Untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi pergaulan bisnis  internasional, Jurusan Administrasi Niaga mengerahkan 250 orang mahasiswanya untuk mendapatkan pelatihan table manner di beberapa hotel berbintang di Kota Padang.

Iwadiah, SE., M.Si., pengampu mata kuliah Etika Profesi di Kyriad kemaren (1/12/18) menyatakan, tata cara nakan ( table manner ) adalah aturan etiket yang digunakan saat makan, mencakup penggunaan peralatan makan yang tepat.

Instruktur Table Manner  merangkap Food and Beverage Manager Kyriad Bumiminang Hotel menjelaskan,  sejarah table manner bermula dari Raja Louis dari Perancis yang memiliki kebiasaan mengadakan jamuan makan dengan mengundang para bangsawan kerajaan-kerajaan di sekitarnya.

 

 

Pada era sekarang, table manner menjadi hal yang wajib dipahami dalam pergaulan internasional terutama orang-orang yang sering bertemu atau membangun relasi antarbangsa.

Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Dr. Primadona, M.Si. menambahkan, kegiatan ini bisa menambah rasa percaya diri dan mempersiapkan diri mahasiswa dalam pergaulan bisnis. Lobi dalam dunia bisnis tidak semata efektif dilakukan di kantor, namun mungkin beralih ke meja makan. Rekanan bisa menilai etika kita saat di meja makan, imbuhnya.

 

 

Table manner ini menurut Imelda, SE., MM.,  juga sering dipelajari oleh para pejabat atau pimpinan lembaga.

Begitu pentingnya, mereka sengaja menyisihkan waktu khusus untuk berlatih privat mengenai tata sikap di meja makan ini, sehingga tidak kaku lagi ketika harus menghadiri acara jamuan resmi.

Kita mempersiapkan agak dini karena kebetulan menyangkut juga dengan mata kuliah Etika Profesi. Dengan mengikuti pelatihan secara bersama-sama, mahasiswa diharapkan lebih bersemangat dan percaya diri, jelasnya.

d®amlis

Berita Terkait