Sukses Lewati Persaingan 1:15, Mahasiswa Baru Resmi Pakai Topi & Jaket Almamater PNP

 

PNP News. Sukses menyisihkan 26.282 orang pelamar dengan keketatan persaingan 1:15 secara global, sejumlah 1.730 orang mahasiswa baru melalui berbagai jalur seleksi penerimaan, resmi menjadi civitas akademika pada Semester Ganjil 2021/2022.

 

 

Ketergabungan secara resmi sebagai civitas akademika tersebut ditandai dengan pemasangan topi dan jaket almamater oleh Ketua Senat Takdir Alamsyah dan Direktur Surfa Yondri kepada perwakilan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021, dalam Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022, di Aula Gedung C, Kampus Politeknik Negeri Padang, Senin, 13 September 2021.

 

 

Dalam laporannya kepada Senat PNP, Direktur Surfa Yondri merinci, tingkat keketatan persaingan tersebut bervariasi pula pada beberapa program studi. Tahun Akademik 2021/2022 ini katanya, Politeknik Negeri Padang mengelola 19 Program Diploma 3 (D3), 11 Program Sarjana Terapan/ Diploma 4 (D4), dan 1 Program Magister Terapan. Program studi yang dibuka adalah Program Studi D4 Destinasi Pariwisata dan Program Studi Diluar Kampus Utama Politeknik Negeri Padang di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Pelalawan Riau.

 

D4 PNP Mampu Bersaing Dengan S-1 Universitas

“Data yang kami dapatkan menunjukkan, pada seleksi masuk Program D4 yang bersamaan dengan penerimaan Sarjana di Universitas, Program Studi D4 Politeknik Negeri Padang tidak kalah bersaing dengan Program Studi Sarjana (S1) yang ada di Universitas. Hal ini menunjukkan pemahaman dan minat masyarakat untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Negeri Padang sangat baik”, terangnya.

 

 

Selanjutnya, Direktur merinci, mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang angkatan 2021 tersebut terpilih dari beberapa jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), Seleksi Masuk Kelas Management and Science University (MSU), Ujian Masuk Kelas Alat Berat Kerjasama dengan PT. Trakindo, Seleksi Mandiri, Ujian Masuk Program Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi, Ujian Masuk PSDKU Politeknik Negeri Padang, dan Ujian Masuk Kelas Kerjasama dengan Pemerintah Kota Mentawai.

 

Sumber Daya Kampus & Diksarlin Tunda

Di akhir laporannya, Direktur Surfa Yondri mengimbau mahasiswa agar mengembangkan potensi diri secara akademik dan ekstrakurikuler dalam berbagai organisasi kemahasiswaan dan memanfaatkan sumber daya di kampus semaksimal mungkin. Dengan demikian mahasiswa bisa menghasilkan karya yang bermanfaat seiring dengan upaya mentransfer teknologi kepada masyarakat, harapnya.

 

 

Sesuai dengan moto Politeknik Negeri Padang “Berakhlak Mulia, Berpikir Akademis dan Bertindak Profesional”, yang menekankan pada penguasaan kompetensi, PNP juga fokus dalam mengembangkan mahasiswa dan lulusan yang memiliki karakter dan kepribadian yang baik. Untuk itu direncanakan mahasiswa angkatan 2021 ini akan mengikuti Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarlin) di Secata B Padang Panjang, namun karena Pandemi yang belum berakhir, kegiatan ini ditunda sampai kondisi memungkinkan, jelasnya.

 

Amanat Ketua Senat

Dalam sambutannya, Ketua Senat Politeknik Negeri Padang, Takdir Alamsyah mengajak seluruh unsur yang ada di kampus PNP untuk terus meningkatkan pelayanan kepada civitas akademika dan mitra sesuai dengan Komitmen Zone Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). Kepada mahasiswa baru, Ketua Senat mengamanatkan agar mereka gigih dan ulet belajar agar tamat tepat waktu dan memiliki prestasi ekstrakurikuler dan kompetensi yang memenuhi standar industri.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis

Kameramen/Fotografer: Naswiradianto

Berita Terkait