Kuota Sekolah untuk SNMPTN Diumumkan 28 Desember 2020

LTMPT Fasilitasi Tes Masuk Politeknik Negeri 2021:
Kuota Sekolah untuk SNMPTN Diumumkan 28 Desember 2020

 

PNP News. Salah satu yang membedakan seleksi masuk PTN tahun 2021 dari tahun sebelumnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bakal memfasilitasi tes masuk politeknik negeri. Ada 40 politeknik yang sudah bekerja sama dengan LTMPT untuk menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru pada 2021.

 

 

Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana LTMPT Budi Widyobroto dalam sosialisasi daring seleksi masuk PTN 2021, Jumat, 12 Desember 2020.

Lebih jauh dikatakan, kuota setiap sekolah untuk Seleksi Nasional Masuk Pergurua Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan diumumkan pada 28 Desember 2020. Oleh karena itu, sekolah diminta mengecek status masing-masing di Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

 

 

Sebetulnya pada 2021, jalur masuk PTN masih sama seperti tahun sebelumnya yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN), dan Jalur Mandiri. Untuk jalur yang pertama ialah SNMPTN 2021. Agar memberikan gambaran pada calon peserta SNMPTN 2021, maka LTMPT menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021 secara daring.

 

 

Sebelas Tahap SNMPTN

Adapun 11 tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 tersebut adalah pengumuman kuota oleh LTMPT Bagi sekolah sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa; registrasi akun LTMPT bagi sekolah Wajib bagi sekolah yang belum punya akun LTMPT; registrasi sekolah melalui laman https://portal. ltmpt.ac.id; registrasi akun LTMPT bagi siswa Wajib, bagi semua siswa kelas 12 melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id; menentukan calon peserta Berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-Pusdatin Kemendikbud atau EMIS-Pendis Kemenag oleh sekolah; pengisian PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa); pendaftaran SNMPTN 2021; dalam pilihan PTN dan program studi, pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN; pengunggahan portofolio wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga.

 

 

Seleksi Jalur SNMPTN 2021 berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN; pengumuman kelulusan hasil SNMPTN 2021; dan pendaftaran ulang sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa tersebut dinyatakan diterima.

“Sekolah diberikan kepercayaan untuk memasukkan nilai atau penentuan nilai itu menjadi kewenangan sekolah. Namun demikian, yang diisikan di PDSS itu hanya siswa yang pantas dan memenuhi syarat,” terang Budi. Untuk informasi yang lebih jelas dan valid, pihaknya juga mengimbau pihak sekolah untuk terus memantau perkembangan info, termasuk ketentuan mengisi PDSS yang akan diunggah di laman LTMPT.

 

 

LTMPT memastikan kuota setiap sekolah untuk SNMPTN 2021 diumumkan pada 28 Desember 2020. Sebelum itu, sekolah diminta mengecek status masing-masing di Pusdatin milik Kemendikbud. Sehubungan dengan itu, sekolah bisa memperbaharui statusnya hingga 23 Desember 2020. Data Pusdatin ini jadi acuan LTMPT untuk menetapkan kuota masing-masing sekolah di SNMPTN 2021. Dasarnya adalah akreditasi sekolah dan jumlah siswa secara paralel, baik IPA maupun IPS.

Sehubungan dengan pengumuman kuota masing-masing sekolah pada 28 desember 2020, sekolah masih bisa menyanggah pengumuman tersebut. Layanan masa sanggah tentang kuota selambatnya pada 15 Januari 202, pukul 15.00 WIB, pungkas Budi.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis