PNP Targetkan Minimal 1 Divisi Gaet Juara Nasional dalam Kontes Robot Nasional 2021

 

PNP News. Meskipun Tim Robot Politeknik Negeri Padang cukup disegani lawan maupun kawan, Tim jangan sampai lupa diri karena dengan adanya pembagian wilayah di masa pandemi dan munculnya tim-tim yang potensial, Tim Politeknik bakal langsung berhadapan dengan tim yang berkualitas bagus di babak penyisihan tingkat wilayah.

 

Hal itu diungkapkan Wakil Direktur 3, Junaldi, S.T., M.T., dalam Launching Tim Robotik Politeknik Negeri Padang Menuju Kontes Robot Indonesia 2021 yang digelar Sabtu, 18 September 2021.

 

 

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang dituanrumahi Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut bakal diikuti oleh 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi akan berlaga dalam KRI Wilayah, dengan rincian 140 tim dari 54 perguruan tinggi di KRI Wilayah I (Indonesia Barat) dan 138 tim dari 53 perguruan tinggi di KRI Wilayah II (Indonesia Timur). Selanjutnya, tim dengan prestasi terbaik di tingkat wilayah akan diundang mengikuti KRI Tingkat Nasional yang digelar pada 12-17 Oktober 2021. Pembagian tim-tim yang akan mengikuti kontes pada Wilayah I dan Wilayah II ditentukan saat pengumuman peserta Kontes Robot Indonesia.

Pandemic Covid-19 mengakibatkan pada 2020 KRI berubah dari kontes luring menjadi daring, dan itu berlanjut hingga 2021. KRI 2021 yang diselenggarakan pada 22-30 September 2021 berlangsung bertahap, mulai dari tahap pengiriman proposal hingga presentasi makalah. Tim yang lolos seleksi proposal berpeluang mengikuti seleksi tahap 2 yang merupakan evaluasi kesiapan tim. Seleksi tahap 2 mencakup kesiapan robot, lapangan kontes dan infrastruktur video conferencing. Tim yang lolos seleksi tahap 2 berpeluang mengikuti Kontes Tingkat Wilayah. Tim terbaik pada Kontes Tingkat Wilayah diundang mempresentasikan robotnya dalam bentuk makalah pada Indonesian Symposium on Robotic, Systems an Control (ISRSC) 2021.

 

 

“Perlu keseriusan, persiapan, keuletan, dan dukungan doa, karena meski di atas kertas tim kita dinyatakan menang, namun saat praktik robot tak bisa dijalankan, status menang bisa saja batal, apalagi di tingkat wilayah saja kita sudah mesti berhadapan dengan Tim Robotik Batam yang sudah berpengalaman tanding tingkat internasional. Di sisi lain, lawan tangguh PENS, satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro dan terkenal karena keunggulannya di bidang robotika dan terbukti dengan prestasinya merajai Kontes Robot Indonesia 12 kali berturut-turut, sangat perlu diperhitungkan”, pesan Wakil Direktur 3, Junaldi.

 

Tim Robotik PNP Optimis

Meskipun demikian, Ketua Umum UKM Robotik, Aditya Pernandes optimis karena Tim Robot Politeknik Negeri Padang sudah berpengalaman ikut kontes bahkan berhasil menyabet 2 kejuaraan dalam Kontes Robot Daring Perdana 2020 yang diikuti oleh 169 tim dari 89 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Kontes bergengsi yang ditunggu oleh seluruh mahasiswa Indonesia yang dimaksudkan untuk menyalurkan bakat, minat, kreativitas, dan ide di bidang robotika ini mempertandingkan 6 divisi, yakni Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) yang sebelumnya bernama Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), KRSBI Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

 

 

Ia merinci, Divisi KRSRI diikuti oleh Tim Minangkabau yang diketuai oleh Fiqri Ahamd Agung dengan anggota Rara Yetrisia Putri, Ahmad Zidan Firbiandika, dan Khalidia Igna Fillah. Divisi KRSBI Beroda diikuti oleh Tim Datuak Midun yang diketuai oleh Ismael Hasan Lubis dengan anggota Rahman Insani, Muhammad Fauzan, dan Aulia Rahmayanti Putri. Divisi KRSBI Humanoid diikuti oleh Tim Midun yang diketuai oleh Hermantoni dengan anggota Vicky Azwar, Arin Cantika Musi, dan Puji Dhiya Nabila. Divisi KRTMI, diikuti oleh Tim Pandeka yang diketuai oleh Pindo Suryady Rizal dengan anggota Quata Zikra, Dian Julisti, dan Yovani Rezakia Rezki.

Divisi KRSTI diikuti oleh Tim Pagaruyung yang diketuai oleh M. Aditya Pernandes dengan anggota Suci Ramadhani, Rahmadani Putri, dan Annisatul Husna Fauziah. Divisi KRAI diikuti oleh Tim Cadiak Pandai yang diketuai oleh Mhd. Yusril Mahendra dengan anggota Muhammad Hafiz Ramadhan, Hasnatul Padhila, dan Akbar Za’im Wahid.

 

Pengalaman Tanding

Pengalaman Tanding Pembimbing Tim Robotik PNP, Anton Hidayat, ST., M.T., membenarkan, PNP pernah menyabet Juara 3 KRSBI Regional 1 pada 2016 dan Juara 1 KRSI Regional 1 pada tahun yang sama. Pada 2020, Tim Robotik PNP juga pernah menempati peringkat 4 dalam kategori Robot Seni Regional 1 dan peringkat 3 kategori Soccer Giring Bola (juara kembar dengan Tim Robotik ITB). Kejuaraan daring nasional perdana dengan skop internasional tersebut melombakan 4 divisi robotik, yaitu Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

 

 

Hadir dan memberi sambutan dalam launching tersebut Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Padang (BEM-PNP ), Fathwa Amrullah dan Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Politeknik Negeri Padang (MPM-PNP) lembaga tertinggi legeslatif mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, Rahmadio Alfalen, serta dosen pembimbing Hendro Saptopramono, SS, M.Ed dan Novirwan Trinanto, SE.,M.Si.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis

Berita Terkait