Rikky Vitria dan Sariani Ungguli 2021 Leadership Award & Communicative Employee of the Year

 

PNP News. Rikky Vitria, S.S.T., M.Sc., Eng., Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Sariani, S.S., M.A., Appl. Ling., anggota Senat Politeknik Negeri Padang dari Jurusan Bahasa Inggris, masing-masing keluar sebagai Juara 1 Anugerah Kepemimpinan dan Karyawan Komunikatif 2021 (2021 Leadership Award & Communicative Employee of the Year) yang dihelat di Pangeran Beach Hotel, tengah November 2021.

 

Untuk kategori Anugerah Kepemimpinan (Leadership Award), Rikky Vitria, dibayang-bayangi oleh Mantan Dosen Berprestasi Politeknik Negeri Padang, Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom., dan Zulhendri, S.T., M.T., Kepala Bengkel Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin yang kebetulan saat itu menjabat Koordinator Bidang Olahraga Dies Natalis Politeknik Negeri Padang yang ke-34.

 

 

Dalam kategori Karyawan Komunikatif 2021 (Communicative Employee of the Year), Sariani dibayang-bayangi oleh Sukartini, S.E., M.Kom. Ak., CA., Ketua Pusat Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (P3AI), wajah baru Etrizal, dari Jurusan Teknik Sipil.

 

 

Selanjutnya, untuk Runner Up kategori Anugerah Kepemimpinan (Leadership Award), Era Madona, S.S.T., M.Sc., Kepala UPT Pengembangan yang juga alumnus Politeknik Negeri Padang membayang-bayangi Zulhendri, dan menyusul Era Madona adalah Yuhedmi Noeva, S.Sos., M.Pd., satu-satunya pemimpin dari karyawan berlatar non dosen. Menyusul Noeva, Sepri Neswardi, S,E., M.M., M.Si., Koordinator Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Niaga yang pernah tercatat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen yang berurusan dengan pengelolaan proyek dan pengadaan barang.

 

 

Sementara Runner Up 1 kategori Karyawan Komunikatif 2021 (Communicative Employee of the Year) disabet oleh Abdul Jamal, S.H., Pengelola Kepegawaian yang pernah menjabat Sespri Mantan Direktur Politeknik Negeri Padang, Aidil Zamri, S.T., M.T. Menyusul Abdul Jamal, kembali wajah baru dan masih dari Jurusan Teknik Sipil, Saryeni Maliar, S.T., M.T. Saryeni tercatat menamatkan S-1 Teknik Sipil di Institut Teknologi Padang dan S-2 Teknik Sipil Transportasi di Universitas Andalas. Jabatannya saat terpilih adalah Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) di Laboratorium Pengujian Jurusan Teknik Sipil.

 

 

Menyusul Saryeni, kembali wajah baru, Ria Amelia, S.E., Staf Bagian Keuangan yang juga alumnus D-3 Program Studi Administrasi Bisnis yang melanjutkan S-1 ke Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Dalam kategori Karyawan Komunikatif 2021 (Communicative Employee of the Year), Jurusan Teknik Sipil tercatat menyabet dua tropi dan pemenangnya sama-sama karyawan yang bukan berlatar dosen.

 

 

Ketua Panitia Penyelenggara, Dra. Fitri Adona, M.Si. melaporkan, prosesi pemberian anugerah tersebut diselenggarakan dalam rangka memotivasi pemimpin untuk meningkatkan efektivitas komunikasi mereka agar menghasilkan pemahaman yang sama antara pengirim dan penerima informasi pada semua tingkatan dalam organisasi Politeknik Negeri Padang.

 

 

Hal itu dikarenakan komunikasi yang baik sangatlah penting dimiliki oleh seorang pemimpin karena berkaitan dengan tugas untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan, dan mendorong anggota untuk mencapai tujuan dan mewujudkan efektivitas kepemimpinan dalam perencanaan, pengendalian, koordinasi, pelatihan, manajemen konflik serta proses organisasi lainnya. Penentuan pemenang berdasarkan investigasi “Top Ten” Dewan Juri yang bekerja lebih dari satu semester, jauh sebelum revisi anggaran pertama.

Adapun indikator umum penilaian Dewan Juri mencakup: kemampuan menganalisis dan mengambil keputusan; kemampuan memotivasi; kemampuan mengkomunikasikan sesuatu dan mendengarkan; kemampuan menciptakan lingkungan kerja yang sehat; kemampuan mendelegasikan tugas atau wewenang; dan kemampuan memikul tanggung jawab.

 

 

 

Dikarenakan pemenang dominan pemimpin dan punya jabatan di bidangnya, dalam Anugerah Kepemimpinan dan Karyawan Komunikatif 2021 tersebut Panitia sengaja menghadirkan narasumber Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Dr. Drs. M. Sayuti Dt. Rajo Pangulu, M.Pd. dan Prof. dr. Awis Karni, M.Ag. dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Sumatera Barat. Sayuti Dt. Rajo Pangulu menyorot “Kepemimpinan dalam Pandangan Adat Minangkabau” dan Prof. Awis Karni menyorot “Kepemimpinan dalam Pandangan Agama Islam”.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis

Fotografer/ Kameramen: Teuku Mohd. Alamsyah/ Apri Chandra/ Sevany

 

 

 

Berita Terkait