Jurusan Teknik Mesin
Menghasilkan tenaga kerja yang profesional dalam bidang permesinan dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi permesinan khususnya dalam bidang perawatan & perbaikan mesin dan mesin produksi.

1. Program Studi D.3 Teknik Mesin
a. Konsentrasi Teknik Pemeliharaan (Maintenance)

Menitik beratkan pada pembentukan tenaga ahli/terampil dalam sistem perencanaan kegiatan perawatan, perbaikan, program kerja perawatan, instalasi pabrik, merancang mesin-mesin sederhana, mengoperasikan mesin konvensional dan otomatis.
Menitik beratkan dalam bidang teknik menggambarkan elemen mesin dengan menggunakan komputer, mengatur kegiatan produksi, melaksanakan program kerja produksi serta mampu mengoperasikan mesin konvensional dan otomatis.

Fasilitas Pendukung :
. Labor Komputer
. Labor CNC
. Labor Pneumatik Hidrolik
. Labor Maintenance
. Labor Produksi
. Labor Pengujian Bahan & Metrologi
. Labor Mekanika Fluida & Hidrolika
. Bengkel las
. Bengkel bubut
. Bengkel miling
. Bengkel grinding/gerinda
. Bengkel sheet Metal

b. Konsentrasi teknik Produksi
Menitik beratkan dalam bidang teknik mengambarkan elemen mesin dengan mengunakan komputer, mengatur kegiatan produksi, melaksanakan program kerja produksi serta mampu mengoperasikan mesin konversional

2. Program Studi D.3 Teknik Teknik Alat Berat
Menitik beratkan pada pembentukan tenaga ahli/terampil yang memiliki dasar-dasar ilmu keteknikan dan alat berat serta mampu bekerja dengan menggunakan workshop tools dan workshop equipment dengan benar dan aman sesuai dengan service literature. Mampu mengindentifikasi komponen-komponen alat berat yang meliputi engine, sistem hidroulik, sistem elektrik, power train dan under carriage. Mampu melakukan pengetesan dan penyetelan pada komponen-komponen alat berat serta memiliki kemampuan dasar dalam troubleshooting.
Program studi Teknik Alat Berat ini merupakan kerjasama antara Politeknik Negeri Padang dengan PT.Trakindo Utama dan satu-satunya di Sumatera. Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan kekurangan tenaga ahli Teknik Alat Berat di Indonesia, khususnya di Sumatera.

Fasilitas Pendukung :
. Excavator
. Buldozer
. Laboratorium Pengujian Bahan
. Workshop Produksi
. Workshop Perawatan & Perbaikan
. Laboratorium CNC
. Laboratorium Komputer
. Studio Gambar dan Perancangan
. Laboratorium Refrigerasi & Pengkondisian Udara

1. Program Studi D4 Teknik Manufaktur
Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional di bidang teknik manufaktur yang kompetitif di pasar kerja, baik regional, nasional maupun internasional dalam menciptakan daya manusia di bidang manufaktur yang berkualitas dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan pasar dan industri.

Fasilitas Pendukung :
. Labor Produksi
. Labor Maintenance
. Labor Komputer
. Labor Pengujian Bahan dan Metrologi
. Labor Fluida dan Hidrolika
. Bengkel Grinding/Gerinda
. Bengkel Milling