HIGHLIGHT PNP 2021

Highlight Jurusan Akuntansi 2021

Tutup 2021, D-3 Akuntansi PNP Terakreditasi Unggul

PNP News. Mengakhiri 2021, Program Studi D-3 Akuntansi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang dinyatakan “Terakreditasi Unggul” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Bernomor  13683/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2021 dan tanggal kadaluarsa 28 Desember 2026. Dengan demikian Program Studi ini berhasil mengungguli Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi di Jurusannya sendiri yang sebelumnya “Terakreditasi A”.

Ketua SPM PNP, Dr. Ir. Sukatik, M.Si. mengungkapkan, sebelumnya, 20 Desember 2021, BAN-PT juga mengeluarkan peringkat akreditasi unggul untuk 5 program studi Teknik Konstruksi Sipil, Manajemen Pemasaran, Teknik Kimia, Administrasi Bisnis, dan Analis Kimia yang kelimanya berada di bawah naungan Politeknik Negeri Bandung (Polban).

Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) di Politeknik Negeri Ambon

 Jurusan Akuntansi PNP didirikan pada 1997 dengan hanya 1 (satu) program studi yaitu D-3 Akuntansi. Pada tahun-tahun awal pendirian, banyak keterbatasan dan kendala yang harus dihadapi oleh Jurusan Akuntansi. Tiga tahun pertama, Jurusan Akuntansi masih minim fasilitas dan sumber daya. Mayoritas staf pengajar yang ada saat itu memiliki latar pendidikan ilmu ekonomi. Hanya satu orang staf pengajar yang berlatar belakang Sarjana Ekonomi Akuntansi. Mengatasi kekurangan staf pengajar tersebut,  beberapa orang dosen non PNS diperbantukan untuk mengajar mata kuliah Akuntansi sembari satu per satu dosen bergelar Sarjana Ekonomi Akuntansi direkrut melalui seleksi PNS oleh PNP, terang Amy Fontanella, Ketua Jurusan Akuntansi.

Upaya lain yang dilakukan adalah dengan mengikuti kompetisi hibah bersaing Dikti, seperti: Semi – Quality for Undergraduate Education (Semi Que V)  pada 2003-2004, Program Hibah Kompetisi (PHK) A2 pada 2006-2008, Hibah Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi pada 2013, hibah Sistem Pembelajaran Daring (Spada) pada 2019, Program Retooling Pendidikan Vokasi pada 2019; dan terakhir Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (P3TV) pada 2020. Perolehan hibah-hibah ini memberikan dampak yang sangat besar dalam perkembangan Jurusan Akuntansi baik dalam hal peningkatkan SDM, sarana prasarana, tata kelola, kurikulum, dan juga kualitas lulusan.

Pada 2005, Jurusan Akuntansi mengajukan pendirian Program Studi (Prodi) baru yaitu D-4 Akuntansi. Pada awal pendirian, beberapa kelas kerjasama dilakukan pada program D-4 Akuntansi yaitu Kelas Kerjasama dengan Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan (Dikmenjur), kerjasama dengan Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN) Kementerian Pendidikan Nasional. Baru pada 2009, D-4 Akuntansi membuka kelas reguler dan menerima mahasiswa angkatan pertama. Pada 2020, Jurusan Akuntansi juga membuka Program Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi (MTSIA) dan pada 2021 juga menerima mahasiswa baru untuk Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) D-3 Akuntansi Kampus Solok Selatan.

Accountancy x culture Malaysia-Indonesia (Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang dengan UITM Cawangan Melaka)

 Tercatat pada 2021, Jurusan Akuntansi memiliki 41 orang dosen dengan kualifikasi S-2 dan S-3 dengan rincian, dari Program Studi D-3 Akuntansi 23 orang, Program Studi D-4 Akuntansi 13 orang, dan Program Magister (S2) Terapan Sistem Informasi Akuntansi (MTSIA) 5 orang. Dari  jumlah  tersebut, 34 orang memiliki sertifikat pendidik dan 33 orang memiliki sertifikat kompetensi.

Dari sisi tingkat pendidikan Jurusan Akuntansi memiliki 6 dosen yang sudah S-3.  Menurut sebaran jabatan fungsional, masih terdapat 1 orang dosen yang berstatus CPNS.  Selain Dosen, Jurusan Akuntansi juga memiliki 5 orang tenaga kependidikan, yang terdiri dari tenaga administrasi 3 orang, teknisi 1 orang dan pustakawan 1 orang.

Pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, jumlah mahasiswa yang terdaftar mencapai 665 orang, dengan rincian 280 orang mahasiswa Program Studi D-3 Akuntansi, 26 orang mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Solok Selatan, 337 orang mahasiswa Program Studi D-4 Akuntansi dan 22 orang mahasiswa Program Studi MTSIA.

Webinar Introduction to Data Analytics

Mahasiswa Program D-4 Akuntansi paling lincah dan gesit dalam mengikuti kompetisi. Selama 2021, mereka berhasil unggul dalam 3 ajang kompetisi bergengsi. Sania Putri Alisya dan Wina Nofrima Putri dari Program D-4 Akuntansi berhasil menyabet Juara 1 Hexagon War, Nabila berhasil merebut gelar Best Paper dalam International Conference on Business and Accounting, dan Nadhifah menjadi Juara 1 SEF English Talent Competition.

Selama 2021, Jurusan yang dikenal enerjik ini berhasil menggelar Rapat Kerja Jurusan Akuntansi, Pelatihan Financial Modelling dan Market Valuation (FMVA), Pelatihan Dasar Muamalah Maliyah dan Fatwa DSN-MUI, Pelatihan IDEA Software, Pelatihan Professional Development Program, Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester Jurusan Akuntansi, Pematangan Konsep MBKM Jurusan Akuntansi, Akreditasi Prodi D3 Akuntansi, dan Penyusunan Modul Ajar Ber-ISBN.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

d®amlis

Berita Terkait