PNP Kirim Dosen Spesialis Untuk Percepat SMK Sumatera Jadi Pusat Keunggulan

 

PNP News. Untuk mempercepat pencapaian SMK menjadi pusat keunggulan sesuai bidang kompetensi yang dikembangkan, diperlukan kolaborasi yang baik antara SMK, PNP, dan dunia industri. Dengan demikian, lulusan SMK dapat direkrut industri dalam kualitas yang lebih baik.

Hal itu diungkapkan Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri dalam Pembukaan Pendampingan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021, di SMKN 1 Bukittinggi, Senin, 30 Agustus 2021.

 

 

Lebih jauh dikatakan, pendampingan SMK Pusat Keunggulan ini meliputi 8 aspek kegiatan, yakni penguatan kurikulum, penguatan super link and match dengan industri, peningkatan kapasitas Kepala Sekolah, pembelajaran melalui Problem Based Learning, supervisi pengadaan peralatan, pelatihan dan sertifikasi guru, serapan lulusan, donasi dan beasiswa industri.

 

 

Sehubungan dengan itu, pimpinan Politeknik Negeri Padang menugaskan 3 orang dosen untuk menjadi Dosen Pendamping pada setiap SMK tersebut. Mereka adalah Desmon Hamid, spesialis untuk bidang Desain Pemodelan Informasi Bangunan di SMKN 1 Bukittinggi, Rakiman untuk bidang Teknik Otomasi Industri di SMKN 1 Sungai Rumbai, dan Maimuzar untuk bidang Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKS 6 Pertiwi, Curup, Bengkulu.

 

 

Narahubung Program SMK Pusat Keunggulan, Sarmiadi, melaporkan, program tersebut dilaksanakan berkolaborasi dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi.

Program tersebut mengacu pada SK nomor 47/D/DM/2021 Kemdikbudristek melalui Ditjen Vokasi yang menugaskan Politeknik Negeri Padang sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Adapun SMK yang didampingi Politeknik Negeri Padang agar menjadi pusat keunggulan sesuai bidang kompetensinya adalah SMKN 1 Bukittinggi, SMKN 1 Sungai Rumbai dan SMKS 6 Pertiwi Curup Bengkulu.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis

Berita Terkait