Dua Doktor Menangkan Kontes Mangukua Karambia

 

Dr. Martini, M.Pd., dan Dr. Yuli Yetri, M.Sc berhasil menyisihkan 30 orang pesaing dalam Kontes Mangukua Karambia yang digelar di Aula PKM-PNP, Jumat, 12/4/18

Menurut Ketua Panitia Penyelengara, Dr. Sukatik, M.Sc., kontes itu digelar dalam rangka melestarikan tradisi peninggalan nenek moyang. Meskipun kita sudah memasuki Era 4.0, namun ibu-ibu_ termasuk yang teknokrat_masih terampil mengukua karambia.

Mangukua karambia adalah sebuah teknik untuk mendapatkan santan dengan kualitas terbaik dengan menggunakan parutan. Kelapa yang diparut diletakkan pada ujung mata parutan, kemudian batok kelapa dipegang dengan kedua tangan, kemudian digoyang secara vertikal maupun horizontal. Biasanya kelapa yang akan dikukua (diparut) dipilih yang tua karena isinya lebih tebal dari yang muda.

Hidangan kuliner Minangkabau seperti rendang, pangek ikan dan singang ayam bahan utamanya memakai santan. Santan tersebut berasal dari kelapa yang yang sudah diparut.

Kriteria penilaian kontes ini menurut Sukatik meliputi cara memulai, cara duduk, seni mangukua dan kebersihan serta keseragaman hasil.

Keluar sebagai Juara 1, Era Madona, ST, M.Sc., Juara 2, Dr. Martini, M.Pd., dan Juara 3, Dr. Yuli Yetri, M.Sc. Untuk Juara Harapan 1 diraih oleh Ny. Novri Ernawati, Juara 2, Ny. Eva Joni Sosli, dan Juara 3, diraih oleh Ny. Maria Jhoni Mundi.

 

 

  Era Madona, SST., M.Sc. dosen Teknik Elektro, tertawa lebar saat menerima hadiah Juara 1 Kontes Mangukua Karambia yang digelar oleh Dharma Wanita PNP, di Aula PKM-PNP, 12 April 2019.

 

 

Dewan Juri

 

 

Peserta

 

 

Salah seorang peserta Lomba Mangukua Karambia Era Milenial, Ny. Herlina Ritonga

 

d®amlis

 

Berita Terkait