Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Resmi Dibuka 3 Januari-18 Maret 2022

 

PNP News. Dengan menggandeng Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi meresmikan Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022, di Jakarta, Senin, 3 Januari 2022. Untuk informasi dan pendaftaran, sekolah dapat mengakses laman https://snmpn.politeknik.or.id.  Setelah mendaftar mereka akan menerima username dan password untuk login dan merekomendasikan serta mendaftarkan siswa-siswa terbaik. Siswa yang direkomendasikan juga diberi usemame dan password untuk memasukkan data secara online. Pendaftaran dibuka 3 Januari-18 Maret 2022 dan diperuntukkan khusus bagi siswa yang lulus tahun 2022.

 

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, yang bertindak selaku narasumber sekaligus pejabat yang meresmikan peluncuran SNMPN 2022 tersebut berpesan agar para siswa benar-benar cermat memilih program studi yang ada di Politeknik tujuan, bukan sekedar ‘yang penting kuliah’. Jangan salah pilih prodi, karena proses yang berjalan di perguruan tinggi membutuhkan input yang sesuai, baik dari sisi pendidikan maupun keahlian. Ada banyak prodi favorit, namun proses yang berjalan akan membentuk karakteristik lulusan sesuai dengan minat dan bakat, imbuhnya.

 

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., meresmikan SNMPN 2022 secara hybrid (03/01/2022).

 

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) ini merupakan jalur seleksi pendidikan tinggi vokasi yang dapat dipilih oleh siswa SMK, SMA dan MA di seluruh Indonesia. Tahun depan akan bergabung pula Akademi Komunitas Negeri (AKN). Selama ini, SNMPN menjadi jalur alternatif untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Vokasi Politeknik. Meski jumlah pendaftar pada 2021 menurun, bukan berarti jalur ini kurang diminati. Berdasarkan data jumlah pendaftar SNMPN pada 2020, terdapat 214,507 orang siswa yang bergabung untuk 2 jalur pilihan program saat itu, yaitu D-3 dan Sarjana Terapan. Pada 2021 pendaftarnya turun menjadi 128.547 orang siswa dengan 1 jalur pilihan program D-3 saja. Program Sarjana Terapan jalurnya bergabung dengan seleksi LTMPT.

 

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Dr. Ing. Ahmad Taqwa, MT, bersama beberapa perwakilan Direktur Politeknik pada Peluncuran SNMPN 2022.

 

“Penurunan ini wajar mengingat peminat program Sarjana Terapan (D-4) tidak bergabung lagi dengan jalur SNMPN. Peminat program Sarjana Terapan dianjurkan mengikuti seleksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi  (LTMPT), yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Jadi bisa dikatakan, jalur SNMPN ini masih diminati, bahkan untuk bergabung ke Politeknik, masyarakat bisa memanfaatkan beberapa jalur seleksi, sesuai kebutuhan masing-masing siswa,” jelas Ketua FDPNI, Ahmad Taqwa di sela-sela acara peluncuran SNMPN 2022.

Ahmad Taqwa juga berpesan agar para pendaftar tahun ini harus lebih jeli dalam memilih program studi yang dituju. “Ada beberapa program studi di Politeknik yang sedang bermigrasi dari D-3 ke Sarjana Terapan (D-4). Oleh karena itu, siswa yang ingin mendaftarkan diri, perlu melakukan cek prodi pilihan. Intinya, lebih jeli lagi dalam mengambil keputusan pilihan prodi,” tekannya.

 

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Dr. Ing. Ahmad Taqwa, MT, menyampaikan sambutannya pada Acara Peluncuran SNMPN 2022

 

Sama seperti pada 2021, SNMPN 2022 merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan ke Diploma 3 (D-3) Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Sementara, jenjang Sarjana Terapan akan melakukan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN yang diselenggarakan oleh LTMPT.

Jalur SNMPN diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak melalui seleksi portofolio prestasi akademik dan non akademik. Potret prestasi dilakukan selama siswa mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

 

Poster dan Undangan Peluncuran SNMPN 2022

 

Terkait biaya, calon peserta/ siswa melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya pendaftaran sepeser pun. Jalur SNMPN ini juga terbuka bagi calon peserta/ siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah.  Calon peserta/siswa pun dapat mengajukan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Peluncuran SNMPN 2022 tersebut dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dan dihadiri oleh 44 Direktur Politeknik se-Indonesia, Kepala Sekolah SMK/SMA/MA/MAK se-Indonesia dan para Guru Bimbingan Konseling. Hadir sebagai narasumber, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Dr. Ing. Ahmad Taqwa, MT, dan Mursid Triasmanto, Staf Analis Statistik PUSDATIN, Kemendikbudristek.

Informasi selengkapnya mengenai SNMPN bisa diunduh melalui https://snmpn.politeknik.or.id dan
media sosial Instagram : @PoliteknikAhlinya, Twitter : @PoltekAhlinya, dan Facebook : PoliteknikAhlinya

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 (d®amlis/ Rel)

Berita Terkait