SMKN 1 Payakumbuh berhasil menggungguli SMKN 2 Bukittinggi, setelah bersaing ketat dalam pengumpulan tropi terbanyak dan skor tertinggi dalam kompetisi tahunan Business Administration Contest (BAC) 2018 di kampus PNP. Dengan demikian, siswa andalan SMKN 1 Payakumbuh, Annisa Arianti, berhak mendapatkan tiket masuk PNP tahun akademik mendatang tanpa tes  (17/11/18).

 

Annisa saat kelas XI Ap3 tahun lalu juga meraih Juara 1 Lomba Penyusunan Itenerary ‘Rencana Perjalanan’, disusul Rani Sintia Juara 3. Karena itu pula dalam BAC tahun lalu sekolah yang  mendapat lisensi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) untuk uji kompetensi ini memperoleh 2 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Di sisi lain, SMKN 2 Bukittinggi tercatat sebagai sekolah kejuruan yang meraih peringkat pertama UN tingkat provinsi Sumatera Barat 7 kali berturut-turut (2002-2009) dan  sekolah pertama di Sumatera Barat yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000, menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, dan menjalin kerja sama atau Sister School dengan Sekolah Teknik Tuanku Ja’far Seremban Malaysia.

 

Kompetisi Fair

Wakil Direktur 3, Junaldi, ST., MT dalam sambutannya menyatakan, kompetisi itu fair dan dosen yang menjadi juri dalam semua materi lomba BAC tak perlu diragukan lagi kompetensinya. Mereka dominan sudah mengantongi sertifikat asesor ujian kompetensi yang dikeluarkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), jelas Junaldi.

Lebih jauh dijelaskan, salah satu syarat pendaftaran calon tenaga kerja adalah memiliki sertifikat kompetensi. Mereka yang tidak memiliki sertifikat kompetensi dianggap tidak memenuhi syarat.

 

Susunan Pemenang Lomba

 

Foto bersama pemenang lomba kompetisi tahunan Business Administration Contest (BAC) 2018

 

Adapun susunan pemenang lomba menurut Ketua Panitia Penyelenggara Sepri Neswardi, SE., MM., M.Si. adalah sebagai berikut: Juara 1  Kecepatan Mengetik diraih oleh Muhammad Fajri (SMKN 2 Bukittinggi), Juara 2 Muhammad Refi (SMKN 2 Bukittinggi), dan Juara 3 Riza Julianti (SMKN 1 Sawahlunto).

Untuk Lomba Kas Kecil,  Juara 1 diraih oleh Raynaldi (SMKN 1 Painan), Juara 2 Andini Winata Putri (SMKN 3 Padang), dan Juara 3 Kurnia Handayani (SMKN 2 Bukittinggi).

Untuk Lomba Service Excellent Juara 1 diraih oleh Gaby Amalia Rivani (SMKN 3 Padang), Juara 2 Gusti Rahayu (SMKN 1 Payakumbuh), dan Juara 3 Diana Mutiara (SMKN 1 Sawahlunto).

Untuk Lomba Persiapan Rapat, Juara 1 diraih oleh Annisa Arianti (SMKN 2 Payakumbuh, Juara 2 Windi Saputri (SMKN 2 Bukittinggi), dan Juara 3 Laila Turahmi (SMKN 2 Bukittinggi).

Untuk Lomba Filling Contest Juara 1 diraih oleh Riska Saputri (SMKN 2 Bukittinggi), Juara 2 Lili Anggraini (SMKN2 Enam Lingkung), dan Juara 3 Aidil Suci Hayati (SMKN 1 Sawahlunto).

Juara Lomba Presentasi Bahasa Inggris diraih oleh Natasya Putri Latifa (SMKN 2 Bukittinggi), Juara 2 Halivia Chair Kurniawan (SMKN 3), dan Juara 3 Sri Mayang Indah (SMKN 1 Painan). Khusus untuk perguruan tinggi diraih oleh Indah Putri Kayuri (PNP).

Juara 1 Lomba Master of Ceremony Upacara Perguruan Tinggi diraih oleh Deva Ramadhani, Juara 2 Ryan Rahmad, dan Juara 3 Tri Anesha Rahmi. Ketiganya berasal dari PNP.

Untuk Lomba Pengolahan Data, Juara 1 diraih oleh Westri (SMKN 1 Payakumbuh), Juara 2 Cahyati (SMKN 2 Bukittinggi), dan Juara 3 Fitri Yuliani (SMKN 1 Sawahlunto).

Juara 1 Penanganan Telepon diraih oleh Annisa Arianti (SMKN 1 Payakumbih), Juara 2 Diana Mutiara (SMKN 1 Sawahlunto), dan Juara 3 Widury Amanda (SMKN 1 Sawahlunto).

 d®amlis

Berita Terkait