Atqkan, ST, MM, CITF, Ph.D Candidate:

______

“Mahasiswa Sebaiknya Aktif Berorganisasi, Tidak Terfokus Kuliah Saja!”

 

PNP News. Kepala Divisi Perbankan Internasional PT Bank Bukopin Tbk, Atqkan, ST, MM, CITF, Ph.D Candidate imbau mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP) untuk terlibat aktif dalam organisasi meskipun sistem perkuliahan memberi target dan membatasi mereka sehingga harus tamat sesuai waktu.

 

Imbauan itu disampaikan Alumnus PNP, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Elektronika Angkatan 2002 ini dalam Sharing Session with Alumni “Peran Perbankan Dalam Perdagangan Internasional” yang dilangsungkan via zoom, Kamis, 7 Mei 2020.

Keaktifan dalam organisasi menurutnya memberikan keuntungan, antara lain menambah pengetahuan non teoritis, tapi dari dunia nyata dan masyarakat, memperluas jaringan dan relasi hingga politisi dan pejabat, memiliki banyak teman dari luar kampus, mengasah keterampilan sosial dan komunikasi, dan bisa mengasah dan mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan yang dimiliki.

Secara pribadi Atqkan merasakan manfaat yang besar dari aktifitasnya selama berstatus mahasiswa di profesinya sekarang. Perdagangan internasional yang digelutinya menuntut orang-orang yang bisa berkomunikasi, punya jaringan dan peka terhadap persoalan masyarakat internasional. Hal itu dikarenakan ancaman dalam perbankan internasional adalah menghadapi risiko yang dialami oleh para importir dan eksportir serta bagaimana bank bisa membantu mereka menghadapi risiko-risiko tersebut.

Atqkan yang mengaku tidak menyesal memilih profesi yang tidak linear dengan ilmu yang didapatnya di Politeknik ini, merinci masalah yang dihadapi para eksportir yang biasanya berkisar pada masalah jarak, kelayakan kredit, pembeli, perselisihan, dan pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah. Di sisi lain, masalah yang dihadapi parta importir adalah kedatangan barang yang terlambat, barang yang rusak, barang yang tidak sesuai permintaan, begitu juga dengan spesifikasinya.

Untuk kesemua problema tersebut, bank akan menerapkan kode praktik internasional, mempertahankan kontrol barang atas nama eksportir, memberikan dukungan finansial terhadap mereka pada transaksi, dan bertindak sebagai saluran komunikasi untuk pembayaran, jelasnya dalam sharing session yang dipandu oleh Ketua Jurusan Akuntansi, Amy Fontanella ini.

Keterampilan komunikasi, misalnya sangat dituntut dalam praktik Negotiating Bank. Dalam konteks ini bank melakukan negosiasi atau mengambil alih dokumen dan menagih pembayaran kepada Issuing Bank berdasarkan dokumen yang yang ditarik atas dasar suatu Letter of credit (L/C). L/C adalah suatu surat pernyataan yang dikeluarkan oleh issuing bank atas permintaan pembeli/ importer yang ditunjukkan kepada penjual/ eksportir atau pihak terkait.

Fungsi L/C ini adalah sebagai janji bank-bank dalam menyelesaikan transaksi komersial internasional, Memberikan pengamanan pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi yang diadakan, Memastikan adanya pembayaran jika persyaratan L/C telah dipenuhi. Bagi bank merupakan instrumen yang didasarkan hanya atas dokumen dan bukan atas barang, dan Membantu issuing bank (bank penerbit) memberikan fasilitas pembiayaan kepada importir dan memonitor penggunaannya.

 

Atqkan bersama rekan seangkatannya, mahasiswa Teknik Eektronika Angkatan 2002

 

Aspek pentingnya, menurut Atqkan yang sempat menjalani Study Visit Koperasi Eropa Barat “Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia” (22 April – 1 Mei 2018), Harkopnas ke-70 Makassar “Masyarakat Perkoperasian Indonesia (11-14 July 2017), dan Invention, Innovation & Design Exposition (IIDEX) 2019 Universiti Teknologi MARA Shah Alam, Malaysia (10-15 Sept 2019) ini adalah jika terjadi pengalihan kredibilitas penjamin pembayaran dari importir kepada issuing bank dan adanya persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh penerima agar pembayaran dari issuing bank efektif.

Organisasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan dalam diri seseorang. Meskipun dalam kelas ada pembagian kinerja, seperti ketua kelas, sekretaris, bendaharaa, dan sebagainya, dalam organisasi ruang lingkupnya lebih luas.

“Pembagian kerja berdasarkan team work akan mengasah kepercayaan diri dan dalam mempengaruhi orang lain pada suatu tujuan yang kita maksudkan”, pungkas mahasiswa yang terdaftar di S-3 Degree, Accounting Research Institute, Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia, The Title of Dissertation is Determinant of Money Laundering Intention Among Bank Employees in Indonesia ini.

 

d®amlis

Berita Terkait