Politeknik Negeri Padang Siap Angkat BATC 2 Jadi Kalender Tahunan Nasional

 

PNP News. Business Administration and Tourism Competition (BATC 2) adalah cerminan kolaborasi kompetensi dan kompetisi abad ke-21 yang mengandalkan cara berpikir kreatif, menganalisis masalah, melahirkan kreatifitas dan inovasi, dan mengkomunikasikan semua itu dalam kerjasama yang baik. Oleh karena itu, pimpinan mendukung BATC 2 yang mengandalkan skill dari dua prodi yang berbeda: Administrasi Bisnis dan Usaha Perajalanan Wisata ini jadi event nasional dan kalender tahunan.

 

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri, S.T., S.S.T. ini dalam sambutannya secara resmi pada pembukaan acara dimaksud yang juga digelar secara virtual, Kamis, 19 November 2020.

 

 

 

 

 

Direktur Surfa Yondri menambahkan, selain 4 kompetensi: berpikir kreatif, mampu menganalisis masalah, kreatif, inovatif, dan mampu mengkomunikasikan semua itu dengan komunikatif, ada satu lagi kompetensi yang harus dikuasai siswa dan mahasiswa abad 21, yakni self confidence ‘percaya diri’, baik dalam berbicara maupun dimengerti orang apa yang mereka bicarakan itu, tekannya.

Direktur juga menunjukkan apresiasinya kepada panitia yang dipimpin Alfatah Haries yang siap mendesain event itu dalam skala nasional. “Jika perlu kita jadikan kalender tahunan!” demikian Direktur Surfa Yondri.

Ia melihat BATC 2 adalah proses pembelajaran bagaimana mengangkat event di saat pandemi, mengelola event secara virtual, dan bagaimana menerapkan etika komunikasi virtual yang baik sebagai seorang host atau perserta dalam komunikasi daring, seperti kapan bicara dan kapan diam, mute dan unmute. Terlepas dari kalah atau menang, para petarung hari itu dianggap sudah mendapatkan softskill secara individu secara riil. Mungkin banyak di antara siswa dan mahasiswa yang jadi kutu buku alias belajar saja. Namun jika cuma belajar saja, apa yang Anda lakukan semasa kuliah? Jangan di saat kuliah cuma kuliah dan belajar saja! Latihlah diri untuk mengikuti atau menggelar event dan mengkondisikan terselenggaranya sesuatu atau mencarikan solusi untuk sesuatu, imbaunya.

Direktur yang juga alumnus Politeknik Engeenering Unand ini mengimbau agar peserta lomba yang dominan dipanitiai mahasiswa itu tidak takut melakukan apapun. Jangan takut, berbuatlah, salah tak apa justru mereka yang tak pernah berbuat dan tak pernah salahlah yang konyol, terangnya sambil bercanda. Sebagai mahasiswa perguruan tinggi vokasi, khususnya politeknik, mahasiswa menurut Surfa Yondri, harus menunjukkan kreatifitas. Oleh karena itu, kita harus berusaha mencari tahu bagaimana caranya melakukan sesuatu dan tidak perlu menunggu pandemi Covid-19 ini berakhir, tekan Direktur yang sengaja menunda pertemuan kerjanya dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Kantor Gubernur Sumbar pagi itu.

 

 

 

 

Alfatah Harries, S.S.T. Par., M.Par., Ketua Panitia Pelaksana melaporkan, BATC 2 ini diikuti leh 112 orang peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi dan SMK-SMK yang ada di Sumatera Barat. Kompetisi bertema “Don’t let limitations limits your creativity” mendominasi 173 zoom meeting yang ada di Politeknik Negeri Padang. Ini dimaksudkan untuk mengajak peserta, guru dan dosen untuk tetap berkreatifitas meskipun dalam kondisi pandemi ini. Ke depan BATC diharapkan bisa digelar tingkat nasional, bahkan internasional. Kemungkinan itu cukup besar karena beberapa perguruan tinggi luar negeri yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang memiliki program studi yang serupa dan relevan.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Dr. Primadona, S.E., M.Si. menambahka, BATC 2 awalnya adalah acara tahunan Business Administration Competition (BAC) yang dilaksanakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis dan Tourism Competition yang dilaksanakan oleh Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. Mulai 2019 kedua acara tersebut digabung dengan nama BATC. Tahun ini BATC digelar secara virtual Seperti halnya yang diungkapkan Direktur, Kajur Primadona juga berharap acara tersebut menjadi silaturahmi antarperguruan tinggi dan SMK yang ada di Sumatera Barat.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis

Berita Terkait