Dalam upaya memperluas jejaring internasional dan menghadirkan wawasan global bagi mahasiswa vokasi, Politeknik Negeri Padang (PNP) menerima kunjungan resmi dari Management and Science University (MSU) Malaysia. Rombongan yang terdiri dari dua dosen dan empat mahasiswa ini disambut langsung oleh Wakil Direktur Bidang Kerja Sama, Ir. Ihsan Lumasa Rimra,SST.,M.Sc, DECN., bersama Kepala Jurusan Teknologi Informasi, Ronal Hadi, ST., M.Kom.
Kunjungan ini menjadi momen strategis bagi PNP untuk memperkuat kolaborasi akademik dan riset, khususnya dalam bidang pengembangan keterampilan pelayanan pelanggan (customer service) yang tetap relevan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan. Agenda utama kunjungan diisi dengan guest lecture bertema “Coping with Challenging Customers” oleh Dr. Norhidayah Binti Azman (Researcher, Senior Lecturer) dan Salasiah Binti Bahrin (Researcher, Coordinator FTWBL) dari Fakultas Pengurusan Perniagaan, MSU.
Wakil direktur bidang kerja sama PNP, Ir. Ihsan Lumasa Rimra,SST.,M.Sc, DECN, menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini menjadi bagian dari upaya PNP menyiapkan lulusan yang tidak hanya unggul secara teknis, tetapi juga memiliki soft skills yang dibutuhkan di dunia kerja global.
“Kemampuan menghadapi tantangan layanan pelanggan merupakan kompetensi lintas bidang yang sangat dibutuhkan di era industri berbasis layanan. Melalui kolaborasi ini, mahasiswa PNP mendapatkan wawasan internasional yang langsung dapat diaplikasikan,” ujarnya.
Suasana kegiatan berlangsung interaktif, dengan mahasiswa PNP aktif berdiskusi dan mengajukan pertanyaan. Materi yang disampaikan memberikan lima tips praktis menghadapi pelanggan, meliputi keterampilan komunikasi, pengelolaan emosi, hingga strategi penyelesaian masalah yang efektif.
Melalui kunjungan ini, PNP mempertegas komitmennya sebagai kampus vokasi bertaraf internasional yang siap membuka diri terhadap pertukaran pengetahuan, pengembangan keterampilan lintas negara, dan kerja sama strategis demi menghasilkan lulusan yang kompetitif di tingkat global.