ARAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PNP

Visi, Misi dan Tujuan Visi

Pada tahun 2025 menjadi institusi pendidikan vokasional terbaik di Asia Tenggara, bermartabat, dan berwawasan internasional.

Misi

  1. menyelenggarakan perkembangan ilmu
  2. menyelenggarakan ilmu pengetahuan dan teknologi; pendidikan vokasional yang sesuai dengan pengetahuan dan teknologi yang berwawasan internasional; penelitian yang inovatif dan adaptif untuk pengembangan
  3. menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka memecahkan masalah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat;
  4. menjalin kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintahan, dan dunia usaha ditingkat nasional dan Internasional. Untuk menyelenggarakan misi dan mencapai visi PNP, maka dirumuskan tujuan yang harus dicapai PNP sebagai berikut:

T ujuan:

  1. menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing antar bangsa, bermartabat dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. menghasilkan penelitian yang bermanfaat dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pencapaian hak atas kekayaan intelektual (HKI) dan paten
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada teknologi terapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat;

terwujudnya kerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri yang saling menguntungkan

Arah Pengembangan PNP

Rencana pengembangan PNP jangka panjang dimaksudkan sebagai pedoman bagi penentuan dan penekanan kebijakan pengembangan PNP jangka menengah dan pendek dalam memastikan tercapainya visi, misi dan tujuan PNP.
Arah pengembangan PNP jangka panjang sampai pada tahun 2025 akan difokuskan pada 3 (tiga) aspek utama.

  1. membangun PNP untuk menjadi politeknik dengan tata kelola yang baik;
  2. membangun PNP untuk menjadi politeknik pendukung dunia usaha dan industri;
  3. meningkatkan tanggung jawab sosial dan kesejahteraan terhadap lingkungan masyarakat.

Arah pengembangan good polytechnic governance di PNP, dilakukan melalui penyempurnaan sistem ketatapamongan yang akan membangkitkan kepercayaan diri dan kepercayaan masyarakat terhadap politeknik. Dengan ketatapamongan ini diharapkan kepercayaan dari masyakarat akan meningkat bila PNP cukup sehat dalam 4 sistem berikut yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) monitoring dan evaluasi dan (4) pelaporan. Ketatapamongan ini perlu diterjemahkan ke dalam praktek baik yang memerlukan form organisasi yang baik, kebijakan dan prosedur yang baik dan SDM yang bermutu serta mempunyai integritas yang baik.

Kemampuan PNP berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat akan berimplikasi balik terhadap peningkatan kepercayaan publik. Melalui penerapan riset terapan dan pengabdian masyarakat baik berupa penelitian/pengabdian masyarakat hibah atau penelitian/pengadian masyarakat mandiri dan kerjasama, serta kegiatan usaha jasa dan produksi. Partisipasi mahasiswa dan dosen dalam berbagai paket penelitian/pengabdian terapan dan kerjasama dengan stakeholder akan berdampak terhadap mutu proses belajar mengajar (PBM), ketepatan waktu tamat, peningkatan publikasi ilmiah, mendapatkan HAK Paten, dan peningkatan pendapatan (income generate) PNP.

Lengkapnya dapat di download pada Link berikut ini : Renstra PNP 2019-2024