SMK 2 Bukittinggi Juara Umum dan ISI Padang Panjang Juara Favorit Kontes Pariwisata Sumbar 2018

Setelah bertarung setengah hari penuh, SMK 2 Bukittinggi berhasil menyabet Juara Umum sedangkan ISI Padangpanjang berhasil meraih predikat Juara Favorit dalam Kontes Pariwisata Sumatera Barat yang digelar di Kampus Limau Manis, Padang, kemaren (13/8).
Alfatah Haris, SST.Par.,M.Par., Panitia Seksi Lomba, melaporkan, kontes pariwisata tersebut terdiri dari Speech Contest, Guiding, Paket Tour, dan Fruit Carving.
Fruit Carving, adalah seni dalam menghidangkan makanan dengan keindahan. Biasanya media yang digunakan adalah buah-buahanan yang berbentuk bulat serta memiliki tekstur yang lunak. Lomba seni mengukir buah dan sayuran yang dikenal dengan Fruit Carving ini sengaja mendatangkan Chef Fajar, dkk., sebagai Juri dari Aroma Kitchen Restotant.

Pemenang materi lomba Guiding (Pemandu Wisata)

Kontes ini diikuti oleh 6 SMK dan 7 perguruan tinggi di Sumatera Barat. SMK yang berlaga dalam kontes tersebut adalah SMK 2 Bukittinggi, SMK 3 Payakumbuh, SMK 6 Padang, SMK Nusatama, SMK 1 Matur, dan SMK Maritim.
Sementara itu, perguruan tinggi yang bertarung adalah ISI Padangpanjang, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Padang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, dan Politeknik Negeri Padang, dan Institut Teknologi Padang.

Adapun susunan lengkap pemenang dari materi lomba Guiding (Pemandu Wisata) adalah: Juara 2 diraih oleh SMK 2 Bukittinggi, Juara 2 SMK 6 Padang, Juara 3 diraih oleh SMK 1 Matur.
Untuk materi lomba Perencanaan Tour, Juara 1 diraih oleh SMK 2 Bukittinggi, Juara 2 oleh SMK 6 Padang, dan Juara 3 oleh SMK 3 Payakumbuh.
Khusus Juara Fruit Carving diraih oleh UMSB. Pada materi lomba Video Pariwisata, ISI Padangpanjang berhasil menyisihkan UMSB dan ITP, demikian Ketua Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Rini Eka Sari, SS., M.Par., MMTHRL.

SUNTINGAN LENGKAP PEMENANG KONTES PARIWISATA SUMBAR 2018

Adapun susunan lengkap pemenang dari materi lomba Guiding (Pemandu Wisata) adalah: Juara 2 diraih oleh Athaya Fathirah (SMK 2 Bukittinggi), Juara 2 diraih oleh Afrimarnizah (SMK 6 Padang), dan Juara 3 diraih oleh  Azzahra Yasmine (SMK 1 Matur).

Untuk materi lomba Perencanaan Tour, Juara 1 diraih oleh Indah Dwi Rahayu (SMK 2 Bukittinggi), Juara 2 oleh Siti Nurazizah (SMK 6 Padang), dan Juara 3 oleh Nadia Kumala Rahayu (SMK 3 Payakumbuh).

Khusus Juara Fruit Carving diraih oleh Ade Yunita Listiani (UMSB).

Pada materi lomba Video Pariwisata, Dwi Yola Novia Putri dari ISI Padangpanjang berhasil menyisihkan peserta dari UMSB dan Yogi Leo Fernando dari ITP, demikian Rafidola Mareta Riesa, SST., Par., M.Sc., Panitia Kesekretariatan & Kerjasama yang mendampingi Ketua Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Rini Eka Sari, SS., M.Par., MMTHRL.

d®amlis