianto