UPI dan ITB Sesama dari Bandung Bersaing Sengit dalam Lomba Poster UKM-PNP 2020

 

SMA Negeri 1 Plus Raya Sumut Dominasi Lomba Musikalisasi Puisi

 

PNP News. Alya Jasmin Ayunda dari  Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung berhasil mengungguli Adinda Mirra Rahmani Taufik dari Teknik Lingkungan, ITB, rekan sedaerahnya yang membayang-bayangi skor nilainya, sedangkan Eliza dari Universitas Tanjungpura Pontianak harus puas menempati peringkat ketiga Gebyar Lomba Poster Daring yang digelar dalam Pekan Kreatifitas Mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PKM-PNP), 9-13 November 2020.

 

Ketua Tim 4 Bidang Webinar dan Lomba Poster, Ade Yunanda yang mendampingi Ketua Panitia Pelaksana UKM-PNP Semester Ganjil 2020/2021, Muhammad Alfauzan, menambahkan, di tingkat SMA/SMK juara 1 disabet oleh Raysa Alaina dari SMA Harapan Mulia; Juara 2 diraih oleh Ibrahim Hanif Nugraha dari SMA Negeri 5 Jakarta; dan Juara 3 diraih oleh Clarisa Dianti Sebastian dari SMAN 1 Batusangkar, Sumatera Barat.

Muahmmad Al Fariz Dwi Fansyah, Ketua Bidang Tim 2 yang mengelola Lomba Video Inspiratif juga melaporkan, lomba bidang ini didominasi oleh tuan rumah, Politeknik Negeri Padang. Susunan lengkap pemenang, Juara 1 diraih oleh Rijal Hasyim Rifai dari Universitas Sebelas Maret; Juara 2 diraih oleh M. Hafizh Rizaki dari Teknik Mesin, Politeknik Negeri Padang; dan Juara 3 diraih oleh Bachrul Rosyid Zaini dari Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang; dan Juara Favorit diraih oleh Zardi Ramadan dari Teknik Elektro, Politeknik Negeri Padang.

Sementara itu, Ketua Bidang Tim 5 yang mengelola Lomba Musikalisasi Puisi melaporkan, Ahmad Firmansyah dari SMK N, Pati, Jateng berhasil mengungguli Margareth Angel Perdana Purba dari SMA Negeri 1 Plus Raya, disusul oleh rekan sealmamaternya, Nover Purba sebagai juara 3. Di bidang ini panitia juga memilih Juara Harapan yang jatuh pada Ilham Ramadhani dari Politeknik Negeri Padang.

 

 

Gangguan Jaringan & Peserta Nakal

Menurut Muhammad Alfauzan, Ketua Panitia Penyelenggara PKM-PNP, dari hasil pantauan panitia, peserta aktif PKM secara keseluruhan di tingkat perguruan tinggi tercatat melebihi 2000 orang sementara di tingkat SMA/SMK sekitar 200 orang. Ironisnya, jumlah peserta PKM dari tuan berkurang dari hari ke hari, sejak hari pertama hingga hari kelima.

Di samping itu, diakui Fauzan, selama PKM berlangsung panitia sedikit dipusingkan dengan masalah jaringan dan tindakan para oknum yang melakukan aksi coret-coret di layar zoom meeting.

“Ya, benar, ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab yang sengaja bergabung ke zoom hanya untuk merusak acara dengan mengirimkan komentar yang jahat dan mencoret-coret tampilan zoom, di saat panitia mencoba mencarikan solusi atau kompensasi bagi peserta yang mengalami jaringan yang kurang stabil. Namun dengan demikian, kita harus bisa menjadikan hal di atas sebagai bahan perbaikan untuk acara kita di masa yang akan datang”, ungkap Fauzan menyemangati timnya saat evaluasi acara, usai penutupan PKM.

Di samping itu, Ade Yunanda Putra, Ketua Tim Bidang 4 yang bertanggung jawab menggelar Webinar dan Lomba Poster tersebut mengaku sengaja mengusung tema “Membangun Potensi dan Kreatifitas di Masa Pandemi agar mahasiswa dan siswa tidak lesu darah dan bete menghadapi kuliah daring dan tetap bersemangat berkreatifitas. Sekaitan dengan itu timnya sengaja menghadirkan pemateri Khoirul Amr dan Taufik Gusman, S.S.,M.,Ds. dalam webinar yang mengiringi lomba poster tersebut.

Menurut Ade, pendaftaran lomba poster tersebut dibuat dalam 2 gelombang. Gelombang pertama pada 1-22 Oktober 2020 dan Gelombang kedua pada 24 Oktober – 2 November 202. Pada 9 -11 November 2020 jadwal pengumpulan Karya; 11-12 November 2020 saat penjurian; dan 12 November 2020 Voting Poster Terfavorit dan 3 November 2020 Pengumuman Pemenang.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

d®amlis

Berita Terkait