Meski Dalam Kondisi Terbatas, PNP Tetap Fokus Pada Jalur PMDK-PN dan Bidikmisi

 

 

 

Meskipun jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang (PNP) 7 jalur dan variatif, PNP tahun akademik 2019/2020 lebih fokus pada jalur PMDK-PN dan Bidikmisi yang diberlakukan secara nasional dan serempak. Demikian ditegaskan Wakil Direktur 1, Revalin Herdianto, ST., M.Sc., Ph.D dalam Sosialisasi

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Padang Tahun Akademik 2019/2020 kepada SMA, SMK, dan MA Negeri Se-Sumatera Barat”, di Kampus Limau Manis, Padang, beberapa waktu lalu. Revalin yang didampingi Ketua Jurusan Teknologi Informasi, Ronal Hadi, ST., M.Kom. itu menyatakan,

penerimaan mahasiswa baru jalur PMDK-PN merupakan penerimaan jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa SLTA yang akan melanjutkan pendidikan di politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pendaftar harus memperhatikan jadwal bukan saja yang telah ditentukan oleh Panitia PMDK-PN, tetapi juga oleh Politeknik Negeri Padang, karena ada ketentuan yang bersifat khusus yang harus diikuti jika PNP adalah pilihan pertama.

Ronal Hadi menambahkan, ketujuh jalur yang diberlakukan itu lengkapnya adalah PMDK-PN dan Bidikmisi yang diberlakukan secara nasional dan serempak, Bidikmisi (Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri), PMDK /PMDK-PN/Penelusuran Minat dan Kemampuan, Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)/ Ujian Tulis, Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)/Ujian Tulis, Ujian Masuk Politeknik Negeri Program Studi Teknik Listrik (Kelas Kerjasama dengan PT.PLN Persero), Ujian Masuk Politeknik Negeri Program Studi Teknik Alat Berat (Kelas Kerjasama Dengan PT Trakindo Utama), Seleksi Mandiri, dan MSU International Progression Program (Program Studi Manajemen Informatika).

Sementara itu, pendaftaran online Bidikmisi ke situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id sudah dimulai pada 11 Februari dan berakhir 25 Maret 2019. Pendaftaran siswa paling lambat 26 Maret 2019, seleksi 27-29 Maret 2019, hasil seleksi 1 April 2019, visitasi 3 April–3 Mei 2019, evaluasi pada 6-13 Mei 2019, dan pengumuman hasil pada 16 Mei 2019.

Hampir semua peserta sosialisasi puas dengan acara tatap muka yang digelar di Gedung PKM PNP tersebut.

 

 

Rahmawati, Guru SMA Negeri I 2×11 Kayu Tanam

 

PNP: Pilihan dari Ayah Turun ke Anak

Menurut Rahmawati, Guru SMA Negeri I 2×11 Kayu Tanam, dengan adanya tatap muka langsung ini pihak sekolah dapat penjelasan langsung, jelas, dan konkret sehingga kami dapat pula menjelaskan kepada siswa dengan baik. Alhamdulillah tahun kemaren anak kami ada 6 orang yg diterima PNP, mudah-mudahan tahun ini lebih banyak lagi. “Saya adalah salah seorang dari keluarga besar PNP, karena suami lulusan Politeknik Negeri Padang juga dan anak saya sekarang lagi menimba ilmu di sini juga”, tuturnya.

 

Zulherman, SPd.,MM., Dari SMA Negeri 1 Patamuan, Padang Pariaman

 

Pencerahan Untuk SMA Baru

Di sisi lain, Zulherman, SPd., MM., menyatakan, sosialisasi penerimaan mahasiswa baru PNP yang ia ikuti kemaren sangat bagus untuk dilanjutkan, karena dengan tatap muka langsung seperti itu pengelola sekolah mendapatkan penjelasan yang konkret, sehingga penjelasan yang diberikan kepada siswa juga lengkap. “Sekolah kami, SMA Negeri 1 Patamuan, Padang Pariaman, baru kali ini akan mencoba mengirim siswa untuk masuk PNP karena sekokah kami baru menamatksn siswa tahun ini”, demikian. Zulherman.

 

Fitri Hasnati, S.Pd., Guru SMA Adabiah

 

Di sisi lain, guru SMA Adabiah mengakui senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan sosialisasi masuk PNP karena bertemu dengan orang orang yang memiliki antusias yang tinggi dalam menjembatani karier siswa setelah tamat SMA/MA dan SMK. Pematerinya juga sangat memuaskan dalam menyajikan materinya.

Menurut Fitri Hasnati, S.Pd., SMA Adabiah tempatnya mengabdi memiliki Akreditasi A, termasuk Sekolah ADIWIYATA tingkat MANDIRI, Sekolah Model, dan siswanya peraih piala/ medali tetap dari Gubernur Sumatera Barat di bidang Olahraga Basket.

 

 d®amlis

Berita Terkait