PBL Teknik Mesin: Mungkinkah Menggarap Proyek Besar?

PNP News. Dengan mengusung proyek Pembuatan Turbin Cross Flow dan rencana ke depan merakit Road Sweeper yang lebih canggih daripada yang dimiliki Kota Padang (2017), Ketua Jurusan Teknik Mesin tampil optimis dalam presentasi FGD Project Based Learning Seri2 Politeknik Negeri Padang di Truntum Hotel, Jumat, 22 Mei 2022.

Alumnus Jurusan Advance Manufacturing Technology di University of South Australia (2007) ini mengklaim Turbin Cross Flow merupakan salah satu produk Unggulan PNP. Setiap komponennya akan dimasukan sebagai bahan kajian mata kuliah. Setiap Proyek direncanakan dengan baik karena merupakan produk unggulan yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Setiap topik akan dipelajari secara berkelompok. Ada contoh Turbin yang sudah dibuat dan keputusan untuk melanjutkan proyek jika masih dibutuhkan. Setiap PBL didokumentasikan dan dipublikasikan, terangnya.

Menhendry, Dipl. Ing. HTL, M.Eng., Ketua Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang mengawali presentasinya dengan tripatrit: “katakan padaku dan aku lupa; ajari aku dan aku ingat; libatkan aku dan aku belajar”. Tentu saja Hendry tidak bermaksud mempertentangkan siapa pemilik hak paten kata keramat tersebut: Negarawan AS Benjamin Franklin atau filsuf Cina Konfusius yang keduanya telah menerima pujian untuk kata-kata tersebut. Pembelajaran berbasis proyek adalah pendekatan kelas yang dinamis karena mahasiswa secara aktif mengeksplorasi permasalahan dan tantangan dunia nyata dan memperoleh pengetahuan yang lebih dalam karena mereka dilibatkan, terangnya.

 

  

 

Hendry mengklaim 80% mata kuliah yang akan membahas Proyek Turbin Cross Flow, yakni Matematika, Fisika, Gambar Teknik, Teknologi Bahan, Teknologi Mekanik, CAD, CNC, Mekanika Fluida, Mekanika Teknik, Elemen Mesin, Mesin Konversi Energi, Teknik Perawatan Mesin, dan Kuliah Praktik ( Bubut, Frais, Gerinda, Kerja Plat, Kerja Las). Sejauh ini sudah 2 lokasi yang disurvey. Lokasi 1 dengan Debit Air 20 liter/detik, Head 3 meter, dan Daya 450 Watt. Lokasi 2 dengan Debit Air 100 liter/detik, Head 15 meter, dan Daya 10 Kw. Ke depan Jurusan ini akan mempelajari kemungkinan untuk memproduksi Roadsweeper yang diperkirakan lebih canggih dibanding yang dimiliki Kota Padang sejak 2017.

“Masalahnya, apakah PBL membolehkan mahasiswa untuk menggrap proyek-proyek besar yang notabene harganya bisa mencapai 4-5 Milyar?” tanya dosen berpembawaan cool ini ragu.

 

 

 

 

Keterangan gambar: Road Sweeper edisi lama milik Pemkot Kota Padang dan edisi baru yang hendak digarap dalam PBL Jurusan Teknik Mesin.

 

Kata kata kunci pembelajaran berbasis proyek di jurusan ini adalah energi terbarukan, komponen turbin perakitan, tanggung jawab, dan fungsi. Persyaratan Pembelajaran Berbasis Proyek ini mencakup merancang proyek, kurikulum sinkronisasi, dosen sebagai supervisor, kebutuhan masyarakat, teknologi yang dibutuhkan, dan penilaian keberhasilan proyek. Tujuannya adalah mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia industry serta memasukkan kebutuhan dunia industri ke dalam kurikulum.

Strategi pelaksanaannya, menjadikan proyek yang ada di industri atau di masyarakat sebagai bahan kajian perkuliahan, dan pelaksanaan perkuliahan yang akan diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan industri atau masyarakat.

 

 

Hendry yang tampil sebagai presenter perdana dari jurusan ini masih memiliki 2 pertanyaan lagi untuk narasumber tunggal, Sudra Irawan, S.Pd.Si., M.Sc. Apakah mesti seperti bahan yang disajikan dengan proyek yang kecil-kecil dan apakah semua mata kuliah dapat di-PBL-kan? tanyanya.

Sudra yang saat pembukaan FGD setengah berseloroh menyatakan Tim PBL yang unggul dari ketujuh jurusan pantas mendapatkan reward puluhan juta dari lembaganya itu memberikan respon diplomatis. Ia tidak membatasi proyek PBL harus yang kecil-kecil dan juga tidak membolehkan menggarap proyek besar. “Pimpinan lembaga harus jeli menangkap peluang bisnis tapi jangan sampai merugikan mahasiswa, begitu di tengah jalan proyeknya mangkrak!” tegasnya.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis

 

 

Berita Terkait