Pendaftaran SNMPN Resmi Hari Ini Dibuka Secara Gratis Hingga 19 Maret 2021

 

PNP News. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto S.T., M.Sc., Ph.D hari ini membuka secara resmi pendaftaran SNMPN (11 Januari – 19 Maret 2021) secara gratis.

 

 

 

Wikan menekankan, jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) ini merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

 

 

 

 

Menjawab pertanyaan peserta Webinar, Dr. Beny Bandanadjaya, ST.,MT. Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi juga menambahkan, SNMPN ini juga memberi peluang untuk mereka yang telah mendaftar di SNMPTN untuk mendaftar lagi. Meskipun demikian, jika mereka dinyatakan lulus di SNMPTN, mereka tidak bisa diterima di SNMPN.

 

SNMPN Diikuti Oleh 44 Politeknik Negeri

 

 

 

 

Menurut Zainal Arif, Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI), dari tahun ke tahun jumlah politeknik peserta jalur penerimaan ini meningkat. Hingga 2021, tercatat 44 politeknik yang mengikuti seleksi ini. Sejak 2020, istilah PMDK-PN berganti nama menjadi Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Meski terdapat perubahan penamaan, mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti PMDK-PN dan diikuti pula oleh 44 politeknik negeri se-Indonesia. Selain itu, mulai 2021 SNMPN hanya mengadakan proses pendaftaran untuk jenjang pendidikan Diploma 3 (D-3), sedangkan jenjang pendidikan Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D-4) proses seleksi melalui SNMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (disingkat LTMPT), tegasnya.

Secara historis, Zainal mengungkapkan, Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2014 menetapkan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara on-line. Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.

 

 

 

 

Di sisi lain, Wikan Sakarinto menyatakan, pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodasi calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SNMPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs https://snmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya.

 

 

 

Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Selain mengakses situs https://snmpn.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam SNMPN ini.

 

 

 

 

Dalam webinar yang diikuti lebih dari 1000 orang perwakilan SMA/SMK/MAN dan Politeknik Negeri se-Indonedia itu, Wikan juga memimpin doa bersama bagi korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 dan keselamatan rakyat negeri ini dari pandemi Covid-19 yang kian merajalela.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis

Berita Terkait