MoA PNP dan PT Kurnia Abadi: Siap Realisasikan Teaching Factory, Tenaga Ahli Quality Control & PKL Semester Ganjil 2020/2021

 

PNP News. Untuk menjadi pribadi yang sukses butuh kerja keras, etos kerja, dan disiplin yang tinggi. Kesuksesan itu pun tidak didapat dalam waktu relatif singkat. Namun saya yakin 5 atau 10 tahun ke depan adik-adik mungkin sudah berdiri di sini menggantikan kami.

 

Pernyataan Yogi Kurnia, S.Kom., M.T.I, Direktur PT Kurnia Abadi, perusahaan yang bergerak di bidang fabrikasi, supply barang-barang listrik dan aksesorisnya itu disambut tepuk tangan sekitar 460 orang mahasiswa SBMPN dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Gelombang Dua secara virtual, Senin, 10 Agustus 2020.

Kehadiran Yogi di kampus oranye itu, di samping menghadiri PKKMB juga untuk menyerahkan produk unggulan PT Kurnia Abadi dan penandatanganan MoA antara PNP dan perusahaan yang dipimpinnya. MOA atau Memorandum Kesepakatan itu adalah dokumen perjanjian yang dibuat kedua belah pihak untuk bekerja sama dalam proyek yang telah disepakati beberapa bulan sebelumnya (Memorandum of Understanding).

 

 

 

 

 

 

 

Ruang lingkup kerjasama kedua belah pihak meliputi teaching factory berupa pembuatan panel pengukuran langsung SPLN D3.015-1:2010 dan pembuatan panel pengukuran tidak langsung SPLN D3.015-2: 2012. Selain itu juga penyediaan pengajar industri untuk prodi Teknik Listrik dan Teknik Manufaktur, tenaga ahli quality control dari industri, dan penerimaan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Prodi Teknik Listrik dan Teknik Manufaktur Politeknik Negeri Padang selama 6 bulan di PT Kurnia Abdi.

Pelaksanaan Teaching Factory diatur dalam Surat Perjanjian Kerja (SPK). PNP berkewajiban menyediakan akomodasi dalam kegiatan pengajar industri. Selama PKL dan Teaching Factory, pihak PNP wajib mematuhi peraturan yang berlaku di PT Kurnia Abadi. Mahasiswa PNP berhak melaksanakan PKL dan Teaching Factory di PT Kurnia Abadi dan mendaoat fasilitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku di tempat pihak PT Kurnia Abadi. Kedua belah pihak berkewajiban saling memberikn informasi paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan.

 

PT Kurnia Abadi: Dari 10 Menjadi 100 Karyawan; dari Lokal Hingga Nasional

Dalam paparan motivasinya, Yogi berkisah, PT Kurnia Abadi berdiri sejak 1966 dirintis oleh ayahandanya. Awalnya cuma berupa bengkel saja dengan jumlah karyawan 10 orang. Alhamdulillah, berkat disiplin dan etos kerja yang tinggi, sekarang karyawan PT Kurnia Abadi sudah mencapai hampir 100 orang dengan kantor pusat di By Pass, Anak Air dan kantor lainnya di Komplek Polamas Blok C/17, Andalas Padang.

Produk andalan PT Kurnia Abadi Padang yang bergerak dalam industri alat listrik, aksesoris tiang listrik, dan kabel ini adalah tiang listrik besi, panel listrik, LS Board, pin post, line post, dan arrester. Salah satu produk unggulan PT Kurnia Abadi memang panel pengukuran langsung dan tidak langsung dan sudah mendapat lisensi dari PLN sehingga bisa didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Beberapa tahun terakhir perusahaan ini sudah bisa memasok material ke Pulau Jawa, terutama Jawa Tengah, Jogja, dan sekitarnya. “Pekan ini kami dalam proses tender untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Produksinya bisa puluhan ribu. Terimakasih atas kerjasama PNP, produksi politeknik membantu PT Kurnia abadi”, tutur Yogi yang kembali disambut tepuk tangan audiens, mahasiswa baru.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis

Berita Terkait