Prodi Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa mendapatkan Apresiasi dalam Seminar Nasional HATHI ke-35

Mahasiswa PIR, Teknik Sipil, PNP bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono usai acara pembukaan HATHI

 

HATHI Sumbar sangat apresiatif dan menghargai keberhasilan Program Studi D-4, Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa (PIR), Jurusan Teknik Sipil,  PNP sebagai pengirim  paper terbanyak dalam Seminar Nasional HATHI ke-35, yang bakal digelar esok, 7-9 September 2018 di Medan.

Menurut Revalin Herdianto, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PNP yang juga menjabat Ketua Bidang Seminar dan Publikasi Ilmiah, Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) Cabang Sumatera Barat,  partisipasi mahasiswa PIR dalam Seminar Nasional ini mendapat dukungan yang besar dari HATHI Cabang Sumatera Barat.

Ketua Cabang HATHI Sumbar yang sekaligus Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V,  Maryadi Utama, ST. MSi., memberikan apresiasi atas keberhasilan PIR mengirim 10 makalah dari mahasiswa dan 2 makalah dari dosen, yang diterima untuk tampil pada Seminar Nasional HATHI ke-35 di Medan.

Dari seluruh cabang HATHI di 34 Provinsi, HATHI cabang Sumbar tahun ini mengirimkan paper terbanyak, yaitu 18 makalah, dengan sebagian besar (12 makalah) berasal dari PIR. Maryadi berharap dari seluruh makalah ini ada yang terpilih sebagai makalah terbaik pada seminar nanti.

Menurut Revalin, pertemuan ilmiah tahunan ini bertujuan untuk merumuskan masukan dan pemikiran secara konkret dari anggota HATHI, para cendekiawan, akademisi, praktisi, anggota lembaga sosial masyarakat, dan pengamat lingkungan.

Pertemuan ilmiah ini juga diharapkan sebagai ajang  berbagi pengetahuan dan pengalaman guna mengatasi dan menjawab tantangan berbagai persoalan keairan yang terjadi di tanah air demi kepentingan bangsa  dan negara, jelas Kepala PPKM yang diakrabi Eddy ini.

 

Inspirasi Bagi Mahasiswa Lainnya

Direktur Politeknik Negeri Padang,  Surfa Yondri, SST. M.Kom mengamanatkan agar tim berusaha sebaik mungkin menjaga nama baik institusi. Hal itu diamanatkannya  dalam acara pelepasan tim yang berlangsung kemaren (5/9). Kegiatan ini dinilai Yondri juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa PNP lainnya untuk berani tampil di forum-forum ilmiah yang membawa nama institusi. “Pimpinan sekolah tinggi ini komit dan mendukung segala kegiatan yang bertujuan untuk kemajuan mahasiswa”, tegas Yondri.

Khusus bagi mahasiswa, keikutsertaan mahasiswa PIR pada Seminar Nasional HATHI ini bertujuan untuk melatih kemampuan menulis dan presentasi mahasiswa di forum resmi yang dihadiri oleh praktisi dan akademisi dari seluruh Indonesia. Makalah yang ditulis merupakan bagian dari Tugas Akhir ( final project ) mahasiswa pada semester 8.

Di samping itu keikutsertaan pada seminar ini juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa terhadap teknologi di bidang teknik sipil umumnya, dan teknik sumber daya air khususnya, ungkap Ketua Jurusan Teknik Sipil, Aguskamar, ST. M.Eng.

Ia mengimbau agar mahasiswa meningkatkan penguasaan materi dan mental agar  tidak gugup. Senada dengan Direktur, ia juga menilai forum seperti ini dapat memotivasi mahasiswa untuk mempercepat penyelesaian tugas akhir. Bagi Politeknik Negeri Padang, khususnya Jurusan Teknik Sipil, partisipasi mahasiswa di forum berskala nasional ini merupakan wujud keikutsertaan dan kontribusi ilmiah lembaga di bidang keilmuan, jelas Kamar.

 

Empat Keynote Speaker dan Harapan Dibuka Menteri

Dalam jumpa persnya (5/9/2018), Ketua Panitia Pelaksana, Ir. Makmur Ginting, M.Sc, menyatakan, Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) HATHI merupakan agenda rutin para ahli teknik hidraulik Indonesia yang terhimpun dalam assosiasi profesi Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI).

Pertemuan ilmiah tahunan ke-35 tersebut menurut Makmur akan diselenggarakan pada 7 s/d 9 September 2018 di di Auditorium-Biro Rektor Univetsitas Sumatera Utara, Jl. Dr. Mansyur Medan.

Forum media komunikasi profesi dalam rangka meningkatkan kapasitas dan tanggung jawab keilmuan untuk menghadapi tantangan di bidang teknik hidraulik ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pekerjaan UMUM dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain 171 makalah, empat keynote speaker yang dihadirkan adalah: DR.Ir. Hari Suprayogi selaku Dirjen Sumber Daya Air PUPR, Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.S.M.E. (Wakil Rektor IV USU); DR. Marian J. Neal (Australia); dan DR. Chow, Wan, Hee, (Korea)”.

Selain  pertemuan ilmiah, peserta juga diberi kesempatan untuk mengikuti field trip ke Bendung Sungai Ular.

 

Tim dipimpin oleh Kaprodi PIR, Hartati ST., MT , dan dosen pembimbing, Satwarnirat dan Dwina Archenita.

 

d®amlis