Inspiratif, Alumni PNP Duri Sediakan Rumah Singgah bagi Junior Baru Wisuda

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Inspiratif, Ikatan Alumni Politeknik Negeri Padang (IAP) Duri berhasil mendirikan rumah singgah yang beralamat di Jalan Aman Gate 3 Chevron Pacific Indonesia (CPI) Duri, untuk memfasilitasi para lulusan baru yang tengah berjuang di daerah itu, namun masih terkendala mencari tempat tinggal.

Kini, rumah singgah yang baru saja diresmikan pada Minggu (9/2/2020) kemarin sudah menghasilkan energi positif terhadap alumni yang berada di Kota Atas Bawah Minyak, julukan dari Kota Duri.

Berawal dari inspirasi pengurus IAP Duri untuk menyediakan sarana berkumpul, saling berbagi informasi dan menguatkan silaturrahmi antar alumni. Maka terbentuklah sebuah tempat yang diberi nama Barak IAP Duri.

“Alumni Politeknik di Duri itu kan banyak, kami belum punya sekretariat dan tempat kumpul, awalnya itu dulu. Jadi setelah kami dibentuk pak direktur kemarin, gebrangkan awal buat itu dulu (sekre, red),” kata Ketua Pengurus IAP Duri, Doni Hendra saat dihubungi, Kamis (13/2/2020).

Selain sebagai Sekretariat, Doni Hendra menyebut, tempat tersebut juga dirancang multifungsi. Antara lain sebagai rumah singgah, dalam artian jika ada alumni yang masih mencari pekerjaan ataupun yang belum memiliki tempat tinggal bisa menginap di Barak IAP Duri tersebut.

“Setelah tempatnya ada kami kembangkan lagi walaupun belum jalan 100 persen ya. Jadi tempat itu selain sekre juga jadi rumah singgah,” jelas Doni Hendra.

Tak hanya itu, Doni Hendra menyebutkan, tempat tersebut juga disulap sebagai rumah kerja yang prinsipnya untuk berbagi informasi terkait lowongan pekerjaan. Serta, pihaknya juga membekali trik-trik sukses mendapatkan pekerjaan bagi para junior yang baru lulus kuliah.

“Informasi di situ kita sebarkan, karena anak-anak yang mau interview dan melamar kan perlu bekal juga. Misalnya dia melamar diposisi A, ini kan harus dikasih tahu dulu biar mereka dapat gambaran sebelum interview,” sebut Doni Hendra.

Kemudian rumah usaha, kata Doni Hendra, ini juga bisa menjadi tempat usaha bagi alumni atau kolega alumni yg berminat untuk menjalankan usaha. Untuk awal bahkan sudah dibuka mulai dengan usaha sarapan pagi yang dipublikasi dengan nama Mak Nyak IAP.

“Rumah usaha ini jelas mana yang punya usaha baik itu usaha kecil-kecilan seperti sarapan atau usaha apa pun di situ juga bisa. Sekarang juga sudah ada usaha sarapan pagi dengan memberdaykan orang tua mahasiswa poli,” tambah Doni Hendra.

Dengan adanya Barak IAP Duri tersebut, Doni Hendra berharap, alumni Politeknik Negeri Padang dapat bersatu dan kuat dalam mengembangkan Politeknik Negeri Padang. Serta, rumah singgah ini menjadi solusi bagi lulusan PNP yang terkendala tempat tinggal kala mencari kerja di Duri.

“Kami berharap dengan adanya Barak IAP Duri ini alumni saling bersinergi dengan kampus sehingga Politeknik lebih dikenal,” tukasnya. (*)

 

Sumber: https://www.harianhaluan.com/mobile/detailberita/86670/inspiratif-alumni-pnp-sediakan-rumah-singgah-bagi-junior-baru-wisuda

 

Berita Terkait