SIARAN PERS

Nomor: TR/03/UPTH/PR/V/2020

 

 

SBMPN 2020 Dibuka Hingga 25 Juni Dengan Sistem Seleksi Portofolio:

PNP Sediakan 22 Prodi yang Sesuai Passion dan Bervisi Jelas

 

 

Padang-Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 resmi dibuka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud bersama Forum Politeknik Negeri Se-Indonesia melalui video conference, Selasa, 19 Mei 2020. Khusus Politeknik Negeri Padang, pada Tahun Akademik 2020/2021 siap menerima 1552 orang dengan menyediakan 55 kelas dari 22 program studi yang ditawarkan. Jumlah tersebut direkrut dari jalur SBMPTN 153 kursi, SNMPN 428 kursi, SBMPN 601 kursi, dan seleksi mandiri 370 kursi.

Hal itu diungkapkan Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri dalam San u iteknik yang sudah dikenal,  mahasiswa % dan sisanya 20% untu jalur mandiri. prodi yang ada di 2 pilihan politeknik yang dosialisasi Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) Tahun 2020 secara daring via aplikasi Zoom, 21 Mai 2020.

SBMPN adalah jalur seleksi masuk politeknik negeri yang dulunya disebut Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Mekanisme pendaftarannya tidak banyak berbeda. Seleksinya sama dengan SNMPN dan bisa diikuti oleh lulusan SMA, SMK, MA, dan lulusan Kejar Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020. Dikarenakan wabah Corona tahun ini yang membuat pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPBB), penjaringan mahasiswa dilakukan secara portofolio. Calon peserta wajib mengunggah (meng-upload) data prestasi mulai dari semester 1-6.

Di sisi lain, untuk calon mahasiswa yang kurang mampu dapat memanfaatkan  Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sama seperti calon mahasiswa lainnya, mereka dapat melamar ke 42 politeknik yang ada di Indonesia dengan biaya pendaftaran Rp. 150.000 hingga 25 Juni 2020.

Alur pendaftarannya menurut Wakil Direktur 1 PNP, Revalin Herdianto, peserta cukup melakukan registrasi dengan memasukkan NISN, e-mail, dan 3 pilihan prodi yang ada di 2 pilihan politeknik yang diminati. Kemudian calon mahasiswa melakukan pembayaran pendaftaran, selanjutnya login ‘kmemasukkan kata sandi guna mendapatkan hak akses’ dan melakukan pengisian data untuk proses finalisasi.

Revalin lebih jauh menjelaskan, kuota penerimaan tahun 2020 ini di tiap politeknik di Indonesia terdiri dari  SBMPN 40%, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 30% dan sisanya 30% untuk jalur mandiri.

Mengutip pesan Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dalam launching SBMPN, Direktur mengingatkan agar calon mahasiswa menjadikan pendaftaran kuliah ini sebagai momen untuk    menentukan  dan   meneguhkan passion ‘minat dan bakat’  dan menetapkan cita-cita hendak menjadi apa setelah tamat kuliah.  Pilih program studi yang diingini dan memiliki visi yang jelas, di Politeknik yang sudah dikenal, dan tidak perlu ikut-ikutan teman, demikian Direktur.

Sebagai panduan program studi, calon mahasiswa dapat melihat pada web: https://penerimaan.pnp.ac.id. Informasi  lengkap  serta tata   cara   pendaftaran Jalur  SBMPN  dapat diakses  melalui laman https://sbmpn.politeknik.or.id dengan cara  login  menggunakan username dan password yang   akan   diberikan   kepada  peserta  setelah  melakukan  registrasi  dan pembayaran biaya pendaftaran. Selanjutnya  pendaftar  diarahkan  untuk  memasukkan data secara online.

 

Padang, 21 Mei 2020

  1. E-mail: pnp@gmail.com/ humas@pnp.ac.id
  2. Facebook: pnp@gmail.com
  3. Instagram: humas_pnp
  4. Twitter: @humas-pnp
  5. Page: Humas Politeknik Negeri Padang

 

  UPT Humas Politeknik Negeri Padang – [FA.05.21.2020: 12.10 AM]         

Release                                                                                                                  

Berita Terkait