STIE Perbanas Surabaya Sabet Juara Umum Olimpiade 3 Akuntansi: Juara Olimpiade Tingkat SLTA Diterima PNP Tanpa Tes

 

PNP News. Reza Agus Rivandi dari STIE Perbanas Surabaya Sabet Juara Umum Olimpiade Akuntansi Nasional 3 Tingkat Perguruan Tinggi yang digelar Politeknik Negeri Padang. Sementara, Fathya Rayhannisa dari SMK N 2 Bukittinggi menjuarai Olimpiade Tingkat SMK Se-Indonesia. Begitu juga dengan Silvia Rahmawati dari SMA Negeri 1 Bumi Ayu, Jawa Tengah mengungguli Olimpiade Tingkat SMA/MA se-Indonesia

 

Dalam sambutannya malam itu, Direktur Politeknik Negeri Padang menjanjikan juara 1, 2, dan 3 dalam Olimpiade Tingkat SMK/SMA/MA bakal diterima kuliah di Politeknik Negeri Padang tanpa tes, cukup diseleksi nilai rapor mereka. Dalam persyaratan mendaftar, mereka cukup menunjukkan Surat Keputusan Direktur yang menyatakan mereka adalah Juara Olimpiade.

Direktur yang perguruan tingginya dilamar oleh lebih dari 30.000 orang tahun 2020 ini mengamanatkan pada para peserta kompetisi agar jangan cuma bangga dengan almamater masing-masing tapi mampu membuat almamater bangga memiliki diri mereka sekalian dengan potensi dan prestasi yang mereka miliki. “Sehebat apapun perguruan tinggi tak ada artinya jika dirimu tak bisa memberikan kontribusi apapun pada almamatermu”, ujarnya menyemangati.

 

 

Amy Fontanella, Ketua Panitia Penyelenggara juga mengamanatkan, kejujuran adalah harga mati dalam praktik akuntansi. Kejujuran dalam akuntansi berarti seorang akuntan harus melaporkan kondisi keuangan perusahaan apa adanya dan tidak ada niat untuk melakukan kecurangan. Seorang akuntan juga harus jujur mengakui jika ada kesalahan atau terjadi kecurangan dalam keuangan perusahaan.

Olimpiade Akuntansi Nasional 3 itu menguji keprofesionalan akuntan, tidak saja dalam menerapkan kejujuran, tapi juga karakter akuntan penting lainnya, seperti teliti, skeptis, logis, dan disiplin.

Dalam laporannya, Host Vira Maulina mengumumkan, ajang perlombaan bergengsi yang menjaring pemenang senusantara itu menawarkan 5 kategori lomba: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajerial, Akuntansi Sektor Publik, dan Audit dan Sistem Informasi Perpajakan.

 

 

Untuk kategori Akuntansi Keuangan, Juara 1 diraih oleh Deva Hamidatu Thoibah Marbun/ Politeknik Caltex Riau (106), Juara 2 diraih oleh Frissca Prawitha/ Politeknik Negeri Jakarta (106), dan Juara 3 diraih oleh Yolanda Sasaqia Putri/ PNP (97). Dalam Bidang Akuntansi Manajerial, Juara 1 diraih oleh Dwi Istiqomah (122) dari Politeknik Caltex, Riau, Juara 2 diraih oleh Reza Agus Rivanda (100) dari STIE Perbanas Surabaya, dan Juara 3 diraih oleh Supriyadi dari STIE Tri Dharma Nusantara, Makassar (89).

Untuk kategori Audit dan Sistem Informasi Akuntansi, Juara 1 diraih oleh Yolanda Sasqia (105) dari Politeknik Negeri Padang, Juara 2 diraih oleh Tasniem Fauzia (100) dari Politeknik Negeri Padang, dan Juara 3 diraih oleh Reza Agus Rivandi (95) dari STIE Perbanas Surabaya.

Kategori Sektor Publik Juara 1 diraih oleh Reza Agus Rivandi (135) dari STIE Perbanas Surabaya, Juara 2 diraih oleh Supriyadi (115) dari STIE Tri Dharma Nusantara Makassar, Juara 3 diraih oleh Ayu Trisna Anshari (109) dari Politeknik Negeri Padang.

Terakhir, kategori Perpajakan, Juara 1 diraih oleh Nurriyah Kusumawati (101) dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Juara 2 diraih oleh Reza Agus Rivandi (95) dari STIE Perbanas Surabaya, dan Juara 3 diraih oleh Alvionita Utrimi (92) dari Politeknik Harapan Bersama Tegal.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

d®amlis

Berita Terkait