Tingkatkan Kedisiplinan Peneliti dan Pengabdi, PPKM-PNP Ciptakan Pemantauan dan Evaluasi Daring

 

PNP News. Dengan diberlakukannya monitoring dan evaluasi penelitian dan pengabdian yang dibiayai anggaran DIPA-PN 2020, dipastikan peserta termotivasi disiplin, pelaksanaan dan penyerahan kewajiban sesuai tenggat waktu, dan upaya mangkir dapat diminimalisasi.

 

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Dr. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom dalam Rlrapat daring “Sosialisasi Kebijakan Luaran Penelitian dan Pengabdian 2020”, Rabu, 29 Juli 2020, pukul 13:30 WIB.

Sosialisasi daring itu dimaksudkan sebagai upaya memaksimalkan luaran kegiatan penelitian dan pengabdian tahun 2020 dan menyamakan persepsi di masa pandemik Covid 19 serta persiapan tanda tangan kontrak, demikian Yuhefizar.

 

 

 

 

Dalam sosialisasi daring yang diikuti oleh sekitar 80 orang peserta itu, Yuhefizar mengingatkan, peserta tidak melanggar ketentuan upload kewajiban luaran, seperti publikasi pada jurnal internasional dan nasional terakreditasi Sinta 1-2, mengikuti seminar sebagai presenter, selesai 1 tugas akhir mahasiswa, publikasi pada jurnal nasional terakreditasi Sinta 1-6, dan mengikuti seminar sebagai presenter. Setidaknya peserta mengutamakan dan tidak mengabaikan luaran wajib! tegas Yuhefizar.

Penerima dana DIPA untuk skema Penelitian Terapan Unggulan dan Terapan Program Studi atau Terapan Pusat Studi juga diimbau tidak menyalahi jumlah anggota saat mengajukan naskah jurnal karena berdampak pada pemberian insentif jika naskah tersebut lolos di jurnal disyaratkankan.

 

 

 

Untuk menyegarkan ingatan peneliti dan membekali peneliti pemula, PPKM-PNP dalam waktu dekat akan menggelar workshop daring tentang pembuatan naskah jurnal untuk penelitian dan pengabdian yang terindeks dan terkategori Science and Technology Index (Sinta). Melalui sistem tersebut dapat diketahui ukuran sebuah kinerja dari ilmu pengatahuan dan teknologi peserta DIPA.

Ketercapaian luaran wajib dalam kegiatan penelitian dan pengabdian tahun 2020 menjadi syarat kelayakan bagi ketua peneliti/pengabdi untuk mengikuti kompetisi hibah penelitian dan pengabdian Dana DIPA di tahun depan. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kemajuan penelitian dan pengabdian dilaksanakan secara daring melalui akun di aplikasi Simpediakat PNP, pada 21 September 2020 dan Monev akhir/seminar hasil pada tanggal 9 Nopember 2020, demikian Kepala PPKM-PNP yang diakrabi “Pak Ephi” ini.

Sekretaris PPKM-PNP, Afifah, S.E., M.M juga menyampaikan perubahan jadwal seminar internasional dan nasional yang disarankan PPKM-PNP.

Peneliti juga disarankan untuk mengikuti seminar daring, seperti Seminar Nasional Sentrinov yang diadakan pada 26 September 2020 (https://sentrinov.isas.or.id) dengan host Politeknik Negeri Banyuwangi. Ini adalah kegiatan dari konsorsium Politeknik Negeri Se- Indonesia; Seminar Nasional ABEC (Applied Business and Engineering Conference) pada 7 – 8 Oktober 2020 (https://abecindonesia.org/) dengan host Politeknik Negeri Batam. Ini adalah kegiatan dari konsorsium Politeknik Negeri Se Sumatera; dan Seminar Internasional iCAST pada 24 Oktober 2020 (https://icast.isas.or.id) dengan host Politeknik Negeri Padang dengan bidang ilmu teknik di IEEE dan bidang ilmu sosial di Atlantis Press, semua terindeks Scopus. Ini adalah kegiatan dari konsorsium Politeknik Negeri Se Indonesia, demikian Buk Ephie.

 

 

d®amlis

Berita Terkait