KORMI Optimis Yoga Sumbar Tembus Pornas Palembang 2022

 

PNP News. Dengan terbentuknya kepengurusan Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI) di 8 kabupaten dan kota, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumatera Barat optimis cabang olah raga yoganya tembus ke Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI, di Palembang, Sumatera Selatan, Juni 2022.

Hal itu diungkapkan Ketua KORMI yang diwakili oleh Anggota Bidang Promosi Media, Erwin Pangeran dalam acara Pelantikan Pengurus Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI) Kabupaten dan Kota di Sumbar yang diselenggarakan di Aula Gedung AC Politeknik Negeri Padang, Bukit Limau Manis, 22 Desember 2021.

 

 

Erwin berharap para atlet Sumbar bisa mengisi sedikitnya 56 Cabang Olahraga (cabor) masyarakat yang bakal digelar di Palembang, seperti paralayang, perahu tradisional, yoga, dan lainnya.

Lebih lanjut dikatakan, Fornas 2022 di Palembang merupakan bagian dari rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38. Event ini diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat Sumatera Barat untuk berkontribusi dalam kompetisi olahraga yang digelar provinsi tetangga tersebut. “Fornas adalah momen bagi masyarakat untuk berkontribusi dan prestasi di bidang olahraga. Di sisi lain, pelantikan perkumpulan olahraga di tingkat cabang, kota, dan provinsi diharapkan memunculkan bibit atlet yang berprestasi”, terangnya.

 

 

Prina Detti, Ketua PPYNI Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya menyatakan, kedelapan daerah yang dilantik pada hari tersebut adalah PPYNI Kabupaten Lima Kuluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kota Padang, dan Kota Payakumbuh.

 

 

Terbentuknya kepengurusan PPYNI tersebut menurutnya merupakan langkah awal dan momentum berkelanjutan bagi PPYNI untuk terus mengembangkan dan membangun olah raga rekreasi di tengah masyarakat.

“Pengurus praktisi Yoga harus mampu memaknai peran mereka untuk memprogresifkan kinerja dan memperlihatkan eksistensi Yoga di Indonesia dan dunia internasional”, tekannya bersemangat.

 

Susunan Pengurus dari Provinsi Hingga Kabupaten Kota

Dra. Sri Nita, M.Pd. selaku Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan, sebelumnya, pada 17 Februari 2019, PPYNI Pusat mengukuhkan kepengurusan PPYNI Sumatera Barat. Adapun struktur kepengurusannya, Prina Detti (Ketua), Dra. Sri Nita, M.Pd. (Sekretaris), dan Susilawati, S.E., M.Pd. (Bendahara).

 

 

Kepengurusan ini dilengkapi dengan 5 bidang. Bidang Pendidikan dan Pelatihan diketuai oleh Petrina yang beranggotakan Fahmil Haris, S.Pd., M.Pd. Bidang Kesehatan dan Pengabdian Masyarakat diketuai oleh Apr. Ria Safitri, S.Farm beranggotakan Titi Azra, S.E., M.M.

Bidang Hubungan Masyarakat dan Publikasi diketuai oleh Herlinda, S.H., M.H. beranggotakan Dra. Fitri Adona, M.Si. Bidang Media, Program Kreatif dan Penelitian Pengembangan Profesi diketuai oleh.Ratna Dewi Daeng Malino beranggotakan Zulvia Susilawati. Bidang Organisasi dan Kerjasama diketuai oleh Sofia Meri beranggotakan Fitri Yanti Rambe, S.P.

 

 

Sri, dosen Politeknik Negeri Padang yang mengembangkan yoga hingga ke fakultas yang ada di Universitas Andalas ini merinci, pengurus kabupaten dan kota yang dilantik pada hari itu terdiri dari Kabupaten Pasaman dengan Herlinda, S.H., M.H. (Ketua), Fin Areni, S.Pt. (Sekretaris), dan Fitra Zurini (Bendahara). Untuk Kabupaten Pariaman, Rini Zufrini (Ketua), Yuliawati (Sekretaris), dan Rostiza Evi (Bendahara).

Dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Kadispora Sumbar yang diwakili Efri Endriadi itu, Sri menjelaskan yoga secara ringkas. Yoga adalah kesatuan olahraga olah pikir dan olah jiwa yang mengkombinasikan teknik pernafasan, gerakan, dan meditasi, dengan beragam manfaat fisik dan spritual, terangnya.

Tampak juga hadir dalam acara tersebut, Arifin Jamal (KORMI), Neni Anggraini (ILDI), Rita Sumarni, S.Sos., M.Kes. (BPBD Sumbar) dan pejabat bidang olahraga dan kesehatan lainnya.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

d®amlis

 

Berita Terkait