Miftaahul Arzaaq AE:

——————–

“PNP Sebaiknya Tetap Lanjutkan Program Industry Academia Collaboration Meskipun NCUT Sementara Perpanjang Masa Libur Antisipasi Virus Corona”

 

PNP News. “Saya harap program Industry Acdemia Collaboration (IAC) tetap berlanjut pada adik-adik kelas dan generasi setelah saya. Saya pribadi bersedia membantu menjembatani untuk menjalani program tersebut. Jangan pula ragu dan takut akan masalah finansial, beasiswa dan tambahan uang jajan saat libur untuk dibawa pulang kampung tersedia di sana”.

 

Hal itu diungkapkan Miftaahul Arzaaq Arfi Effendy yang diakrabi “Rahul” di depan stand Tim Robotik Politeknik Negeri Padang yang digelar dalam rangka setahun Car-free Day di kawasan Khatib Sulaiman, Padang, Ahad, 16 Februari 2020. Rahul adalah 1 dari 12 orang alumni PNP yang mengikuti IAC Batch 2 ke Taiwan, tepatnya di kampus National Chin-Yi University of Technology (NCUT).

Meskipun demikian, ia mengaku sedikit terganggu dalam soal makanan, terutama makanan halal, jika tidak mau memasak sendiri. “Jadi kita hanya bisa makanan sayur supaya aman!” jelasnya. Selain itu, tak bisa dipungkiri, wabah trending virus Corona termasuk kendala kedua. Meskipun demikian, hingga detik ini, virus tersebut tidak menyerang daerah kampus dan tempat tinggal penduduk. Dengan kata lain, sejauh ini masih aman dan tidak ada kabar warga setempat terinfeksi. Namun untuk mengantisipasi, NCUT memperpanjang masa libur semester ini sampai Maret 2020.

Rahul yang kalem tapi kreatif ini menjalani Program 2+i yaitu program kuliah magang selama dua semester. Kegiatan magang akan dilaksanakannya pada semester 4 dan 5. “Saya baru selesai menjalani semester pertama dan akan menjalani semester kedua pada Maret 2020”, terang Rahul yang sudah tak sabar ingin kembali ke Taiwan.

“Sebetulnya NCUT sudah memberlakukan libur sejak 11Januari 2020, tapi saya ke Indonesia baru pada 3 Februari 2020, karena sebelum pulang, saya cari belanja tambahan lagi sebagai tenaga part time “, ujarnya tersenyum.

Kepala Kantor Urusan Luar Negeri, Ihsan Lumasa Rimra, SST.,M.Sc., sewaktu dihubungi PNP News membenarkan keterangan Rahul. “IAC bukan program pertukaran mahasiswa, tapi program melanjutkan studi ke S-1 bagi alumni PNP. Tidak ada mahasiswa PNP yang mengikutinya. Rahul dan 12 orang alumni lainnya dari PNP terdaftar dalam Program IAC Batch 2 yang dimulai Oktober 2019. Sebelumnya, Batch 1 diikuti oleh 2 orang alumni, pungkas Ihsan.

 

d®amlis

Berita Terkait