Ikatan Alumni Politeknik Negeri Padang: Jembatan Usai Wisuda Memasuki Dunia Kerja

 

PNP News. Alumni Politeknik Negeri Padang adalah salah satu ikatan alumni terbaik di Indonesia karena alumni yang dominan berada di Batam dan Kepulauan Riau, serta gampang ditemui di hampir seluruh daerah di Indonesia ini mampu menjadi jembatan bagi adik-adiknya yang baru wisuda menuju dunia kerja.

 

Hal itu diungkapkan Kepala Humas PT Angkasa Pura 2 Bandara Internasional Minangkabau, Fendrick Sondra sewaktu diwawancarai presenter Yolania Hanifah dalam program faktual dialog “Detak Sumbar” di Padang TV, Kamis, 17 Juli 2020.

 

 

Kehadiran Fendrick dalam talkhow tersebut adalah sebagai perwakilan alumni yang mendampingi Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Dr. Primadona, S.E., M.Si. dalam acara yang bermuatan testimonial dari mahasiswa-mahasiswa berprestasi Politeknik Negeri Padang.

Alumnus Angkatan 1999 ini lebih jauh mengungkapkan, tingginya peran alumni dibuktikan dari pengalamannya yang sering dihubungi almamaternya sekaitan dengan penerimaan mahasiswa magang ke BIM. Hal yang sama juga dialami oleh sebagian besar alumni yang sudah mapan di penjuru Nusantara. Ini menunjukkan Politeknik Negeri Padang sangat bagus dalam menciptakan proses setelah wisuda menuju dunia kerja dengan memanfaatkan peranan alumni, akunya.

Namun demikian, Fendrick menilai kinerja alumninya memang relatif kompeten. Alumni Jurusan Administrasi Niaga, khususnya Program Administrasi Bisnis, dalam posisi magang, jika ditempatkan di bagian mana saja di perusahaan relatif terpakai karena praktik kerja mereka sudah paham. Ditempatkan di Akuntansi, SDM, maupun Keuangan, terpakai mereka. Disuruh pegang komputer cepat beradaptasi meski untuk sistem yang baru dikenal.

Fendrick yang melanjutkan studi ke Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unand ini lebih jauh mengungkapkan, alumni Politeknik Negeri Padang yang bekerja di bandara internasional itu relatif banyak dan hampir dari setiap jurusan yang ada. Mereka bahkan sudah ada saja di bandara karena proses rekrutmennya dari Pusat, jelas alumnus perdana Politeknik Negeri Padang yang direkrut bandara ini.

Kiat menembus dunia kerja adalah membekali diri dengan kepercayaan diri, keterampilan komunikasi, sisanya keterampilan umum lainnya bisa dipelajari, tutur sosok yang menginginkan almamaternya membuka Prodi Komunikasi dan menekankan pentingnya media handling ini mengakhiri.

 

Jurusan Administrasi Niaga Unggul 5 Tahun Berturut-turut

Dalam gilirannya diwwancarai, Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Padang, Dr. Primadona, S.E., M.Si. menyatakan, dalam 5 tahun terakhir peminat Prodi Administrasi Bisnis mengungguli seluruh prodi yang ada di Politeknik Negeri Padang dalam menjaring peminat. Mahasiswa yang diterima juga lumayan banyak, 5 kelas setiap angkatan, ada 150 orang yang diterima.

 

 

Di sisi lain, Prodi Usaha Perjalanan Wisata beberapa tahun lalu masih menerima 1 kelas, baru pada 2 tahun belakang menerima 2 kelas. Namun peminat Usaha Perjalanan Wisata dari tahun ke tahun selalu meningkat, bahkan dalam penerimaan UMPN tahun kemaren mencapai 300-an. Itu pun hanya untuk porsi 30%. Artinya, PNP hanya menerima 20 orang dari peminat 300-an.

Dalam “Detak Sumbar” itu Jurusan Administrasi Niaga menampilkan testimonial beberapa orang mahasiswa berprestasinya yang menjalani program 2+i IAC, Indo-Taiwan.

 

 

d®amlis

 

 

Berita Terkait