Direktur PNP Imbau Pejabat Struktural Fokus pada Kebijakan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”

 

PNP News. Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengimbau Koordinator Program Studi, Kepala Labor dan Pranata Labor serta Sekretaris Unit Pelaksana Teknis agar merespon dan fokus pada 4 program utama Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Imbauan itu disampaikan Direktur Surfa Yondri dalam Serah Terima Jabatan di Kalangan Politeknik Negeri Padang yang berlangsung secara luring di Aula Gedung C Lantai 2 PNP, Jumat, 23 April 2021.

Direktur kembali mengulang 4 program utama tersebut adalah kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi PTN berbadan hukum, dan hak belajar bagi mahasiswa untuk mengambil 3 semester di luar program studinya.

Para pejabat diharapkan responsif menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan menyusun langkah dan strategi untuk merealisasikan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa. Misalnya dalam penyediaan fasilitas ruang labor dan modul pelatihan dan sistem evaluasi yang berorientasi pada experiential learning.

 

 

Beberapa program kerja magang yang telah dirancang juga dievaluasi efektifitasnya sebagai penunjang peningkatan kemampuan mahasiswa di lapangan agar link and match dengan profil lulusan. Praktikum mata kuliah tertentu di industri terkait memungkinkan mahasiswa bisa menganalisis dan menilai peran dan cara kerja mereka.

Durasi magang untuk mahasiswa hingga tiga semester akan menguntungkan mahasiswa. Dengan durasi magang lebih lama, mahasiswa dapat memperoleh kompetensi lebih baik di perusahaan atau industri. Dunia industri juga terbantu dan mendapatkan manfaat lebih, karena mahasiswa magang dalam waktu cukup dan sudah punya bekal memahami suatu pekerjaan.

Mereka yang magang dengan kompetensi baik diharapkan menjadi kandidat pertama ketika perusahaan tersebut melakukan rekrutmen pegawai. Di sisi lain, PNP juga dapat memperbarui bahan ajar sesuai perkembangan kebutuhan dunia industri dan masyarakat. Dengan sendirinya link and match antara PNP dengan dunia industri akan semakin baik.

 

Wajah Baru 11, Diberhentikan Dengan Hormat 10, dan Diangkat Kembali 5 Orang

Dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) tersebut mengemuka 10 wajah baru. Mereka adalah Efrizon, S.T., M.T. (Koordinator Program Studi/Kaprodi Sarjana Terapan/ D4 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro), Muhammad Irmansyah, S.T., M.T. (Kepala Laboratorium Mikroprosesor Komputer Jurusan Teknik Elektro), Novadilastri, S.E., M.M. (Kepala Laboratorium Prodi Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Niaga), Rafidola Mareta Riesa, S.ST.Par., M.Sc. (Kepala Laboratorium Prodi Usaha Perjalanan Wisata, Jurusan Administrasi Niaga), Randi Heriyanto, S.ST., M.Si. (Kepala Laboratorium Komputer dan Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi), Indra Agus, S.T., M.T.(Sekretaris UPT Kerjasama Bidang Job Placement Tracer Study PNP, Syofiardi, S.T. (Pranata Laboratorium Pendidikan Ahli Muda PNP), Novian, S.T. (Pranata Laboratorium Pendidikan Ahli Muda PNP), Sardani, S.T. (Pranata Laboratorium Pendidikan Ahli Pertama PNP), Roni Kurniawan Putra, S.ST. (Pranata Laboratorium Pendidikan Ahli Pertama PNP), dan Ramius Tanjung, A.Md. (Pranata Laboratorium Pendidikan Mahir PNP).

 

 

 

Sementara itu, 11 orang pejabat yang diberhentikan dengan hormat adalah Drs. Roswaldi, S.K., S.S.T., M.Kom (Kaprodi Teknik Listrik, Jurusan Teknik Listrik), Andrizal, S.T., M.T. (Kaprodi Sarjana Terapan/ D4 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektronika), Rangga Putra Ananto, S.E., M.Si., Ak. (Kaprodi D3 Akuntansi, Jurusan Akuntansi), Alfian, S.T., M.T. (Kepala Laboratorium Komputer dan Otomasi Jurusan Teknik Mesin), Berlianti, S.T., M.T (Kepala Laboratorium Listrik, Jurusan Teknik Elektro), Efrizon, S.T., M.T. (Kepala Laboratorium Mikroprosesor Komputer Jurusan Teknik Elektro), Eka Risalina, S.E., M.Si., Ak. (Kepala Laboratorium Praktik Bank Pendidikan, Jurusan Akuntansi), Endang Afriyeni, S.E., M.Si. ( Kepala Laboratorium Prodi Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Niaga), Ariani Tanjung, S.S., M.Hum. (Kepala Laboratorium Prodi Usaha Perjalanan Wisata, Jurusan Administrasi Niaga), dan Rasyidah Mustika, S. S.T., M.Acc. (Kepala Laboratorium Komputer dan Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi).

Adapun pejabat yang diangkat kembali untuk jabatan yang sama adalah Drs. Roswaldi, S.K., S.S.T., M.Kom. (Kaprodi Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektro), Rangga Putra Ananto, S.E., M.Si., Ak. (Kaprodi D3 Akuntansi, Jurusan Akuntansi), Alfian, S.T., M.T (Kepala Laboratorium Komputer dan Otomasi, Jurusan Teknik Mesin), Berlianti, S.T., M.T. (Kepala Laboratorium Listrik, Jurusan Teknik Elektro), dan Eka Rosalina, S.E., M.Si., Ak. (Kepala Laboratorium Praktik Bank Pendidikan Jurusan Akuntansi).

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

 

d®amlis

Fotografer: Naswiradianto

Berita Terkait