Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka kelas Internastional Progression Progam bagi lulusan setingkat SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri dengan biaya murah.

Menariknya, melalui program tersebut, mahasiswa langsung mendapatkan gelar Master hanya dalam waktu lima tahun kuliah dengan masa study, tiga tahun di PNP dan dua tahun di luar negeri, yaitu di Management & Sciense University (MSU) Malaysia.

Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan, proses pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk program kerjasama antara PNP-MSU ini sudah dibuka sejak 18 April kemarin dan ditutup pada 25 Mei mendatang.

Ia berharap, lulusan SMA/MA jurusan IPA atau lulusan SMK dari berbagai jurusan yang ingin mendapatkan gelar Master hanya dalam waktu lima tahun kuliah, segera mendaftarkan diri sebelum 25 Mei mendatang.

“Bagi yang tertarik dengan program ini segera mendaftar. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website penerimaan.pnp.ac.id,” kata Surfa Yondri kepada klikpositif.com, Senin, 29 April 2019.

Dijelaskannya, untuk proses pendidikannya, mahasiswa yang telah menjalani pendidikan tiga tahun di PNP akan menyandang gelar AMd. Kemudian setelah itu, melanjutkan pendidikan di MSU.

Di MSU, mahasiswa di tahun pertama akan menempuh program pendidikan Starata 1 dan tahun kedua untuk gelar Master. “Artinya, dalam waktu dua tahun, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sekaligus, Strata 1 dan Master,” ujarnya.

Internastional Progression Progam ini merupakan program pertama bagi PNP. Namun, sejumlah politeknik di Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan MSU untuk program kelas international ini.

Di antaranya, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jember dan Politeknik Negeri Bandung. “Untuk di PNP sendiri, program study yang dikerjasamakan adalah Manajemen Informatika,ujarnya.

Ditambahkannya, PNP memilih kerjasama dengan MSU, karena MSU merupakan perguruan tinggi terbaik di Malaysia dan berada di peringkat 217 Asia, atau di atas ITS dan Undip menurut QS Word University Ranking. “Di samping itu, kurikulumnya juga banyak kemiripan dengan PNP,” bebernya.

Bagi mahasiswa, lanjutnya, program kerjasama PNP-MSU ini besar manfaatnya. Selain biaya kuliah luar negeri murah, lulusan MSU sendiri akan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri lainnya.

“Kemudian, program ini juga berdampak untuk Indonesia secara kesuluruhan, apalagi dengan adanya MEA, tentunya lulusan program kerjasama ini juga bisa dengan mudah untuk bekerja di luar negeri,” pungkasnya.(*)

*Sumber

Berita Terkait