INSERT

Kisah Sebelum Terpilihnya Lokasi Limau Manis Sebagai Domisili Unand , Termasuk PNP Dulunya

Sebelumnya Syafripuddin berkisah, terpilihnya lokasi Limau Manis sebagai domisili Unand , termasuk PNP dulunya, tidak terlepas dari jasa Hasan Basri Durin yang kala itu menjabat Walikota Padang (1971-1983). Pada awalnya pembangunan kampus Unand direncanakan di Ulu Gaduik, Kecamatan Lubuak Kilangan, namun karena lokasi itu berdekatan dengan pabrik semen “PT Semen Padang” yang rentan polusi, Bank Dunia yang akan membangun kampus itu menolaknya.

Oleh karena itu dimunculkanlah tiga lokasi alternatif: Bukit Tambun Tulang, dekat Lembah Anai, Tunggul Hitam, dekat Bandara Tabing, dan Bukik Karamuntiang, di Limau Manis. Dari ketiga itu yang paling memenuhi syarat adalah Bukik Karamuntiang yang berlokasi di Kenagarian Limau Manih, Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Pauah, sekitar 15 km dari kota Padang sebelah timur.

 

Ketua KAN Limau Manis, Syafripuddin

 

Selanjutnya, Hasan Basri Durin berusaha mendekati tokoh-tokoh masyarakat di Limau Manis agar pengurusan area Bukik atau Rimbo Karimuntiang lancar untuk dijadikan lokasi kampus Unand. Kampus Unand kala itu adalah cikal bakalnya lahir Politeknik Negeri Padang saat ini, dan kampus Unand pertama yang bermukim di Bukit Karimuntiang adalah Politeknik yang awalnya bernama Politeknik Engineering.

“Kita tak mungkin melupakan sejarah dari apa yang kita warisi, jangan kita menjadi sombong, seolah kita saja yang berhasil, tanpa mempertimbangkan orang yang lebih dulu merintisnya”, demikian Syaripuddin yang mengaku sebagai generasi kedua dari niniak mamak [pemuka masyarakat] sejak pengurusan lokasi kampus dimulai.

 

 

Kampus Universitas Andalas [termasuk PNP, red.] dulunya terletak di wilayah perbukitan Limau Manis, Kecamatan Pauh, sekitar 15 km dari Padang, ibukota Sumatera Barat. Areanya sekitar 500 hektar. Daerah yang terletak pada ketinggian ± 255 m di atas permukaan laut ini disebut “Bukik Karamuntiang (Hill of Rhodomyrtus Tomentosa). Kampus Unand menghadap ke Kota Padang dengan pemandangan birunya Samudera Hindia yang membentang di sebelah Barat. Pada bagian Timur berjajar bukit barisan. Sementara di sisi Utara dan Selatannya terdapat lembah yang masing-masingnya dialiri oleh anak sungai. Representatif dan kondusif untuk belajar.

d®amlis

Berita Terkait