PNP Sukses Gelar iCAST 2020; Polnes Siap Jadi Tuan Rumah iCAST 2021

PNP Sukses Gelar iCAST 2020; Polnes Siap Jadi Tuan Rumah iCAST 2021

 

PNP NEWS. Konperensi Internasional Sains dan Teknologi Terapan (iCAST) 2020 bertema “Teknologi Hijau di Masa Pandemi” yang digelar secara daring pada 24-25 Oktober 2020 berlangsung sukses di tengah pandemi Covid-19. Semua manuskrip yang dipresentasikan oleh 290 orang peserta dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri dalam pertemuan bergengsi itu dipastikan segera publish di IEEExplore yang terindeks scopus dan di Atlantis Press yang terindeks Web of Science (WOS). Selanjutnya konperensi akbar besutan Forum Direktur Politeknik se-Indonesia (FDPNI) ini merekomendasikan Politeknik Negeri Samarinda sebagai pemegang amanah penyelenggara iCAST 2021.

 

 

Ketua Umum Penyelenggara, Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom. menuturkan, diangkatnya tema “Teknologi Hijau” atau Green Technology yang menjadi salah satu perhatian pemerintah di masa pandemi virus Covid-19 ini, bertolak dari harapan Politeknik se-Indonesia untuk menggerakkan kembali teknologi hijau di tengah masyarakat. “Artinya, para peneliti dan akademisi yang terlibat dalam iCAST diharapkan bisa memotori kembali teknologi hijau di masa pandemi Covid-19 ini di tengah masyarakat,” terang Doktor yang meraih gelar “Insinyur” dari Universitas Muslim Indonesia, Makassar pada 24 Oktober 2020, bertepatan dengan digelarnya iCAST 2020.

 

 

Dalam sambutannya, Ketua FDPNI, Dr. Zainal Arif, S.T., M.T., yang juga menjabat Direktur Politeknik Negeri Surabaya mengungkapkan terimakasihnya kepada duta-duta politeknik se-Indonesia yang berkontribusi sebagai peserta aktif dalam pertemuan ilmiah tersebut. Meskipun jumlah keikutsertaan mereka bervariasi dari setiap politeknik, setidaknya iCAST bisa menjembatani Politeknik se-Indonesia dalam proses pengembangan karya inovasi dosen untuk mendapatkan hak paten, HAKI, hak cipta, dan penghargaan lainnya, termasuk pengumpulan angka kredit kepangkatan.

 

 

Wakil Direktur 1, Revalin Herdianto, ST., M.Sc., Ph.D. dalam pidatonya menyatakan, hasil penelitian akademis yang diwadahi iCAST diharapkan dapat dipahami dan dimanfaatkan langsung oleh masyarakat luas melalui deseminasi dan sosialisasi bersama dalam skala internasional tersebut.

Dalam forum yang juga menggelar pameran produk inovatif dalam bentuk teknologi tepat guna, prototype, dan buku secara daring tersebut, Revalin juga mengucapkan terimakasih kepada 6 orang keynote speaker, yaitu Wikan Sakarinto, P.hD (Dirjen Pendidikan Vokasi), Prof. Kathleen B Aviso, dari De La Salle University Manila, Philipina, Assoc. Prof. Philip Thies, dari University of Exeter England, United Kingdom, Assoc Prof. Wahidul Biswas, dari Curtin University, Perth, Assoc. Professor Krista Danielle, dari De La Salle University Manila, Philipina, dan Assoc. Prof. Dr. Yuli Yetri, kebanggaan Politeknik Negeri Padang, Indonesia.

 

 

Selanjutnya, ia juga mengucapkan selamat kepada Polnes yang siap menjadi tuan rumah iCAST 2021. Dengan diterimanya amanah tersebut, berarti Politeknik Samarinda adalah Politeknik ke-4 penyelenggara iCAST. Tercatat, Polteknik Negeri Bali adalah penyelenggara iCAST perdana (2018), Politeknik Negeri Manado adalah penyelenggara iCAST kedua (2019), dan Politeknik Negeri Padang adalah penyelenggara iCAST ketiga (2020). Penyelenggara iCAST memang dimaksudkan dipilih secara bergilir dari 43 politeknik negeri se-Indonesia.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

 

d®amlis