Profil Lulusan Program Studi D4 Destinasi Pariwisata

  1. Memiliki kemampuan mengelola DMO (Destination Management Organisation) yang berbasis kearifan budaya lokal Minangkabau
  2. Memiliki kemampuan dalam mengembangan berbagai ide dan memutuskan alternative pilihan pengembangan destinasi terbaik pada tingkat mikro dan meso serta memperhitungkan risikonya
  3. Memiliki kemampuan menjalankan fungsi perencanaan pemasaran yang terintegrasi dengan menggunakan teknologi komunikasi informasi
  4. Memiliki kemampuan dalam perencanaan dan pengembangan produk event dalam tata kelola destinasi pariwisata yang berbasis kearifan budaya lokal Minangkabau
  5. Memiliki kemampuan membuat perancangan bisnis di bidang pariwisata yang mengedepankan budaya lokal, menganalisis resiko bisnis, regulasi dan sosial budaya untuk bisnis skala kecil menengah
  6. Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian terapan terkait pengembangan destinasi

Bidang Kerja :

Pengelola Objek dan daya tarik wisata (DMO), Tenaga ahli di konsultan pariwisata (peneliti muda, asisten peneliti, tenaga lapangan), Manager Sales dan Marketing Pariwisata, Event Organizer, Entrepreneur di Industri Pariwisata dan Hospitaliti, dan Peneliti di Bidang Pariwisata.

Mata Kuliah Utama

  1. Perencanaan Destinasi Pariwisata
  2. Pengelolaan Destinasi Pariwisata
  3. Pemasaran Destinasi Pariwisata
  4. Studi Kelayakan Destinasi Pariwisata
  5. Pengembangan Destinasi Pariwisata
  6. Pengelolaan SDM Pariwisata
  7. Sejarah Minangkabau
  8. Budaya Minangkabau
  9. Inovasi Pariwisata dan Pengembangan Produk
  10. Manajemen Acara
  11. Kewirausahaan